Analisa Yamaha Grand Filano ala goozir.com

Diposting pada
Sobat goozir, kita ketahui bersama beberapa hari yang lalu YIMM melaunching produk barunya di tanah air yaitu Yamaha Grand Filano. Skutik bergenre klasik nan unik yang terilhami dari skutik vespa sebagai skutik futuristik.

Dari spesifikasinya lumayan lengkap dari kunci sampai bagasi lebar bak kolam renang semut super luas. kita tidak mau bagas tuh fitur Grand Filano. Kita akan coba meraba merasakan bagaimana keberuntungan Grand Filano di pasar tanah air.

Seperti biasa ini adalah pendapat penulis Goozir.com pribadi dengan segala keterbatasan pengetahuan dan  pengalaman. Grand Filano sebagai skutik Jepang ala vespa, membrikan opsi lain bagi penggemar vespa di Inonesia. Bentuknya yang mirip dengan skutik vespa disinyalir untuk mengaet penunggang vespa untuk membeli Grand Filano.  Kita tahulah pengguna vespa fanatik banyak banget di Indonesia. Minimal sedikit bisa membuat para penggemar vespa melirik produk ini.
Komunitas vespa juga menjadi club tertua (setahu saya) di Indonesia. Dan jika YIMM mampu memanfaatkan keadaan ini ya bisa jadi 350 unit yang disediakan eksklusif  untuk satu tahun bisa abis tidak sampai setahun. Tinggal apakah eksklusifitas 350 unit ini akan di jaga atau akan di hilangkan? Pendekatan komunitas bisa dilakukan untuk produk ini, dengan memanggil komunitas vespa, untuk test ride biarkan mereka merasakan sensasi dan akselerasi berkendara dengan Grand Filano.  Jika hasilnya positif bisa jadi mereka akan memakai Grand Filano sebgai opsi kedua sebagai kendaraan mereka. Kalau mereka puas secara tidak langsung akan menyebar ke komunitas mereka.
Menurut artikel yang saya baca di blog blog terkenal tanah air, Grand Filano memang dibuat ekslusif untuk pasar Indonesia. Apa ekslusifnya? Ya jumlahnya itu yang hanya 350 unit. (eklusif kok cuma dari jumlah yang di batasi pemasarannya di Indonesia, strategi apa pula ini) padahal produk ini banyak di Thailand. setahu saya ekslusif yang jumlah sedikit namun dalam region yang sangat luas.
Kalau menurut  saya pribadi dengan bandrol 28 juta mending saya beli Nmax. Dah ABS sama sama skutik cc lebih besar dan lebih sporty. Memang kalau di lihat dari desain beda segmen pasar. Tapi kalau dilihat dari mesin ya mending Nmax harga lebih murah.
Apakah akan laku di Indonesia?
Susah sih kalau menjawab ini. Kalau YIMM mampu menggedor pasar dengan pendekatan komunitas misal seperi saya sebutkan diatas yaitu komunitas vespa. Ya tinggal pinta-pintar YIMM aja dalam pemasaran. Anggota komunitas vespa ribuan moso nglakuin 350 unit ga bisa. Yang paling tidak tawarin lah “ ini loh motor opsi kedua buat anda semua, disamping motor vespa  yang anda miliki”. Yamaha kan banyak tuh punya komunitas untuk produk produk mereka, kenapa ga melakukan pendekatan secara komunitas terhadap komunitas vespa?
Ok dah sekian dulu opini pribadi saya yang rada ngawur karena keterbatasan  pengetahuan dan pengalaman. semoga berguna…

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"