Arti Warna Sekring / Fuse Motor Merah, Kuning, Biru, Hijau, Coklat
Warna-warna Fuse/sekring

Arti Warna Sekring / Fuse Motor : Merah, Kuning, Biru, Hijau, Coklat

Diposting pada

Goozir.com – Arti Warna Sekring / Fuse ternyata berpengaruh pada penggunaannya. Bicara sekring atau fuse merupakan komponen kelistrikan yang befungsi memotong arus listrik jika terjadi kelebihan beban atau aliran listrik yang tidak normal. Dengan adanya sekring maka rangkaian kelistrikan menjadi lebih aman. Tidak hanya rumah saja yang memiliki sekring / Fuse, namun kendaraan baik roda 2 atau 4 juga memiliki sekring sebagai pengaman jalur kelistrikan.

Arti warna Sekring / Fuse motor, Beda Warna Beda Ampere

Sepeda motor juga memiliki sekring yang berfungsi sebagai penjaga aliran listrik dari kelebihan muatan. Jadi sewaktu waktu ada kerusakn saluran listrik misal korslet bisa di cegah meluas dengan adanya sekring. Mekanisme kerja sekring akan memutus arus jika terjadi kelebihan beban dengan putusanya komponen pada bagian dalam sekring. Ada filamen atau sambungan tipis yang akan putis jika kelebihan muatan listrik.

Ternyata setiap sekring dengan warna berbeda memiliki daya tahan arus yang berbeda pula. Jadi setiap warna memiliki kemampuan menahan ampere makismal. Jika arus yang melewati sekring melebihi dari kemampuan fuse menahan arus maka sekring akan putus.

Kejadian sekring putus pada sepeda motor pernah terjadi pada goozir. Waktu itu motor tiba – tiba mati saat baru sampai di tujuan. Masuk parkir, motor tiba tiba mati. Kemudian di cek ternyata sekring putus. Kejadian terualang beberapa kali, dan ternyata ada kabel yang terbuka akibat gesekan denagn bagian segitiga bawah motor. Ternyata nempel besi / ground dan korslet untung akibat fatal dapat dicegah dnegan adanya fuse.

Baca : Mesin Motor Tiba Tiba Mati Sendiri, penyebab dan cara mengatasi

Karena ada nya Fuse atau sekring korslet yang membahayakan bisa dicegah. Karena sekring putus dan motor langusng mati. Itulah salah satu manfaat sekring untuk motor.

Untuk arti warna sekring motor berbeda antara warna merah, kuning, biru dan hijau. Jadi perhatikan sekring warna apa yang ada di motor anda untuk melakukan penggantian atau untuk membeli untuk stock.

Arti warna sekring motor ternyata beda warna beda ampere maksimum yang bisa melewati. Berikut daftar warna sekring dan artinya.

Daftar Warna Sekring /Fuse

#Sekring Merah : 10 A

#Sekring kuning : 20 A

#Sekring Biru : 15 A

#Sekring Coklat : 7,5 A

#Sekring hijau : 30 A

#Sekring Orange : 5 A

#Sekring transparan / bening 25 A

A= Ampere

jadi setelah mengetahuii arti warna Sekring, jangan sampai salah membeli sekring ya bro. misal mau stok buat backup jika perjalanan jauh bisa sesuai kebutuhan.

Bagaimana jika sekring yang di gunakan lebih besar atau lebih kecil amperenya dibanding yang seharunya. Contoh harusnya pakai sekring 10A namun memakai sekring 15 A atau 5 A apa yang akan terjadi?

Jika memakai Sekring 5A padahal seharunya pakai 10A maka sekring akan sering putus karena tidak kuat menahan arus. Sedangkan jika memakai sekring 15 A maka kabel yang akan kalah sehingga kabel bisa hangus atau terbakar.

Itulah bro and sis info singkat dan sedikit penjelasan berkaitan dengan warna Sekring dan penggunaannya. Semoga berguna.

Baca juga info pilihan  di bawah ini

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"