Blind Spot Detection dan Adaptive Cruise Control KTM

Blind Spot Detection dan Adaptive Cruise Control KTM

Posted on

Goozir.com –  Bro dan sis pecinta motor, KTM terus berinovasi dalam teknologi. saat ini yang sedang dalam pengembangan adalah Blind spot Detection dan Adaptive Cruise Control KTM. Dua tekonologi yang sedang di kembangkan tersebut akan diaplikasikan pada sepeda motor. Dan kedepannya motor akan memiliki fitur keselamatan yang lebih baik lagi.

Cara kerja Blind Spot Detection dan Adaptive Cruise Control KTM

Selain 2 teknologi yang sedang dikembangkan tersebut KTM sudah sukses dengan berbagai teknologi yang sudah di kebangkan. Berkombinasi huruf dari A-Z menjadi nama teknologi tersebut. diantaranya

  1. Motorcycle Stability Control (MSC)
  2. Motor Slip Regulation (MSR)
  3. Multi-Stage Traction Control
  4. Semi active suspension
  5. Hill Hold Control (HHC)
  6. Automatic Turn Indicator Reset (ATIR)
  7. Quickshifter+ & Cornering LED headlight

 

Cara Kerja Adaptive Cruise Control KTM

Adaptive Cruise Control by KTM nantinya bukan meyesuaikan ban belakang terhadap kondisi jalan saja namun akan mendeteksi kendaraan didepannya. Dengan mendeteksi motor di depannya Cruise control melalui Throttle atau rem depan akan menyesuaikan jarak dengan motor di depannya. Versi prototype menjaga motor dalam jarak 2 detik dengan motor di depannya. Nantinya pengendara dapat menjaga jarak dengan kendaraan di depannya dan kecepatan. Versi final teknologi Adaptive Cruise Control dijadwalkan akan hadir 2021.

Blind Spot Detection dan Adaptive Cruise Control KTM
Adaptive Cruise Control KTM akan menjaga jarak dengan kendaraan didepannya dengan penyesuaain throttle dan kecepatan

Cara kerja Blind Spot Detection KTM

Menggunakan motor bukan berarti lepas dari Blind spot. Bahkan motor sekalipun. Untuk itu kita harus waspada sebelum melakukan manuver. Cara kerja Blind Spot Detection KTM bekerja dengan sebuah sensor yang akan mendeteksi kendaran lain dalam jarak pendek. Jika ada potensi tabrakan belakang maka ada sebuah peringatan di konsol dengan layar TFT yang akan memperingatkan pengendara secara visual dan akan terdengar alarm. Pada kaca spion juga bakal muncul cahaya terang yang akan memperingatkan pengendara ada kendaraan didekatnya.

Versi prototype teknologi  ACC dan BSD dari KTM sudah diujicobakan pada motor KTM 1290 super adventure S.

Baca juga info pilihan goozir.com di bawah ini bro and sis

OK bro dan sis itulah inovasi yang sedang dikerjakan oleh KTM dengan Adaptive Cruise Control (ACC) dan Blind Spot Detection (BSD). Tahun 2020-2021 dijadwalkan akan menjadi waktu untuk perilisan versi final teknologi tersebut.

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"
Gravatar Image
Seseorang yang ingin terus belajar belajar dan belajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *