Asuransi Mobil : Jenis, Premi & Manfaat
mobil penyok (ahmedfikreatif)

Asuransi Mobil : Jenis, Premi & Manfaat

Diposting pada

Goozir.com – Seberapa penting asuransi mobil? Buat anda yang memiliki mobil apa lagi yang beli secara kredit biasanya sudah include asuransi pada tiap pembayaraan cicilan. Asuransi sendiri adalah perjajian 2 pihak dimana salah satu pihak membayar kewajiban iuran dan pihak lain berkewajiban memberikan jaminan kepada pembayar iuran saat sesuatu terjadi pada pemberi iuran atau barang milik pemberi iuran sesuai dengan perjanjian.

Jadi kalau asuransi mobil adalah perjanjian yang dilakuakan oleh pemilk mobil dengan penyelenggara asuransi untuk mendapatkan manfaat asuransi berdasarakan perjanjian yang sudah dilakukan. Pengguna asuransi harus membayar premi jika ingin mendapatkan manfaat sesuai perjanjian.

Jenis – Jenis Asuransi Mobil

Pada umumnya penyelenggara Asuransi memberikan pilihan antara 2 jenis asuransi yaitu All Risk/Comprehensive dan TLO (Total Lost Only). Kedua jenis asuransi untuk mobil tersebut memiliki perbedaan dalam cakupan jaminan yang bisa diklaim.

1. Asuransi All Risk / Comprehensive

Jika di artikan dalam bahasa Indonesia secara bebas berarti semua kerusakan atau resiko ditanggung oleh pihak asuransi. Biasanya premi yang harus dibayar oleh pengguna asuransi lebih mahal jika memilih asuransi jenis all risk.

Keuntungan menggunakan asuransi mobil All Risk, semua jenis kerusakan dari rusak ringan, rusak berat dan kehilangan akan dijamin oleh asuransi. Asuransi all risk disebut juga asuransi Comprehensive. Memang secara premi lebih mahal.

2. Asuransi TLO (Total Lost Only)

Asuransi TLO untuk mobil preminya lebih murah dari Comprehensive namun secara penggantian kerugian, terutama untuk kerugian kecil misal lecet tidak di layani.

Perbaikan akan dilakukan jika kerusakan lebih dari sama dengan 75 persen dari harga mobil sebelum terjadi kerugian atau kehilangan karena dicuri baru mendapatkan jaminan kerugian dari Asuransi.

Jika dibandingkan maka lebih baik menggunakan asuransi all risk dari pada TLO sebab jaminan yang diberikan lebih luas. Memang secara iuran premi lebih besar, tetapi jika dbandingkan manfaat yang akan diterima maka sebanding.

Perluasan Jaminan Asuransi

Bagi yang menginginkan jaminan asuransi akibat kejadian alam seperti, gempa bumi, tsunami, tanah longsor, gunung meletus, banjir, angin topan dan badai bisa mengajukan perluasan jaminan kepada pihak pemberi asuransi.

Perluasan jaminan juga berlaku untuk kerusuhan , huru hara dan tanggu jawab hukum pihak ke tiga. Jika mengajukan perluasan jaminan maka ada biaya tambahan yanga akan dikenakan

Premi Asuransi Mobil

Premi asuransi merupakan sejumlah uang yang harus dibayarkan setiap bulan sebagai kewajiban dari pengguna asuransi (pemegang polis) dengan besaran sesuai dengan perjajian yang sudah di sepakati.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa besaran premi yang harus dibayar untuk TLO lebih murah dibandingkan dengan asuransi All Risk. Sobat bisa melihat besaran premi berdasarkan harga kendaraan baik untuk TLO maupun komprehensif.

Besaran Premi Asuransi Kendaraan

Harga kendaraanAll Risk (Persen)TLO (Persen)
0 – 100 Juta30.8
100 – 150 Juta2.50.8
150 – 300 juta20.8
300 – 500 juta1.750.8
500 – 800 juta1.50.8
>800 juta1.50.8
Truk2.50.9

Besaran Nilai Perluasan Jaminan

ResikoAll RiskTLO
Tsunami, Gempa bumi0.15 persen0.05 persen
Banjir0.35 persen0.13 persen
Kerusuhan0.35  persen0.13 persen
Terorisme , Sabotase0.15 persen0.05 persen

Perkiraan besarnya premi sudah tahu, jenis – jenis asuransi untuk mobil juga sudah tahu. Keputusan untuk memilih jenis asuransi mana yang akan di ambil dan dengan tambahan perluasan asuransi atau tidak, keputusan ditangan anda.

Yang pasti ada manfaat dari menggunakan asuransi kendaraan. Berikut beberapa manfaat yang bisa anda peroleh saat ikut asuransi khususnya untuk mobil kesayangan anda.

Manfaat Asuransi Mobil

1. Kepastian Biaya

Menggunakan kendaraan roda empat tentu memiliki risiko yang tidak sedikit. Bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan kita tidak tahu berapa biaya yang akan dikeluarkan untuk perbaikan.

Jika kerusakan berat maka biaya yang ditanggung semakin besar. Kalau anda ikut asuransi maka anda akan lebih tenang sebab sudah ada yang menjamin dan bisa diperkirakan biaya yang timbul dari risiko yang ada.

2. Efisiensi Biaya

Kerusakan dijamin oleh asuransi dan anda hanya membayar premi sesuai polis yang ada. Dengan berasuransi berarti anda sudah meminimalisir biaya.

3. Rasa Aman

Anda akan merasa aman dan lebih berkonsentrasi dalam berkendara. Sebab  dengan berasuransi memberikan rasa aman terhadap sesuatu yang tidak diinginkan. Selain itu anda juga akan merasa terlindungi.

4. Melindungi dari risiko pencurian kendaraan

Walaupun sudah aman seaman amannya , tetap saja hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi. Harga mobil tidak murah, jika terjadi pencurian maka ada kompensasi yang akan diberikan oleh pihak asuransi sesuai dengan perjanjian.

5. Membantu bertanggung jawab terhadap pihak ke tiga

Asuransi juga bisa mengambil alih tanggung jawab pemegang polis terhadap pihak ke tiga jika terjadi kecelakaan. Misal A terlibat kecelakaan dengan B, pihak B minta perbaikan mobil maka pihak asurasni bisa mengambil alih tanggung jawab pihak A terhadap B untuk perbaikan mobil.

Nah itulah 5 pentingnya memiliki Asuransi Mobil bagi anda yang memiliki mobil. Asuransi memang berat jika anda hanya puya duot pas-pasan namun memaksakan diri punya mobil.

Ok bro and sis semoga info singkat tentang asuransi kendaraan khususnya mobil bisa memberikan wawasan baru untuk kita semua. Semoga berguna.

Baca juga info pilihan di bawah ini

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"