Honda S 90 Z Motor Rakitan AHM Pertama di Indonesia
Honda S90 (Wikipedia English)

Honda S 90 Z Motor Rakitan AHM Pertama di Indonesia

Posted on

Goozir.com – Belajar sejarah yuk bro dan sis… Kali ini kita bahas motor pertama rakitan Indonesia yaitu Honda S 90 Z. Honda S90Z menjadi awal mula eksistensi Honda motor di Indonesia pada tahun 1971. Honda S 90 Z adalah motor Honda seri S90 yang dipasarkan secara CBU pada tahun 1970 oleh Honda Sales operation.

Sejarah Honda S 90 Z

Seperti sudah disebutkan di atas, S90 Z hadir secara CBU melalui Honda Sales Operation pada tahun 1970. Kemudian melihat penerimaan masyarakat Indonesia yang sangat bagus, maka pada thun 1971, PT Federal Motor (Sebelum  jadi AHM) berinisiatif untuk memproduksi Honda S90Z secara CKD di Indonesia. kemudian Honda Sales Operation menjadi bagian pemasaran dari Federal Motor.

Jadi penerimaan masyarakat yang positif menjadi sebab Honda S 90 Z dirakit di Indonesia pada tahun 1971. Inilah cikal bakal AHM hingga menjadi pabrikan besar hingga saat ini.

Sebagai informasi, Honda S90Z memiliki mesin 4 tak, OHC dengan silinder tunggal. Kubikasi mesin hanya 89 cc yang mampu menghasilkan daya hingga 8,02 hp pada putaran mesin 9.500 rpm dan torsi sebesar 6,37 Nm pada putaran mesin 8.000 rpm. Motor ini dibekali transmisi 4 percepatan dengan busi D6HA dan aki 6N6-1B 6 volt.

Semoga info sejarah singkat cikal bakal AHM dengan merakit Honda S 90 Z dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat buat kita semua. Baca juga info pilihan goozir.com di bwah ini bro

itulah sejarah singkat Honda S 90 Z, bisa membuka wawasan kita tentang awal mula Honda bercokol dengan memproduksinya secara lokal di Indonesia.

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"
Gravatar Image
Seseorang yang ingin terus belajar belajar dan belajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *