Aki Soak Tanda dan Ciri Serta Cara Perbaikan

Aki Soak Tanda dan Ciri Serta Cara Perbaikan

Posted on

Goozir.com – Otomotif lover, Aki adalah salah satu part vital baik pada sepeda motor maupun mobil. Aki soak bakal menjadi masalah sendiri baik untk motor maupun mobil. Aki diperlukan saat menyalakan mesin mobil muupun motor. Ditambah lagi pada jaman sekarang dimana motor dan mobil sudah injeksi dan sangat bergantung pada listrik. Aki tekor atau soak bakal jadi masalah besar.

Ciri – Ciri Aki Soak dan Cara Perbaikan

Saat ini aki ada 2 mode,l ada yang model basah dan ada yang model kering. Model kering biasanya dilabeli aki MF (Maintenance Free). Untuk aki basah bila dirawat dengan baik akan lebih awet. Namun untuk aki kering lebih praktis dan tidak butuh perawatan berkala. Namun kelemahnnya saat rusak harus segera di ganti, susah untuk diperbaiki.

Ciri – Ciri aki Soak

Aki yang sudah soak artinya aki sebagai penyimpan energi listrik sudah tidak mampu lagi meyimpan listrik secara penuh atau umur aki sudah masuk masa pensiun sehingga kemampuan menyimpan enegi litrik menjadi turun. Berikut ciri aki yang sudah soak.

Mesin mati / tidak bisa dinyalakan

Fungsi aki salah satunya untuk menyalakan mesin saat pertama kali kendaraan distarter. Saat dinyalakan mesin tidak mau hidup, bisa menjadi ciri aki yang digunakan sudah soak. Atau saat kendaraan hidup namun kemudian mati juga bisa menjadi salah satu ciri aki yang digunakan sudah masuk masa pensiun alias soak.

Bau menyengat saat mesin kendaraan di nyalakan

Ini biasanya terjadi pada aki basah. Sel sel komponen aki rusak. Sehingga pada saat mesin dinyalakan air aki akan mengeluarkan bau tidak sedap dan biasanya air aki mendidih. Bila sel – sel komponen aki mengembung atau remuk maka aki harus di ganti.

Air aki menajdi keruh

Air aki yang sudah lamatidak diganti karena digunakan terus menerus akan menjadi keruh keruhnya air aki disebabkan oleh kotoran yang menumpuk.

Tegangan aki drop

Ciri aki soak lainnya adalah tegangan aki yang drop. Normalnya tegangan aki diangka 12 volt. Kalau tegangan aki sudah dibawah 10 volt maka sudah tanda- tanda aki harus di ganti karena soak.

Konslet

Konslet atau short akibat arus pendek bisa membuat aki soak. Jadi jika ada bagian kendaraan ada yang konslet dan langsung terhubung ke aki biasanya aki akan soak akibat kelebihan beban. Goozir pernah ngalamin sendiri viting lamopu depan konslet gara – gara kena cipratan air. Akhir nya konslet dan aki jadi soak.

Klakson tidak nyaring dan lampu redup

Itu juga salah satu ciri aki soak. Klakson tidak nyaring dan lampu redup akibat kurang asupan listrik yang menyuplai dua part tersebut.

Cara perbaikan aki soak

Pada dasarnya perbaikan aki soak bisa dilakukan namun biasanya tidak bisa bertahan lama. Misal aki drop maka bisa di chas ulang. Terus untuk aki basah bisa mengganti beberapa komponen dan mengisi dengan air aki baru, biasanya aki bisa normal kembali.

Cara di atas bisa saja dilakukan namun biasanya tidak seawet aki baru. Jadi kalau mau simple dan tidak ribet, untuk memperbaikan aki Soak lebih baik tidak dilakukan. Mending beli aki baru agar lebih aman dan lebih awet.

Jiak sudah mengalami aki soak biasanya lebih berjaga – jaga atau waspada terhadap penggunaan aki.

Untuk aki basah sebagai perwatan cek selalu secara berkala posisi air aki. Jangan sampe kehabisan

 

Nah itulah ciri dari aki Soak dan cara perbaikan -nya. Baca juga info pilihan goozir.com di bawah ini

Bagaiaman bro, harapannya bro dan sis tidak bingung dan sedikit banyak menjadi lebih mengerti dan paham terhadap aki soak sebagai tindakan preventif.

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"