Rem CBS : Pengertian, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan

Rem CBS : Pengertian, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan

Diposting pada

Daftar isi

Goozir.com – Rem CBS identik dengan rem pada motor matic merek Honda. AHM sebagai pemegang merek motor Honda di Indonesia sering mengembar gemborkan pengeraman CBS dalam produk maticnya. Sebenarya rem CBS itu apa? Bagaimana cara kerja CBS? Apa kelebihan dan kekurangan rem CBS?

Untuk mengenal lebih jauh tentang sistem rem CBS ini maka goozir.com mencoba merangkum semua hal yang terkait dengan CBS yang digunakan pada sepeda motor ini.

Pada motor Honda yang dijual di Indonesia Anda akan menemuan fitur pengereman CBS pada motor matic Honda mulai dari Genio, Beat, Scoopy hingga PCX 160.

Pengertian Rem CBS

CBS sendiri adalah singkatan dari Combi Brake Sistem jadi rem CBS adalah suatu sistem pengereman yang ditemukan oleh pabrikan otomotif Honda Jepang yang digunakan pada motor matic Honda.

Prinsip Kerja pengereman CBS adalah mengkobinasikan atau mengintegrasikan pengereman roda belakang dan depan sekaligus dalam 1 tuas re,. Intinya ngerem belakang, roda depan juga ikut ngerem, jadi sekali ngerem menggunakan rem belakang, juga mengerem roda belakang.

Biasanya porsi pengereman roda depan pada sistem pengereman CBS lebih kecil dibandigkan dengan rem belakang.

Baca Juga : Kelemahan Rem ABS Sepeda Motor

Cara Kerja Rem CBS

CBS merupakan nama yang dipakai Honda, untuk menyebut sistem pengereman kombinasi. Prinsip kerja CBS memang mengoptimalkan sistem pengereman melalui rem depan dan belakang yang bekerja bersamaan.

cara kerja rem CBS

Cara kerjanya tergolong sederhana karena hanya mengandalkan sistem mekanikal. Pada skutik Honda dengan fitur rem CBS tuas rem sebelah kiri dilengkapi dengan equalizer yang bercabang ke dua kabel.

Satu kabel langsung ke rem belakang dan satu kabel lagi ke kabel konektor. Kabel konektor ini akan menarik knocker untuk mendorong piston hidrolik di master rem depan.

Itulah cara kerja pengereman CBS sehingga rem depan bisa otomatis ikut bekerja.

Kelebihan Rem CBS

Penggunaan rem CBS pada dasarnya cukup membantu untuk mengurangi kecepatan laju sepeda motor dengan hanya menggunakan satu tuas rem yaitu tuas rem belakang, sebab otomatis juga ikut memperlambat laju roda depan.

Sistem pengereman CBS cocok digunakan untuk perjalanan pada daerah dengan kontur jalan yang tergolong rata seperti di perkotaan.

Penggunaan rem belakang dan depan secara bersamaan membuat jarak pengereman hingga berhenti makin pendek, tentunya hal ini akan membuat pengereman lebih optimal.

Kekurangan Rem CBS

Namun perlu diingat bahwa pengereman CBS juga memiliki kekurangan. Mungkin Anda sudah pernah lihat sepeda motor yang los kontrol alias ngeblong saat melalui turunan panjang seperti video video yang beredar yang umumnya adalah motor Honda.

Pada turunan panjang Anda tidak bisa melakukan pengereman bergantian antara rem depan dan belakang. Pada hal pengereman yang baik di turunan yang panjanga adalah bergantian Antara rem depan dan belakang untuk menghindari panas berlebih.

Panas berelebih akan membuat pengereman menjadi tidak pakem dan rem bisa blong, inilah yang terjadi pada video-video yang beredar tentang rem blong.

Kenapa rem CBS tidak bisa buat gantian rem depan dan belakang?

Ingat kembali cara kerja pengeraman CBS, ya sekali ngerem dengan tus rem belakang maka otomatis rem depan juga bekerja. Saat Anda mau gantian rem depan dan belakang tentu rem depan bekerja terus.

Saat tuas rem belakang ngerem roda depan juga ikut ngerem, saattuas rem depan ditekan rem depan bekreja lagi, jadi rem depan bekerja terus saat gantian rem depan dan belakang.

Lama kelamaan rem depan panas dan akhirnya rem blong.

Itulah kekurangan dari sistem rem CBS yang tidak bisa gantian rem depan dan belakang, karen jia gantian pun rem depan tetap terus bekerja…

Connect With Us

Instagram : Goozirblog

Facebook : Goozircom

Twitter : Goozircom

Telegram : Goozircom

Youtube : Goozirblog

Gambar Gravatar
Pemilik motor Xeon GT125....