Arti Kode Oli : SAE API SN SL & JASO MA MB

Arti Kode Oli : SAE API SN SL & JASO MA MB

Posted on

Goozir.com –  Bro dan Sis pecinta otomotif, punya mobil atau motor butuh perawatan terutama untuk oli yang harus di ganti secara berkala. Untuk mengganti oli motor harus sesuai dengan rekomendasi pabrikan dari SAE, API SN / SL dan juga JASO MA / MB. Sebenarnya apa si arti kode oli tersebut. nah kali ini goozir kasih info arti kode – kode pada bungkus Oli yang harus diperhatikan saat membeli.

Arti Kode Oli : SAE, API dan Jaso

Setiap kita membeli oli kemasan botol atau derigen pada bagain luar kita akan melihat kode SAE, API dan JASO. Sebenarnya apa si arti kode kode tersebut? yuk kita lihat bareng – bareng bro arti masing – masing kode oli tersebut.

Arti kode SAE

SAE adalah singkatan dari Society Of Automotive Engineer. Kode SAE menandakan tingkat kekentalan oli pada suhu tertentu.

Arti kode API

API singkatan dari America Petrolium Institute Service  (API Service). Dengan melihat kode API ini kita akan bisa melihat oli itu untuk kendaraan apa dan tingkat kualitasnya.

Arti kode JASO

JASO singkatan dari Japan Automobile Standard Organization. Kode JASO biasanya ditemukan pada oli motor. Dengan kode ini kita bakalan tahu motor A cocok pakai oli nomor 1 dan motor B cocok dengan oli nomor 3. Contoh nya begitu bro and sis.

Setalah kita tahu arti kode oli SAE, API dan JASO kita perdalam lagi bro and sis. Bro and sis pasti pernah lihat dong kode 10W-40, SN /SL dan MA / MB. Itulah kunci kita untuk memilih oli yang tepat untuk kendaraan kita bro and sis. Kita langsung aja ya cari tahu artinya.

Arti kode oli SAE 10W – 40.

Seperti sudah di sebutkan di atas, SAE menentukan tingkat kekentalan oli di suhu tertentu. Jadi jika bro and sis beli oli ada tulisan SAE 10W – 40 artinya oli memiliki tingkat kekentalan 10 pada suhu dingin dan kekentalan 40 pada suhu panas. Dengan kode …W – … oli memiliki 2 tingkat kekentalan atau multigrade.

Pilih SAE sesuai rekomendasi dari pabrikan bro. biasanya untuk kendaraan model lawas memakai oli yang makin kental. Sedangkan kendaraan keluaran baru memakai oli dengan tingkat kekentalan lebih encer. Makin kecil nilai SAE makin encer.

Arti kode oli API SN  & SL

Dengan melihat kode API maka kita bisa melihat jenis oli untuk mesin apa dan kemampuna oli dalam melindungi mesin bagaimana. Untuk mesin dengan bahan bakar bensin menggunakan oli dengan kode API S sedangakan untuk mesin diesel menggunakan kode api C.

Sedangkan huruf dibelakang S atau C menandakan tingkat kualitas, kemampuam melindungi mesin. Artinya makin mendekati huruf Z oli memiliki kemampuan melindungi mesin lebih baik.

Dengan penjelasan tersebut jika di aplikasikan pada kode API SN dan SL maka oli dengan API SN merupakan oli untuk mesin bensin dengan teknologi terkini. Jadi jika memilih antara SL dengan SN. maka lebih bagus oli dengan kode API SN karena memberikan perlindungan mesin lebih baik dari oli ber-API SL.

Arti kode Oli JASO MA & MB

JASO merupakan sertifikasi oli dari Jepang. kode ini hnaya ada pada oli Motor. Oli dengan JASO MA di gunakan pada motor dengan kopling basah/terendam. Seperti pada motor bebek ataupun Motor sport. Untuk Jaso MA2 berarti oli tersebut dibuat lebih kekinian dalam arti menggunakan teknologi terbaru dengan zat aditif lebih baik.

Ada juga MA, MA1 dan MA2, perbedaannya terletak pada nilai friksinya

MA  nilai friksinya : 1.45 – 2.5

MA1 nilai friksinya :  1.45 – 1.60

MA2 nilai friksinya : 1.8 – 2.5

Berdasarkan nilai friksi di atas maka JASO MA2 lebih keset dibanding dengan JASO MA. Atau dengan istilah lain, untuk JASO MA lebih licin dari JASO MA2. Jadi kalau sering slip kopling mungkin anda bisa ganti pakai oli dengan JASO MA2.

Sedangkan untuk arti kode oli JASO MB, oli ini ditujukan untuk motor dengan kopling kering yaitu pada motor metik. kita tahu bahwa motor metik memiliki mesin dan transmisi yang terpisah atau disebut kopling kering. Sistem ini sama seperti pada mobil. Sehingga kita bisa subtitusi antara oli motor dengan oli mobil atau sebaliknya. Inilah yang sering disebut dengan oli sesat.

Baca : Oli sesat dan konsekuensinya

Semoga informasi yang goozir bagikan cukup jelas dan dapat di mengerti ya bro and sis…

Baca juga info pilihan goozir.com dibawah ini ya

Ok bro and sis itulah sekilas info tentang arti kode oli yang harus kita pahami dan mengerti sebagai pengguna kendaraan bermotor. Semoga bermanfaat.

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"
Gravatar Image
Seseorang yang ingin terus belajar belajar dan belajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *