Memilih Minyak Rem yang Tepat Untuk Motor

0
24
views
Memilih Minyak Rem yang Tepat Untuk Motor

Goozir.com – bro dan sis yang budiman, rem termasuk dalam piranti sepeda motor yang tergolong vital. Berfungsi memperlambat laju motor, rem perlu perawatan yang baik agar berfungsi maksimal. untuk itu memilih minyak rem untuk motor juga harus benar agar fungsi rem tetap prima dan awet. Bagaimana memilih minyak rem yang tepat untuk motor?

Tips Memilih Minyak Rem yang tepat untuk motor

Apa kriteria minyak rem yang tepat untuk motor? Jawabannya adalah DOT. DOT adalah kependekan dai Departement of Transportation yang merujuk pada sebuah lembaga di Amerika untuk melakukan pengujian berbagai hal terkait transportasi, termasuk minyak rem.

Nilai DOT paling rendah adalah 3 dan paling tinggi saat ini adalah 5.1. Semakin tinggi nilai DOT maka titik didih juga makin tinggi. sebagai gambaran DOT 3 titik didihnya  205 derajat celcius sedangkan DOT 5.1 titik didihnya  270 derajat celcius.

Untuk wilayah Indonesia minyak rem motor yang digunakan adalah antara DOT 3 dan DOT 4. Untuk lebih tepatnya DOT berapa yang digunakan oleh motor bro dan sis, bisa melihat pada buku manual. Biasanya disana disebutkan pengantian minyak rem menggunakan DOT berapa.

Makin tinggi nilai DOT apakah makin bagus?

Bagaimana kalau motor dengan DOT 3 di isi dengan minyak rem DOT 5 apakah makin pakem? Jawabnya adalah tidak. Justru bisa sebaliknya. Dan lebih parahnya lagi bisa bikin seal karet jebol. Makin tinggi nilai DOT ada zat aditif yang bisa membuat korosi. Jadi lebih baik gunakan minyak rem dengan nilai DOT yang direkomendasikan oleh pabrikan.

Sebagai informasi penggantian Minyak rem biasanya dilakuakan pada kilometer 20 ribu atau 30 ribu.

Cukup jalas bro and sis?

Baca juga info pilihan goozir.com di bawah ini

Semoga tips memilih minyak rem yang tepat untuk motor di atas dapat bermanfaat dan menjadi referensi buat bro dan sis sekalian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here