3 Fakta PCX Listrik Yang Perlu Diketahui
acara peluncuran Honda PCX Elctric di Indonesia (honda)

Alasan PCX Listrik Belum Dijual Ke Konsumen

Diposting pada

Goozir.com – Apa alasan PCX Listrik belum dijual ke konsumen? Honda PCX Listrik resmi dirilis oleh Astra Honda Motor namun belum di jual. Sistem yang digunakan sementara adalah persewaan. Yang bisa menyewa juga terbatas, hanya instansi atau perusahaan saja. jadi perorangan tidak bisa menyewa PCX Listrik. Tarif sewa PCX Listrik sebesar 2 juta rupiah perunit per bulan diluar biaya maintenance. Ada alasan tersendiri kenapa Honda PCX Listrik belum di jual ke ke konsumen

2 alasan PCX Listrik Belum Dijual ke konsumen

Sepeda motor listrik memang termasuk teknologi baru yang belum umum di gunakan. Di Indoensia sendiri belum berkembang bahkan aturan resmi juga belum ada. Namun dimasa depan sepeda motor listrik diprediksi akan booming.

Sebagai produk yang belum lazim ada motor listrik masih tergolong teknologi mahal. Hal tersebut bisa di lihat dari komponen baterai yang digunakan, belum lagi riset dan pengembangan. Semua masih butuh proses sebelum dilepas ke pasar bebas. Hal itulah yang melatar belakangi PCX Listrik belum dijual ke konsumen.

Setidaknya ada 2 alasan yang melatarbelakangi belum dijualnya Honda PCX Listrik ke konsumen.

Pertama, Cost yang tinggi. Sebagai produk yang baru akan berkembang, tentunya biaya yang dibutuhkan sangat banyak terutama untuk riset dan pengembangan. Jika biaya di bebankan ke konsumen maka harga PCX LIstik pun bakal tidak masuk akal.

Maka dari itu sekaligus melakukan riset habit berkendara, jarak tempuh dan kekuatan baterai AHM hanya menyewakan PCX Listrik sebagai tahap awal. Setidaknya butuh 2-3 tahun untuk melakukannya.

Ke Dua, AHM ingin bertanggung jawab soal pengelolaan baterai, dengan penyewaan secara B to B yang akan di lakukan menjadi lebih mudah untuk pengumpulan baterai sehingga tidak merusak lingkungan.

New Honda PCX Electric 2019 : Review Spesifikasi & Gambar
Baterai di bawah jok

Itulah bro and sis yang menjadi alasan PCX Listrik belum dijual ke konsumen versi AHM. Bagaimana dengan versi goozir?

Opini goozir alasan PCX Listrik belum dijual

Mengeluarkan produk baru dimana aturan resmi dari regulator belum ada memang menjadi tantangan tersendiri,dan itulah yang sedang dihadapi AHM. Dalam hal ini masalah limbah baterai dan lainnya seperti dokumen kelengkapan kendaraan.

Selain itu untuk sepeda motor listrik saat ini masih tergolong barang mahal. Lihat saja yang PCX hybrid saja dibanderol dengan harga 40,3 juta OTR Jakarta. Bisa dibayangkan jika PCX Listrik dijual, pastinya harga di atas PCX Hybrid.

Respon terhadap PCX Hybrid, setahu goozir belum terlihat satu unit pun di jalanan berbeda dengan PCX konvensioanal yang sudah bersliweran di jalanan. Dengan asumsi tersebut bisa dilihat masyarakat belum begitu antusias akan motor listrik.

Belum lagi kompetitor yang kabarnya akan mengeset harga motor listrik mereka diangka 20 jutaan rupiah, memang dengan nama besar Honda bukan tidak mungkin dengan harga sedikit mahal produk akan laku.

Baca : Berapa Harga Motor Gesits Kok Sudah Dipesan 30 Ribu Unit

Dengan sistem sewa AHM juga mudah memonitor jika nantinya PCX listrik bermasalah atau timbul masalah. Tindakan cepat juga bisa dilakukan karena pengguna terkonsentrasi pada titik tertentu. Bayangkan jika sudah di jual bebas dan timbul masalah akan lebih susah untuk megambil tindakan.

Menunggu semuanya tersedia seperti regulasi dan sarana prasaran semisal charger stasiun tersedia, memang logis jika AHM sementara main aman dengan menyewakan PCX Listrik. Dengan menyewakan AHM mempelajari respon konsumen potensial sekaligus menjadi test market serta melihat dan mempelajari kekurangan dari PCX Listrik. Hasilnya jelas akan dipelajari AHM dan bisa menjadi langkah strategis AHM selanjutnya untuk bergerak disegmen motor listrik.

Ok bro semoga berguna apa yang goozir infokan walaupun hanya sekedar opini.

Baca juga info pilihan di bawah ini.

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"