4 Teknik Dasar Safety Riding Berkendara Motor

4 Teknik Dasar Safety Riding Berkendara Motor

Posted on

Goozir.com – Berkendara Sepeda motor tidak hanya butuh keberanian saja. skill mengendalikan motor juga diperlukan. Memperhatikan kondisi dan keadaan sekitar juga diperlukan. Itulah Safety Riding. Tata cara berkendara aman dan nyaman baik untuk pengendara maupun pengguna jalan lain. ada 4 teknik dasar Safety riding untuk pengendara seepeda motor. Apa saja, mari kita bongkar satu persatu.

4 Teknik Dasar Safety Riding

Safety riding diatur dalam undang undang Lalu Lintas dan angkutan Jalan pada bab XI pasal 203 ayat 2. Untuk penjelasan pasal 203 ayat 2 pada huruf a disebutkan bahwa program nasional keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan diantaranya yaitu tentang cara berkendara dengan selamat (Safety Riding)

Dalam berkendara di jalanan tentu bukan hanya diri kita sendiri yang harus selamat tapi juga pengguna jalan lain. susah memang namun mari kita belajar bersama dan berusaha safety dalam berkendara. Berikut teknik dasar safety riding.

  1. Teknik Pengereman

Teknik pengereman yang benar harus di kuasai oleh biker. Bagaiman cara mengerem yang benar? Pengereman yang benar menurut beberapa sumber adalah dengan menggunakan 2 rem sekaligus yaitu depan dan belakang. Porsinya 60 persen rem depan  40 persen rem belakang. Ada juga yang 75 persen depan dan 25 persen belakang. Intinya lebih dominan rem depan dibanding rem belakang.

Rem belakang lebih berfungsi untuk menyeimbangankan pengereman. Selain itu posisi tangan saat pengereman juga harus diperhatikan. Saat kita melakukan pengereman terutama untuk rem depan jangan gunakan 1 jari. Lebih baik menggunakan 4 jari sekaligus agar selongsong gas tidak ikut berputar saat melakukan pengereman.

Dalam kondisi basah kita juga harus melakukan pengereman secara bertahap jangan melakukan pengereman mendadak karena akan membuat ban selip/ngepot sehingga membahayakan.4 Teknik Dasar Safety Riding Berkendara Motor

Pengereman juga jangan sekaligus menekan tuas rem secara kuat karena akan ngelock kecuali motor anda menggunakan sistem ABS.

Jika dalam keadaan kencang pengereman dilakukan dengan cara mengocok rem untuk motor tanpa ABS. tujuanya untuk mendapatkan fungsi seperti pada rem ABS. caranya dengan meremas dan melepas tuas rem secara berulang sampai motor pelan atau berhenti.

Jangan biasakan jari di atas  tuas rem. Karena jika reflek bentar bentar tekan tuas rem.

  1. Teknik Slalom

Teknik slalom dilakukan dengan melakukan gerakan sigzag, menikung ataupun bermanuver sesuai kebutuhan. Manfaat dari teknik slalom ini adalah untuk melatih kemampuan dan menjaga keseimbangan tubuh agar tetap seirama dengan motor baik saat menikung, manuver mendadak atapun melalui jalan yang berliku.

Saat latihan slalom biasanya mengikuti lintasan yang dibatasi dengan cone bisa zigzag atau menikung dan kita diusahakan riding tanpa  menyentuh cone.

Dalam hal ini pengendalian motor harus baik sehingga motor dapat mengikuti gerakan tubuh pengendara. Tujuan akhirnya adalah pengendara dapat mengendalikan motor saat hal yang tidak dinginkan terjadi.4 Teknik Dasar Safety Riding Berkendara Motor

  1. Teknik papan titian

Melalui sebuah papan dengan lebar kurang lebih 20 cm dan kita diharuskan tidak jatuh atau keluar dari papan saat melintasinya. Latihan ini berhubungan dengan keseimbangan dan bermanfaat saat melalui jalanan padat. Bagi yang sering melwati lalu lintas yang padat kita pasti sering dihadapkan pada jalan yang sempit dengan kendaraan di kanan kiri motor kita. Disinilah keguanan latihan di papan titian dan juga slalom karena tak jarang kita harus bermanuver juga.4 Teknik Dasar Safety Riding Berkendara Motor

  1. Teknik Melewati Jalan Bergelombang

Melewati jalan bergelombang juga butuh skill bro and sis. Dalam latihan Safety Riding bisa dilakukan dengan melewati karung berisi pasir dan dijejer sepanjang lintasan dengan jarak tertentu. Dalam melewati halangan naik turun ini dibutuhkan keseimbangan dan teknik pengereman. Butuh pengereman yang berimbang saat melui jalan bergelombang. Disamping itu kecepatan juga harus di jaga, tidak boleh sembaranga ngegas.4 Teknik Dasar Safety Riding Berkendara Motor

Itu 4 teknik dasar Safety Riding sebagai bekal saat kita berkendara di jalanan. Sealain 4 teknik dasar safety riding di atas masih ada 2 faktor lagi yang harus di perhatikan saat berkendara yaitu motor dan pengendara.

Motor

Cek motor harus dalam keadaan baik. siap semuanya dari A-Z. melakukan service rutin juag menajdi salah satu cara menjaga motor tetap dalam keadaan baik. poin lain dari motor yang siap diajak riding yang aman adalah sebagai berikut

  • Ada spion 2 biji sesuai standar
  • Lampu utama dan sein harus berfungsi semua
  • Surat surat kendaraan harus lengkap dan aktif
  • Plat nomor harus sesuai aturan
  • Pajak kendaraan tidak boleh nunggak

Pengendara

Pengendara untuk dapat melakukan perjalanan secara aman maka pengendara harus dalam keadaan prima, siap menempuh perjalanan. Selain itu lengkapi diri dnegan perangkat safety dalam berkendara. Diantarnya adalah

  • Jaket
  • Sarung tangan
  • Masker
  • Helm
  • Pelindung siku dan lutut
  • Sepatu yang menutup tumit

Selain itu selama berkendara juga harus taat aturan lalu lintas, hindari berkendara secara agresif dan respect terhadap pengendara lain.

Itulah teknik safety riding yang bisa kita terapkan dalam keseharian berkendara atau touring.

Baca juga info pilihan goozir.com di bawah ini bro and sis

Semoga info 4 teknik dasr Safety riding yang goozir share dapat bermanfaat.

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"
Gravatar Image
Seseorang yang ingin terus belajar belajar dan belajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *