Burgman 180 produksi India dan efeknya
lampu dua lampu utama (laskar Suzuki)

Burgman 180 produksi India dan efeknya

Posted on

Goozir.com – Persaingan segmen maxi scooter khususnya kelas 150 bakal makin ramai bro. setelah Yamaha melakukan genderang pertama dengan melahirkan NMAX, kemudian lahir Aerox. Honda hadirkan PCX import banderol mahal dan akhirnya lahir PCX lokal untuk ganyang NMAX. Suzuki pun kabarnya tidak mau kalah mau bikin maxi Scooter namun dengan perbedaan. Yaitu kubikasi mesin 175cc. Nama produknya konon akan di labeli Burgman 180. Nah info terbaru (rumor) Suzuki Burgman 180 produksi India.

Suzuki Burgman 180 produksi India

Hari ini goozir.com baca info rumor tebaru Burgman 180 di blognya pak Taufik yang mengindikasikan bahwa Suzuki Indonesia spertinya tidak akan  memproduksi Burgman 180 secara lokal. Rumornya akan di buat di India.

Dilansir dari TMCblog, Suzuki pikir-pikir untuk melakukan produksi skutik 150 cc – 180 cc di Indonesia. memang baru sebatas produksi saja bro yang kemungkinan tidak akan di lakukan di Indonesia. Bukan masalah jualan jadi masih ada harapan untuk Suzuki Burgman 180 dijual di Indonesia.

Menurut Sumber yang memberi info kepada Pak Taufik TMC, Suzuki saat ini sedang membidik pabrik lain di luar Indonesia sebagai basis produksi Suzuki Burgman 180 nanti. Dan jika melihat kekuatan produuki di ASIA saat ini India menjadi kandidat kuat.

Rumor lainnya bentuk dari Suzuki Burgman 180 kabarnya akan seperti Skywave saat ini namun dengan program penggemukan. Bakal seperti apa kita tunggu saja kalau jadi hadir. Pada dasanya Suzuki Skywave memiliki sasis yang sama dengan Nouvo dan Nmax bersasis backbone dengan suspensi belakang 2 biji.

Apa efeknya jika Suzuki Burgman 180 benar – benar diproduksi di India dan dijual di Indonesia?

Kita bisa ambil 2 prdiksi dari kemungkinan Brugamn 180 produksi India. Yang pertama adalah efek positif. Efek posistif dari produksi Suzuki BBurgman di India adalah hargnya bisa murah. Ya kita tahu rata – rata motor produksi India tergolong murah jik dikonversi ke mata uang Indonesia.  contoh R15 V.3 kabarnya di banderol 1,2 lakh, jika di konversi ke IDR maka hanya Rp 25 jutaan saja

Itu harga di India loh bro… bagaimana jika masuk Indonesia dengan pajak dan segala tetek bengeknya? Kemungkinan masih di rentang harga psikologis Rp 30 jutaan dan itu adalah rentang harga NAMX dan PCX saat ini. Suzuki Burgman unggul di kubikasi dengan 175 cc.

Efek ke dua adalah efek negatif. Kenapa? Stigma produk India di Indonesia sering jadi bully –an di Indonesia. contoh “ wah produk Indihe aca aca… “ dan semacamnya. Dan bisa di lihat produk India di Indonesia tidak begitu laku bahkan untuk yang pernah gabung di Kawasaki.

Burgman 180 produksi India dan efeknya
lampu depan 2 biji (pict laskar Suzuki)

Efek negatif lainnya dari Brugaman 180 produksi India adalah dari sisi material. Kita tahu Suzuki Indonesia selalu memberikan mesin dengan performa tebaik dan bahan terbaik. Jika nantinya di produksi di India bisa jadi komponen yang digunakan memiliki kualitas yang berbeda. Mengedukasi masyarakat untuk mengubah stigma produk India kurang bagus, sangat susah dan butuh biaya mahal.

Kita tahu bersama kenapa harga motor di India terjangkau ya karena produksi logam disana banyak dan sudah lokal selain itu kualitas juga tidak sebaik di Indonesia. Namun untuk kualitas baru sebatas baca baca di media online belum ada pembuktian secara ilmiah. Atau goozir.com yang belum membacanya ya? Koreksi kalau salah ya bro….

Last, jika Suzuki benar – benar mau menjual Suzuki Burgman 180 produksi India maka harus tahu konsekuensinya. Memang jika impor dari negara lain nothing to lose. Laku syukur ga laku ya sudah tidak ada beban. Berbeda dengan produksi sendiri yang mengharuskan produk laku. Tapi lihat juga image Suzuki Indonesia yang terkenal awet dan performa tinggi. semoga pihak Suzuki 2 roda Indonesia mendengar.

Baca juga info pilihan goozir.com lainnya di bawah ini bro

Kita tunggu saj bro kabar – kabar selanjutnya dari Suzuki Burgman 180 produksi India. Apakah akan benar – benar terjadi?

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"
Gravatar Image
Hanya blogger biasa.

One thought on “Burgman 180 produksi India dan efeknya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *