Alasan Honda Belum Perlu ABS Untuk Vario 125 dan Beat
ABS

Alasan Honda Belum Perlu ABS Untuk Vario 125 dan Beat

Diposting pada

Goozir.com – Ada wacana dari dinas perhubungan untuk menjadikan ABS sebagai fitur standar pada sepeda motor berkubikasi kecil. Disegmen ini Honda punya cukup banyak motor mulai dari bebek hingga skutik. Khusus untuk skutik ada Vario 125 dan Honda BeAT selain itu juga ada Vario 110. Bagi Honda belum perlu  ABS untuk Vario dan Honda Beat. Ada beberapa alasan yang digunakan oleh Honda untuk tidak menggunakan ABS pada Vario 125, Vario 110 dan Beat untuk saat ini. apa saja? ikuti penelusuran goozir.com berikut ini

Belum Perlu ABS Untuk Vario 125 dan Beat

Salah satu pabrikan yaitu Yamaha sudah menggunakan komponen ABS pada salah satu metik 125 cc miliknya. Yamaha FreeGo sudah menggunakan piranti ABS sebagai fitur standar pada salah satu variannya. FreeGO S-ABS sudah menggunakan ABS dan dibanderol dengan harga 22,5 juta rupiah OTR Jakarta. Menyikapi hal tersebut dinas perhubungan ada wacana untuk mewajibkan motor kecil untuk memakai ABS sebagai fitur standar.

Nah Honda bereaksi terhadap wacana tersebut dengan berbagai alasan. Berikut beberapa alasan Honda terhadap ABS pada motor bekubikasi kecil di bawah 150 cc.

  1. Infrastruktur belum memadai

AHM beralasan bahwa infrastruktur dalam hal ini adalah jalanan di Indonesia. jadi menurut AHM jalan di Idonesia belum benar-benar bagus. Masih banyak jalanan yang tidak mulus. Memang kalau melihat jalanan di Indonesia masih ada yang bergelombang, berlobang dan belum semunaya beraspal mulus.

  1. Kecepatan

Di Indonesia dengan keadaan jalan di atas motor tidak bisa konstan berada pada kecepatan di atas 100 kpj. AHM membandingkannya dengan negara luar yang aspal mulus dan kecepatan tinggi bahkan motor bisa masuk tol. Jadi menurut AHM dengan kondisi yang saat ini dengan jalanan dan kecepatan yang tidak kencang maak ABS  belum perlu di aplikasikan sebai fitur standar.

  1. Harga

Pengaplikasian ABS pada motor berkubikasi kecil bakal meningkatkan harga jual motor itu sendiri. Katakan harga Beat Rp 15 jutaan maka jika menggunakan ABS minimal tambah 3 jutaan. Jadi harga Beat bisa tembus Rp 18 jutaan jika menggunakan ABS.

  1. CBS

AHM memang sudah menggunakan Combi Brake System pada mayoritas skutik buatannya. Menurut AHM, CBS sudah cukup mumpuni sebagai salah satu fitur keselamatan. CBS sendiri adalah sistem pengereman yang menyatukan rem belakang dan depan dalam satu tuas. Artinya saat melakukan pengereman dengan tuas rem belakang otomatis rem depan juga ikut tertarik. Jadi dengan satu tuas rem sudah melakukan pengereman depan dan belakang.

Itulah pertimbangan AHM mengapa Honda  belum perlu ABS Untuk Vario 125 dan  Beat. Jadi bagi AHM rem ABS untuk motor dengan kubikasi dibawah 150 cc belum saatnya menggunakan ABS. mungkin akan berbeda cerita jika nanti kedepannya Yamaha FreeGo laris manis terutama untuk varian ABS.

Opini Goozir.com Tterhadap Alasan Honda Belum Perlu ABS Untuk Vario 125 dan Beat

Bagi goozir sendiri wajar jika AHM berpikir dengan berbagai alasan untuk “mengelak” menggunakan ABS pada sepeda motor dibawah 150 cc. faktor harga menjadi kuncinya. Kita tahu AHM jualan paling laris mengandalkan Honda Beat, Vario 125 bahkan Vario 150. Kalau motor tersebut pakai ABS jelas harga akan naik bisa mencapai 3 jutaan lebih. Buat penjualan bisa sulit.

ABS adalah fitur penting pada sepeda motor. Kecepatan 100 kpj baru butuh ABS menurut goozir kurang pas. Justru karena sering stop dan go kita butuh ABS. bukankah jalan bentar terus kadang stop total dengan mendadak sering dilakukan? Justru kita butuh ABS saat itu agar saat ngerem mendadak bisa aman.

Terus lihat di jalan pantura. Jika AHM mau melihat di jalanan pantura Honda Beat, Vario 125 dan motor  Honda berkubikasi kecil lainnya jalannya kenceng – kenceng. Minmal 70 kpj. Apa iya 70 kpj juga tidak perlu ABS apa lagi jika ngerem mendadak.

Memang kalau pemerintah belum menetapkan ABS sebagai fitur standar maka pabrikan motor tidak akan menggunakn ABS sebagi fitur standar mereka. Kecuali Pabrikan yang mengerti apa yang di butuhkan konsumen selain dari harga motor yang murah namun tidak murahan.  Yamaha menjawab hal tersebut dengan menghadirkan FreeGO ABS.

Sebagai kebiasaan AHM yang biasanya mengikuti pabrikan lain yang sudah membuka pasar baru, seandainya FreeGo ABS laris manis ada kemungkinan Honda juga akan menghadirkan varian ABS untuk salah satu varian metik mereka khususnya yang berkubikasi kecil.

Baca juga info pilihan di bawah ini

 

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"