Peran aktif pabrik motor dalam mudik

Posted on

Peran aktif pabrik motor dalam mudikPeran aktif pabrik motor dalam mudik mutlak di butuhkan. Pabrikan sepeda motor harus aktif dalam prosesi mudik tahunan yang dilakukan masyarakat Indonesia. Ini sebagai tanggung jawab moral dan sosial sebagai pabrikan sepeda motor kepada masyarakat. jadi pabrikan jangan hanya mencari untung dan menjual sebanyak banyaknya sepeda motor namun harus juga memikirkan tanggung jawabnya secara moral dan sosial.

Peran aktif pabrik motor dalam mudik 2016

Prosesi mudik 2016 sebentar lagi akan di lakukan. Masyarakat sudah bersiap dengan motornya menanggung segala resiko yaang akan di hadapi. Sepeda motor masih akan menjadi transportasi murah buat mudik. Kami goozir.com sendiri sudah membuktikan. Dengan catatan semua berjalan lancar dan selamat sampai tujuan.

Banyaknya sepeda motor yan dipakai untuk mudik tak lepas dari peran pabrikan sepeda motor. Bayangkan tiap bulan sepeda motor laku ratusan ribu unit. Jelas disini pabrikan harus punya tanggung jawab terhadap prosesi mudik aman dan selamat. Walaupun pemerintah menghimbau untuk tidak mudik dengan sepeda motor tetap saja hal tersebut tidak akan berhasil untuk jangka waktu dekat.

Solusi terabaik saat ini paling tidak untuk jangka pendek adalah memberikan fasilitas bagi pemudik, khususnya pemudik motor. Bukan dilarang karena tidak akan mempan. Pakai mobil atau angkutan umum akan memakan waktu lama karena kapasitas jalan sudah tidak sanggup lagi menampung. Ditambah lagi dengan tarif angkutan umum yang tergolong mahal.

Pengalaman pribadi penulis, untuk angkutan umum pada musim mudik tarif akan naik minim 2 kali lipat namun banyak yang naik 3 kali lipat dari tarif hari biasa. Munurut para PO bus tentu wajar karena bus ke Jakarta dan sekitarnya dari daerah dalam keadaan kosong. Belum lagi ditambah macetnya jalan yang memerlukan waktu lebih lama untuk sampai tujuan.  Naik mobil atau angkutan umum bisa menghabiskan waktu 24-36 jam di jalam. Akhirnya motorlah yang menjadi solusi terbaik.

Dengan sepeda motor kemacetan lebih mudah di urai dan masuk jalur alternatif juga lebih mudah. Gang sempit pun masih bisa dilalui. Untuk ongkos juga lebih murah. Pengalaman pribadi penulis untuk perjalanan lancar dari Bekasi sampai Purwokerto hanya butuh duit sekitar Rp 75.000,- untuk bahan bakar dan waktu cukup 10 jam  dengan syarat perjalann lancar dan selamat sampai tujuan. Jika memakai angkutan umum bus, bisa 180 ribu rupiah sekali jalan, sampainya entah kapan (pada musim mudik) kalau kereta api sudah tidak kebagian tiket (harga 150-600ribu rupiah).

Kembali ke topik. Peran aktif pabrik motor dalam mudik, bisa dengan mengadakan mudik gratis dan posko mudik di jalur mudik khusus buat pengendara motor. Ini penting di samping sebagai bukti tanggung jawab moral dan sosial kepada masyarakat secara tidak langsung pabrikan juga membangun image brand mereka sendiri.  Untuk AHM sudah melakukan hal tersebut (masih perlu ditingkatkan). untuk Yamaha belum terlihat gaungnya tahun 2016 ini.

Kalau menurut pendapat pribadi penulis sendiri pemerintah harusnya mewajibkan pabrikan untuk memfasilitasi pemudik motor, minimal untuk merek mereka sendiri dengan ketentuan presentase dari penjualan mereka  pertahun. Misal 10% dari penjualan pertahun dialokasikan untuk memfasilitasi mudik gratis. Dengan 10 persen tersebut jika penjualan pabrikan per tahun 5 juta unit kali harga motor=?. Nah dari situ uangnya untuk memfasilitasi mudik gratis. Karena tidak dapat mengakomodir seluruh pemudik maka sisanya yang masih memakai motor untuk mudik juga harus di perhatikan juga. Misal dengan mendirikan posko mudik di jalur mudik. Banyakin tuh poskonya.

Memang sebagian sudah dilaksanakan oleh pabrikan namun belum makasimal dan belum optimal. Kalau pemerintah mau memaksa masyarakat agar tidak memakai motor untuk mudik maka salah satunya ya dengan cara di atas. Kalau Cuma memaksa doang tanpa ada solusi ya ga bakalan bisa. duit duit saya… motor motor saya…. kasarannya gitu.

Peran aktif pabrik motor dalam mudik mutlak diperlukan. Kalau Cuma mengandalkan pemerintah ga bakal jalan. Pengendara motor juga harusnya di beri pengetahuan tentang safety riding dan ini harusnya bisa juga di lakukan pemerintah misal saat bikin sim c. mereka di beri ilmu safetty riding sebelum mengajukan SIM C.

Baca : Tips mudik menggunakan motor

Peran aktif pabrik motor dalam mudik harus di galakan untuk meminalisir akibat buruk mudik. Ok kita hadapi mudik dengan wasapada dan konsentrasi serta jangan lupa doa semoaga lancar dan selamat sampai tujuan.. selamat mudik.

Baca juga :

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"
Gravatar Image
Hanya blogger biasa.

One thought on “Peran aktif pabrik motor dalam mudik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *