Motor transmisi manual jadi otomatis

ShiftFX EST Motor transmisi manual jadi semi otomatis

Posted on

ShiftFX ESTShiftFX EST Motor transmisi manual jadi otomatis? Apa sudah gila? Ya anda tidak gila namun teknologilah yang makin pesat berkembang. Dari sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin begitu juga dengan sepeda motor transmisi manual jadi semi otomatis menjadi hal yang bisa dilakukan. Adalah perusahaan bernama Biperformance Development Corporation (BDC) yang memperkenalkan sebuah kit yang mampu membuat sepeda motor bertransmisi manual menjadi semi otomatis.

ShiftFX EST (ShiftFX Electronic Shift Transmission)

Kit tersebut diberi nama ShiftFX EST (ShiftFX Electronic Shift Transmission). Kit ini mempunyai kemampuan untuk merubah semua jenis sepeda motor dengan kopling manual menjadi semi otomatis. Kalau sepeda motor otomatis kan sudah ga asing lagi. Ada Beat, Vario, Mio, Xeon, Address dll.

Cara kerja ShiftFX EST

ShiftFX EST bekerja dengan menggabungkan perubahan secra fisik pada gearbox dan komputer onboard yang memungkinkan pengendara untuk merubah sepeda motor mereka menjadi semi otomatis ataupun full otomatis hanya dengan pencet tombol. Untuk ShiftFX EST sendiri terdiri dari 3 komponen utama yaitu:

  • Kopling aktif dengan katup isolasi.

Bagian ini digunakan untuk mempertahankan tuas kopling standar agar tetapd apat dipakai sewaktu-waktu. Sehingga saat ingin beralihke kopling manual akan langsung dapat digunakan.

  • Motor DC ber RPM tinggi dan peredam gigi tetap yang langsung dapat memutar shift d rum
  • Transmission Control Unit (TCU)

Bagian ini dapat diprogram untuk memberikan semua karakteristik yang diinginkan pengendara baik dalam modus semi otomatis maupun full otomatis.

Menurut perusahaan pembuatnya ShiftFX EST memilki antar muka yang sederhana sehingga memudahkan bagi pengendara baru untuk memakai sepeda motor kopling manual. Karena dengan ShiftFX EST bisa merubah mode transmisi sesuai keinginan si pengendaranya. Dengan mode full otomatis pengendara juga akan terbebas dari rasa lelah yang berlebihan disaat jam padat, perjalanan jarak jauh dan saat berpetualang ke rimba hutanShiftFX EST bagan

Pada mode semi otomatis, pengendara hanya perlu menekan tombol untuk Upshift atau pun downshift. Perubahannya pun sangat cepat tidak sampai memakan waktu 1 detik. Tombol hitam untuk normal, tombol hijau buat Upshift dan tobol merah untuk Downshift.

ShiftFX EST bukan sebuah sistem yang plug and play sehingga dalam pemasangannya membutuhkan pengetahuan mekanik dan cara installasi.

Apakah ShiftFX EST akan bekerja pada seluruh sepeda motor dengan kopling manual?

Sebuah fakta bahwa setiap produsen sepeda motor menggunkan mesin dengan kopling dan desain gearbox yang memiliki antar muka kontrol elektromekanis dan dan elektrohidrolik yang sudah umum dipakai antara pabrikan satu dengan pabrikan lainnya. Jadi BCD sebagai perusahaan yang menyediakan ShiftFX EST mengambil keuntungan dari fakta tersebut.

Untuk komponen kopling dan gearbox dari tiap pabrikan pasti sama namun untuk ukuran dan pengemasan pasti berbeda. Nah di sisi inilah BDC bermain dengan para produsen sepeda motor. Saat ini hanya Honda yang bermain dengan sistem ini. Kedepannya mungkin akan ada produsen lain yang akan menggunakan sistem semi otomatis maupun otomatis penuh untuk sepeda motor berkopling manual.

Keistimewaan ShiftFX EST

  • Mode otomatis sangat ideal buat pengendara pemula
  • Mode semi otomatis perpindahan giginya terasa lembut, Cuma tinggal tekan tombol perpindahan gigi Cuma 50 mili detik.
  • Penggunaan kopling manual dilakukan pada saat ngerem mendadak, mulai jalan dengan cepat dan traksi yang kurang.
  • Membuat penggunaan mesin dan kopling tambah awet
  • Komunikasi ECU menggunakan CAN mampu menentukan rpm yang cocok untuk engine braking dan menjadikannya mode riding OEM.
  • Dapat di program sesuai beban dan karakteristik kecepatan.
  • Dapat diaplikasikan terhadap sebagian besar sepeda motor termasuk sepeda motor listrik

Motor transmisi manual jadi semi otomatis dengan ShiftFX EST, bagaimana menurut sobat goozir?

Baca juga info lainnya sob :

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"
Gravatar Image
Hanya blogger biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *