Tips Membeli Mobil Bekas Terbaru Bagi Pemula Agar Tidak Tertipu
Pengecekan mesin mobil bekas penting dilakukan

7 Tips Membeli Mobil Bekas Bagi Pemula Agar Tidak Tertipu

Diposting pada

Goozir.com – Tips membeli mobil bekas terbaru agar tidak tertipu. Apalagi bagi Anda yang pemula. Permintaan mobil saat ini terus naik. Bagi yang tidak mau membeli mobil baru, beli mobil bekas menjadi solusi. Namun patut diingat, mungkin masih ada oknum diler  yang menyulap mobil bekas tampil gress layaknya mobil baru namun dalemannya bosok.

Untuk itu bagi pembeli mobil bekas khususnya pemula atau baru pertama mau beli mobil bekas harus memperhatikan bebera hal sebelum melakukan pembayaran.

Tips Membeli Mobil Bekas

Berikut beberapa tips membeli mobil bekas yang musti di perhatikan agar sebagai pembeli pemula tidak tertipu.

Survei Online

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah survei online. Dengan online Anda bisa menentukn mobil apa yang Anda butuhkan beserta harga yang ditwarkan.

Tentukan jenis mobil yang diinginkan apakah sedan MPV, SUV atau mobil niaga. setelah itu bisa dilihat kisaran harga dari mobil yang akan Anda beli. Ini penting untuk langkah selanjutnya.

Tentukan Budget Dana

Setelah browsing-browsing survei mobil apa yang akan dibeli dan menentukan kisaran harga, selanjutnya adalah menyediakan budget dana. Siapkan dana yang mau digunakan untuk membeli. Tentukan juga apakah akan membeli secara cash atau kredit.

Beli kredit biasanya bisa dilakukan di diler mobil bekas, sedangkan beli cash bisa di lakukan pada pemilik perorangan atau diler mobil bekas.

Jangan menyediakan budget pas – pasan sebab setelah membeli mobil bekas ada biaya tambahan yang mungkin timbul misal balik nama atau servis untuk bagian tertentu.

Siapkan mental dan pengetahuan

Baca – baca bab tentang mobil ketahui juga bagaiamna kondisi mobil yang masih bagus. Sehingga saat sedang mengecek tidak mudah percaya dengan apa yang di bilang penjual. Ini penting agar tidak tertipu.

Siapkan mental juga, jangan terlihat katrok dan telalu ndeso karena bakal jadi sasaran empuk penjual. Anda harus pecaya diri dan tenang serta seolah olah tidak butuh tuh mobil sehingga bisa mendapatkan harga terbaik.

Pergi ke dealer atau penjual langsung

Selanjutnya setelah persiapan semua selesai tinggi pergi ke delaer mobil bekas tau user pengguna langsung yang mau menjual mobil mereka.

Cek beberapa bagian untuk mendapatkan mobil Second berkualitas. Beberapa bagian yang bisa di cek antara lain sebagai berikut.

Cek exterior mobil bekas

Perhatikan tampilan fisik mobkas yang menjadi incaran jangan mudah terpengaruh dengan body yang mulus. Perhatika cat apakah ada gradasi warna atau perbedaan warna yang kemungkinan mobil tersebut pernah di cat ulang.

Perhatikan juga lampu-lampu bekerja dengan baik dan semuanya berfungsi. Cek bagian bumper apakah rata atau ada lecet atau ada dempulan yang kemungkinan merupakan bekas tabrakan.

Tanyakan apakah mobil pernah kena banjir atau cek bagian dashboard bagian bawah, apakah ada lumpur atau tidak. Biasanya mobil terkena banjir ada sisa lumpur di pengkabelan. Jika penjual mengizinkan bisa di cek semuanya di bengkel.

Pastikan juga sasis tidak keropos, karena mobil mulus belum tentu sasisnya masih bagus. Apa lagi pemilik yang jorok dan tidak suka cuci mobil biasanya bagian sasis mudah karatan atau keropos.

Jika secara exterior dari mobil bekas di rasa masih ok, bisa lanjut pada bagian Interior.Cek Interior mobil bekas

Cek Interior mobil bekas

Ada 2 hal yang mesti di perhatikan dan menjadi perhatian utama untuk pengecekan.

Cek Bau kabin mobil bekas

Pastikan kabin tidak berbau tajam misal bau asap rokok atau bau bangkai dan bau bau tidak enak lainnya. Kalau bagian kabin sudah bau tidak enak, mendingan cari mobil lainnya saja bro. Karena bau tidak sedp kabin susah di netralisir.

Cek fungsi tombol – tombol mobil bekas

Pastikan juga tombol – tombol yang berguna berfungsi  dengan baik seperti tombol pengaturan AC tombol power windows dan lain sebagainaya.

Cek juga kebersihan kabin misal sarung joknya harus bersih, karpetnya harus bersih. Pastikan juga setir masih ori dan bersih.

Pilihalah mobil dengan kabin yang nyaman buat Anda dan penumpang Anda. Apalagi Anda memilih mobil untuk keluarga.

Cek mesin mobil bekas

Ini bagian yang krusial bisa di bilang nyawanya mobil ya mesin. Jika Anda membeli mobil bekas dan tanpa mengecek mesin Anda bisa mendapatkan Zonk. Belum apa-apa udah harus belah mesin. tentu ngga banget deh kalau kaya gitu.

Untuk melakukan pengecekan mesin, Anda harus buka kap mesin. pertama lihat kondisi mesin (kotor atau berantakan) dan liat akinya apakah berjamur dan lainnya.

Lihat juga buat monting mesin dan lainnya apakah berkarat atau tidak. Periksa alur kabel apakah banyak sambungan atau sudah getas. Lihat juga rangka dan tubuh bagian depan mobil apakah keropos, berkarat atau ada lekukan akibat tabrakan.

Jika secara mata sudah keliahatan yang tidak beres sebaiknya batalkan pembelian.

Untuk lebih mantap lagi jalankan mobil perhatikan bunyi mesin, getaran mesin hentakan kopling dan hal   lain nya yang berhubungan dengan mesin.

Saat test mesin Anda juga bisa ngetes lainya seperti lamp-lampu AC, klakson dan lainnya.

Cek kaki-kaki mobil bekas

Bagian kaki-kaki juga termasuk bagian yang penting. Kaki – kaki merupakan bagian yang bersentuhan langsung dengan jalanan.  Kenyamanan dan keselamatan juga dipengaruhi oleh sektor kaki-kaki.

Sekalian dengan test mesin coba bawa mobil ke polisi tidur dan jalanan yang tidak mulus rasakan ayunan suspensi apakah hanya sekali atau lebih dari sekali. Jika hanya sekali berarti suspensi masih layak pakai jika lebih dari sekali maka butuh perhatian khusus pada sektor suspensi.

Mobil bekas
Mobil bekas belum tentu jelek

Bawa mobil pada kecepatan 60 kpj dengan posisi lurus, jika mobil melenceng ke kanan atau ke kiri maka Anda pelu melakukan spooring.

Test juga dalam keceptan di atas 80 kpj, jika setir berasa bergetar berarti roda tidak seimbang atau sejajar. Anda perli balancing.

Anda juga bisa cek bearing roda dengan mendokrak mobil dan putar roda dengan tangan, bila masih ada suara bearing berarti masih layak pakai tuh bearing.

Cek riwayat pemakaian mobil bekas

Untuk mengecek riwayat pemakaian mobil bekas Anda bisa lihat dari riwayat servise. Utamakan mobil bekas yang anda beli memiliki riwayat service rutin di bengkel resmi.

Perhatikan juga pemilik mobil tersebut, jika milik lembaga tau perusahaan biasanya sudah memiliki daya jelajah tinggi. beda dengan milik probadi yang bisanya memiliki daya  jelajjah rendah (odometer rendah).

Cek mobil bekas di dealer lain

Jangan terpaku pada satu diler. Anda bisa pergi ke diler lain dan membandingkan mana lebih baik dan value for money.

Jadi Anda membandingkan mobil di diler satu dengan diler lainnya. Cari yang terbaik dan berkualitas.

Jangan terburu nafsu

Setelah semuanya yakin dengan kondisi mobil, cara pembayaran dan hargnya, jangan terburu buru saat negosiasi.

Biasakan bersikap seperti sudah biasa beli mobil sehingga penjual akan memberikan pejelasan lebih detail dan berusha meyakinkan Anda.

Bahkan bagi dealer terkadang memberikan harga diskon atau aksesoris tambahan pada mobil bekas yang di incar. Tentu penjual (diler) tidak mau dong konsumennya lari ke dealer lain…

Cek Surat-Surat mobil bekas

Jangan lupa untuk memastikan mobilnya adalah mobil legal dengan mengecek surat surat. Cek no rangka dan no mesin apakah sesuai dengan STNK dan BPKB. Jika berbeda mending tidak usah di beli.

Anda juga bisa datang ke samsat untuk mengecek mobil bekas yang akan Anda beli termasuk mobil curian atau bukan. Anda juga busa mencocokan tanggal faktur BPKB dengan tanggal di faktur asli.

Cek juga kapan jatuh tempo untuk bayar pajak berikutnya. Apakah masih lama atau sebentar lagi, jika dalam waktu dekat maka butuh ektra duit untuk bayar pajak jika jadi membelinya.

Dari STNK dan BPKB itu pula Anda bisa mengetahui umur dari mobil bekas yang ditaksir.a

Bagaiamana bro and sis, semoga tips membeli mobil bekas di atas bisa berguna dan membantu Anda jika mau membeli mobil bekas.

Baca juga info pilihan di bawah ini

Follow us

IG : GOOZIRBLOG

FB Page : Goozircom

Twitter : Goozircom

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"