Cara ganti ban tapak lebar yang benar pada sepeda motor

Cara ganti ban tapak lebar yang benar pada sepeda motor

Posted on

Cara ganti ban tapak lebar yang benar pada sepeda motorCara ganti ban tapak lebar yang benar pada sepeda motor tidaklah susah. Ban tapak lebar makin di gandrungi oleh para biker khususnya yang memiliki sepeda motor sport. Namun pemilik motor metik pun ada yang melakukan hal yang sama. Kebanyakan tujuannya untuk mempergagah penampilan dari sang tunggangan.

Mengganti ban dengan tapak lebar bisa bermanfaat dan juga bisa merugikan. Bermanfaat jika dilakukan dengan benar dan sesuai aturan. Dan merugikan bila dilakukan dengan sembarangan dan ngawur. Contoh merugikan adalah pelek standar di jejali dengan ban tapak lebar dengan ukuran 3 tingkat lebih besar. tentu hal tersebut merugikan. Bentuk ban akan mendonat,  daya cengkram ke jalanan sangat sedikit dan tentu akan merugikan pengendara. Grip kurang dan dipastikan berbahaya untuk di gunakan.

Baca : Ganti pelek dan ban tapak lebar Yamaha GT125

Cara ganti ban tapak lebar yang benar harus sesuai aturan

Untuk mengganti ban dengan ukuran lebih besar pada sepeda motor harus sesuai aturan. Apa lagi yang diganti adalah ban sepeda motor.  Berikut cara ganti ban tapak lebar yang benar pada sepeda motor.

Perhatikan ukuran pelek.

Ukuran pelek standar pabrikan hanya bisa dipasangi ban tapak lebar maksimal naik 1 tingkat dari ukuran  ban standar pabrikan. Misal, pelek ukuran  1,85 inci dengan ban 90/70 hanya bisa naik 1 tingkat jika akan di ganti dengan ban tapak lebar tanpa ganti pelek. Yaitu ukuran 100/80, lebih dari ukuran tersebut harus ganti pelek sesuai ukuran ban

Baca : Pelek tapak lebar untuk CB150R

Lengan ayun/swingarm

Jika akan mengganti pelek dan ban dengan ukuran lebih besar, pastikan lengan ayun cukup untuk menampung perubahan pelek dan ban yang lebih besar. Jika lengan ayun tidak cukup meanampung perubahan yang terjadi maka harus diganti dengan lengan ayun lain yang lebih besar. Untuk motor sport bisa menggantinya dengan lengan ayun limbah moge.

Sproket / gear belakang

Ganti gear belakang dengan ukuran lebih besar untuk mengimbangi ukuran pelek dan ban yang makin besar. Tentu saja ukuran yang makin besar maka bobor pelek dan ban yang harus di putar juga makin berat.

Jarak terluar ban dan rantai

Tanpa rantai sepeda motor tidak bisa jalan. Jangan sampai mengganti ukuran pelek dan ban lebih besar tetapi bagian terluar ban bergesekan dengan rantai. Hindari hal tersebut. Perhatikanlah  jarak antara bagian terluar ban dan rantai ketika akan menggunakan ban tapak lebar.

Read: 7 Tips perawatan ban tubeless terbaru pada sepeda motor

Baca juga artikel pilihan goozir.com lainnya bro…

Sobat goozir, itulah cara ganti ban tapak lebar yang benar pada sepeda motor.

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"
Gravatar Image
Seseorang yang ingin terus belajar belajar dan belajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *