Arti Warna Busi Sepeda Motor Setelah Dipakai
Arti warna busi motor yang sudah dipakai

Arti Warna Busi Sepeda Motor Setelah Dipakai

Diposting pada

Goozir.com – Arti warna busi motor setelah dipakai. Busi menjadi bagian vital sepeda motor yang memicu terjadingan pembakaran di dalam mesin. Seiring dengan pemakaian busi, Warna busi akan berubah. Warna busi setelah di pakai ternyata memiliki arti yang berbeda untuk setiap warna yang ada.

Bagian inti elektroda, ground dan sekitarnya menjadi tempat terjadinya perubahan warna pada busi. Hal tersebut berkaitan dengan pengaturan suplai bahan bakar dan udara.

Arti Warna Busi Sepeda Motor

tips memilih busi untuk motor injeksi
Warna Busi Abu-abu/merah bata

Jika warna busi menjadi abu-abu atau merah bata setelah pemakaian artinya pembakaran didalam mesin normal. Campuran antara udara dan bahan bakar seimbang dan sesuai. Inilah warna busi yang normal setelah di pakai.

Warna Busi Putih

Warna busai putih setelah dipakai artinya campuran udara dan bahan bakar tidak seimbang. Lebih banyak udaranya dibanding dengan bensinya.

Akibatnya akselerasi motor makin lemot, bahan bakar menjadi boros. Untuk mengatasinya Anda bisa cek pada pengkabut bahan bakar. Jika sudah untuk lebih baiknya ganti busi baru.

Warna Busi Hitam dan Kotor

Warna busi yang hitam dan kotor setelah pemakaian artinya pencampuran bahan bakar dan udara tidak seimbang. Lebih banyak bahan bakar dibanding dengan udara.

Akibatnya sisa pembakaran berupa karbon menempel dibusi. Efeknya motor susah dinyalakan, mesin kurang tenaga dan boros.

Warna Busi Hitam dan Kotor oli

Busi berwarna hitam dan kotor karena oli artinya oli masuk ke ruang bakar. Oli masuk ruang bakar ditandai dengan asap putih pada knalpot.

Penyebab oli masuk ruang bakar karena ring piston sudah lemah atau liner piston baret. Kalaus udah terjadi maka harus dilakukan perbaikan pada piston.

Warna Busi  Aus

Elektroda yang aus mengakibatkan percikan api yang dihasilkan menjadi kecil dan kurang optimal.

Akibatnya akselerasi dan power sepeda motor turun. Jika sudah terjadi maka sebaiknya busi diganti dengan yang baru.

Busi memang memiliki peran penting untuk itu jangan salah pilih busi yang baik untuk motor injeksi. Ketahui juga perbedaan busi asli dan busi palsu agar tidak tertipu.

Demikian arti warna busi sepeda motor yang sudah dipakai, semoga berguna.

Info lainnya

Follow us :

IG: GOOZIRBLOG

FB Page : Goozircom

Twitter : Goozircom

Telegram : Goozircom

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"