Adu Kencang, Kenapa ADV 150 Kalah dari NMAX 155

Adu Kencang, Kenapa ADV 150 Kalah dari NMAX 155

Diposting pada

Goozir.com – Menarik nih bro and sis, ada sebuah cerita salah satu anggota grup ADV 150 di Facebook. Namanya Roka Billy yang mengaku  Honda ADV 150 miliknya kalah saat adu kencang dengan Yamaha NMAX 155. Kira kira kenapa ADV 150 kalah dari NMAX 155?

Jadi ceritanya begini bro and sis. Roka Billy dari Lampung Utara mau ke bandar Lampung. Bro Roka menggunakan Honda ADV 150 membawa kardus isi sepatu.

Yang bawa NMAX 155 boncengan. Ceritanya mereka salip salipan sepanjang jalan. Pas jalan sepi akhirnya betot gaspol setelah bro Roka ceritanya terpancing dengan tantangan si pembawa NMAX 155.

Awalnya imbang namun tiba – tiba si NMAX 155 ngacir seperti pake NOS. Honda ADV tunggangan bro Roka mentok di 118 kpj. Dan si pengendara NMAX unggul didepan sekitar 100 meter.

Menurut bro Roka Billy baik NMAX 155 maupun ADV 150 masih terlihat baru dilihat dari kondisi bodi yang masih kinclong.

Nah dari contoh kasus di atas kira – kira apa yang menjadi penyebab Yamaha NMAX bisa unggul dari ADV 150. Menarik nih bro untuk kita ulasan dan telusuri kira kira kenapa ADV 150 kalah dari NMAX 155.

Alasan ADV 150 kalah dari NMAX 155

Baca :

Dari analisa yang bisa goozir berikan sebagai orang awan yang belum pernah belajar teknik mesin, keunggulan Yamaha NMAX 155 bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

  • Mesin

Berdasarkan informasi yang goozir tahu, Honda ADV 150 dan NMAX 155 sama – sama menggunakan mesin SOHC. Bedanya ADV 150 masih menggunakan 2 klep sedangkan NMAX 155 sudah menggunakan 4 klep.

Menurut informasi yang goozir dapat jumlah klep berpengaruh pada peforma motor. Keuntungan multi klep ada beberapa,  diantaranya :

Mempercepat pernafasan mesin sehingga tenaga lebih meningkat pada rpm tinggi

Memungkinkan penempatan busi pas di tengah ruang bakar, sehingga pembakaran lebih cepat, efisien dan merata.

Jumlah valve lebih banyak menjadikan ukuran valve lebih kecil dan lebih ringan sehingga memungkinkan berkurangnya problem floating. Efeknya mesin bisa berputar lebih cepat, memiliki rpm lebih tinggi dan lebih bertenaga.

Dari jumlah klep yang lebih banyak dari Honda ADV 150 secara teori memang wajar jika Yamaha NMAX lebih kencang dari Honda ADV 150.

  • Teknologi VVA

Variable Valve Aactuation (VVA) merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan oleh Yamaha untuk NMAX 155. VVA memberikan keleluasaan mesin untuk memperoleh asupan bahan bakar dan udara berdasarkan rotasi mesin.

Efek dari VVA adalah hadirnya tenaga pada tiap rentang RPM. Baik RPM rendah maupun RPM tinggi, tenaga akan terus ngisi, sehingga power lebih stabil.

Saat power ADV 150 mentok nah NMAX justru masih mengeluarkan powernya sejalan dengan perputaran mesin.

Baca : Variable Valve Actuation (VVA) Yamaha & Cara Kerja

  • Power To Weight Ratio (PWR)

Alasan lain Yamaha NMAX 155 menang adu kencang lawan Honda ADV 150 adalah PWR.

Dari data spesifikasi yang goozir peroleh dari masing masing web resmi kedua pabrikan, power maksimal ADV 150 adalah 10,7 kW dan bobot 132/132 kg. Sedangkan Power maximal NMMAX 155 disebutkan sebesar 11.1 kW dengan bobot 127 kg.

PWR sendiri merupakan perbandingan antara power dengan bobot kendaraan. Semakin tinggi power dan semakin ringan motor maka PWR makin tinggi. Nah bagaimana dengan ADV 150 dengan Yamaha NMAX 155?

PWR Honda ADV 150 = 10.7kW : 132 kg = 0.081 kW/kg

PWR Yamaha ADV 150 = 11.1 kW : 127 kg = 0.087 kW/Kg

Bisa dilihat dari perhitungan PWR di atas, ternyata Yamaha memang lebih besar dibanding dengan Honda ADV 150.

Untuk alasan PWR ini goozir abaikan berat beban masing – masing pengendara motor. Dari PWR NMAX memang lebih unggul dari ADV 150. Kalaupun di hitung, pengendara boncengan NMAX dengan pengendara ADV bawa kardus isi sepatu kemungkinan besar bobot lebih berat pengendara dan pembonceng NMAX.

Namun kenayataannya NMAX masih menang. Bisa juga bobot pengendara dan penunggang NMAX lebih ringan sebab tidak ada info bobot yang disampaikan.

  • Keahlian berkendara

Bisa jadi keahlian dalam berkendara berbeda antara penunggang NMAX dengan penunggang ADV 150. Pngunggang NMAX lebih jago dan lihai dbanding penunggang ADV 150.

Itulah beberapa alasan yang mungkin bisa menjawab kenapa ADV 150 kalah dari NMAX 155 saat adu kencang. Secara motor NMAX Jelas lebih unggul dari segi performa mesin walaupun secara fitur kelengkapan kurang canggih.

Baca juga info pilihan di bawah ini

Follow Us

IG: GOOZIRBLOG

FB Page : Goozircom

Twitter : Goozircom

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"