Perbandingan Mobil Agya VS Brio dari Spek, Harga dan Fitur Terbaru

Perbandingan Mobil Agya VS Brio dari Spek, Harga dan Fitur Terbaru

Diposting pada

Goozir.com – Mobil Agya VS Brio memasuki babak baru persaingan mobil hatchack di Indonesia. TAM meluncurkan generasi terbaru Toyota Agya model dengan 2 varian yaitu LCGC dan Non LCGC seperti halnya yang dilakukan oleh Honda dengan Honda Brio.

Jika Honda punya Brio Satya dan Brio RS, maka Toyota punya Agya dan Agya GR Sport. Dengan varian yang hampir mirip, sejauh mana peta persaingan antara Agya VS Brio untuk model terbaru ini…

Sebagai generasi terbaru, Agya memiliki banyak perubahan dibandingkan dengan model sebelumnya. Anda bisa melihatnya dari segi eksterior, interior, fitur dan desain yang baru dari Toyota Agya.

Sementera Honda Brio masih bertahan dengan model sebelumnya yang memang sudah terbukti disukai konsumen dan menyandang sebagai mobil City Car terlaris.

Tentunya Toyota tidak tinggal diam melihat Brio terus menerus menjadi dominan menguasai pasar Hatchback ini. Upgrade pun dilakukan terhadap Agya dan jadilah persaingan terbaru mobil Agya VS Brio.

Persaingan Agya VS Brio

Membahas Agya dan Brio maka yang diomongin tentunya untuk kelas LCGC, berbeda jika yang dibahas Agya GR Sport VS Brio RS tentu yang dibahas kelas non LCGC.

Goozir.com sendiri bakal membahas keduanya baik yang LCGC maupun non LCGC. Nah untuk yang pertama mari bahas yang LCGC dulu ya….

Agya naik kelas, boleh dibilang begitu. Perubahan dilakukan pada sisi spek ekterior, interior, mesin dan juga fitur.

Eksterior Agya VS Brio

Agya vs Brio Ekterior

Dari tampilan eksterior keduanya sudah menggunakan lampu utama LED. Namun untuk lampu lainnya nampak berbeda.

Brio Satya tampak menggunakan lmpau kabut dengan model bulat berbeda dengan Agya yang nampak terlihat menggunakan lamu model vertikal namun apa itu lampu kabut?

Keduanya juga sudah menggunakan velg alloy dan sama ukurannya yaitu 14 inci. Bedanya Agya menggunakan velg dengan palang 10 sedangkan Brio menggunakan velg palang 9.

Untuk gagang pintu Agya sudah menggunakan smart entry sistem, sementara Brio Satya sepertinya belum menggunakannya.

Keduanya untuk bagian belakang sama-sama menggunakan lampu model kombinasi. Agya dengan inner lens dan extentionnya sementara Brio tampil stylish.

Sementara eksterior kami cukupkan sampai disini ya… next bagian interior

Interior Agya vs Brio

Interior Agya
Interior Agya

Jika pada bagian eksterior masih sedikit perbedaan yang ada baik untuk Agya dengan Brio, namun untuk bagian interior mulai terasa perebdaannya.

Pada area depan jelas berbeda dengan kehadiran Head unit dengan layar 7 inci berkemampuan mirrorlink pada Agya sementara pada Honda Brio Satya tidak memilikinya.

Kemudian pada headrest pada Agya sudah terpisah baik pada bagian kursi depan maupun belakang, sementara pada Honda Brio hany headrest kursi belakang yang terlihat terpisah.

Yang berbeda lainnya adalah Paddle Shift, dimana Toyota Agya sudah memilikinya sementara Honda Brio Satya belum memilikinya.

Engine start stop juga sudah dimiliki oleh Toyota Agya sementara Honda Brio belum memilikinya pada varian satya.

Interior Brio
Interior Brio

Enaknya Brio sudah memiliki auto lock untuk kaca spion (karena spion nempel di pintu) dan pintu akan terkunci secara otomatis saat mencapai kecepatan tertentu.

Baik Agya maupun Brio sudah dibekali dengan Digital AC, Tilt steering dan tombol fungsi pada bagian setir.

Dibagian Interior Agya lebih unggul dengan kehadiran layar head unit, paddle shift, adjustable head rest dan tombol start stop.

Dan mengenai perbandingan interior juga kami cukupkan di sini.. selanjutnya fitur…

Fitur Agya VS Brio

Selain Brio Agya juga sudah dibekali dengan speed lock yang akan aktif saat kecepatan mencapai 15km/jam.

Fitur keselamatan lainnya yang hadir pada Agya meliputi Vehicle Stability Control (VSC), AABS+EBD, Hill Start Assist (HSA), sensor parkir belakang, 2 Air bag, Isofix, seat belt warning D+P dan Alarm & immobilizer sebagai fitur keamanan.

Fitur Agya

Apakah Honda Brio juga memiliki fitur yang sama dengan yang dimiliki oleh Toyota Agya?

Fitur Honda Brio sudahd ibekali dengan rangka G-CON + ACE yang berfungsi meredam dan menyalurkan energi benturan secara merata saat terjadi tabrakan yang tidak dapat dihindari.

Selain itu fitur lainnya yang ahdir ada ABS + EBD, Prentesioner with load limiter Seatbelt, 2 airbag.

Dari segi fitur untuk varian LCGC, Toyota Agya terlihat lebih unggul dengan kehadiran fitur isofix, VSC, HSA, alarm & immobilizer serta sensor parkir belakang.

Spesifikasi Agya VS Brio

New Agya dibekali dengan mesin baru 1.2 LWA-VE yang mampu menhasilkpower hingga 88PS pad 6000 rpm dan torsi 113Nm pada 4500 rpm.

Sedangkan Honda Brio dibekali mesin 1.2 Li VTEC dengan power 90PS pada 600rpm dan torsi 110Nm pada 4800rpm.

speifikasi Brio

Keduanya juga sudah tersedia transmisi CVT yang membuat mesin halus dan lebih ngejambak.


Spesifikasi lengkap bisa Anda baca pada artikel di bawah ini

Harga Agya VS Brio

Kelas LCGC tidak seperti dulu yang banderolnya masih ada yang di bawah 100 juta kini banderolnya rata-rata sudah di atas 100 juta rupiah.

LCGC Agya terbagi dalam varian E, M dan G dimana seria E merupakan spot order jadi harus inden.

Harga LCGC Agya ada pada varian E M/T yang dibanderol Rp167.900.000. Varian yang lebih tinggi diabanderol dengan arga Rp175.400.000 untuk varian 1.2 G M/T dan Rp191.400.000 untuk varian 1.2 G CVT.

Sementara itu LCGC Honda Brio terdiri dari varian E dan S

Varian termurah ada pada varian Brio Satya S M/T yang dibanderol dengan harga Rp167.900.000.

Varian lain dibanderol dengan harga Rp182.200.000 untuk Brio Satya E M/T dan Rp198.300.000 untuk Brio Satya E CVT.

Dengan harga lebih mahal dari Brio Satya Toyota Agya memiliki lebih banyak fitur dan kelengkapan dibandingkan dengan Honda BRIO Satya.

Kesimpulan…

Akhirnya sampai pada akhir pembahasan Agya VS Brio di kelas LCGC.

Jadi mau beli yang mana? honda Brio atau Agya?

Secara harga, Toyota Agya lebih mahal dari Brio namun dari segi fitur Toyota Lebih lengkap.

Dari segi aftersales, keduanya memiliki bengkel resmi yang mudah ditemuai dibberbagai kota.

Keputusan tentu ada di tangan Anda sebab keduanya bermain disegmen yang sama kelas LCGC 5 penumpang dengan harga dibawah 200 juta rupiah.

Demikian komparasi singkat Toyota Agya VS Brio Satya, semoga berguna…

Baca juga info pilihan berikut ini

Follow Us

Instagram : Goozirblog

FB Page : Goozircom

Twitter : Goozircom 

Telegram : Goozircom

Youtube : Goozirblog

Gambar Gravatar
Otomotif adalah salah satu topik yang sangat dinamis berubah dari waktu ke waktu sehingga menulis dengan topik otomotif menjadi sangat menarik