Ban Tanpa Udara (Airless Tire) Buatan TNI AD, Keren….!!!!

Ban Tanpa Udara (Airless Tire) Buatan TNI AD, Keren….!!!!

Diposting pada

Goozir.com – Ban tanpa udara atau Airless Tire sudah bisa dibuat oleh Tentara Nasional Indonesia Agkatan Darat melalui politeknik Kodiklatad. Keren dan tentunya harapan baru untuk mensupport peralatan perang dan kendaraan operasi TNI Angkatan Darat. Airless Tire berarti ban tidak perlu dipompa untuk mengisi angin ke dalam ban. Bentuknya sendiri unik dan tentunya bisa dipakai layaknya ban kebanyakan tanpa perlu takut bocor.

Latar Belakang Lahirnya Ban Tanpa Udara / Airless Tire

Bro dan sis bisa membayangkan tidak, saat lagi perang sengit ban kendaraan tempur kena peluru? Ya kalau ban bisa kempes dan bisa oleng bahkan bisa guling kalau lagi berjalan cepat. Kan ada ban run flat tire?

Run flat tire adalah ban yang mampu menahan terjangan proyektil peluru. Jadi saat ban run flat tire kena peluru tidak langsung gembes (abis angin). Namun hal tersebut hanya bersifat sementara. Selebihnya harus keluar dari medan tempur dan ganti ban.

Tidak demikian jika menggunakan Airless tire yang sudah di kembangkan oleh TNI AD. Dengan ban tersebut walaupun kena terjangan peluru tidak akan gembes, sebab memang ban tersebut tidak menggunakan udara.

Mungkin itulah yang menjadi latar belakang di buatnya airless tire oleh TNI AD, untuk membuat kendaraan perang dan operasi bisa terus menjalankan tugasnya walaupun peluru menerjang sehingga lebih efisien dalam penggunaan ban.

Spesifikasi Ban Tanpa Udara / Airless Tire TNI AD

Airless tire buatan TNI AD merupakan 3 gabungan bahab  karet ban, velg  besi dan ruji lentur yang dibentuk dalam satu kesatuan yang unik. Bagian terluar yang menempel ke tanah berupa karet. Sedangkan untuk bagian ruji  lentur terbuat dari bahan polyurethane dengan model sarang tawon.

Bahan  velgnya yang terhubung ke as roda terbuat dari bahan baja. Untuk ukurannya sendiri, untuk velg berdiameter 30 cm dengan lebar 23,5 cm. kemudian untuk ruji yang lentur dengan bentuk sarang tawon memiliki ukuran diameter 76 cm dan lebar 8 m. untuk karet terluar punya ukuran diamter 82 cm, tebal 3 cm dan lebar 23.5 cm.

Ban Tanpa Udara  (Airless Tire) Buatan TNI AD, Keren….!!!!
AIRLESS TIRE TNI AD

Proses Pembuatan Ban Tanpa Udara / Airless Tire TNI AD

Inovasi ban tanpa udara oleh TNI AD dibuat dengan melalui printer 3  dimensi menggunakan bahan daur ulang. Jadi saat masa pakai habis airless tire tersebut bisa di daur ulang. Intinya dengan hadirnya Airless tire buatan TNI AD sanggup meningkatkan efisiensi dan membuat kendaraan lebih ramah lingkungan.

Keunggulan Ban tanpa Udara / Airless  Tire TNI AD

Dari nama banya saja kita sudah bisa mengabil kelebihan apa yang ditawarkan oleh ban tanpa udara / Airless Tire buatan TNI Angkatan Darat ini.

  1. Tidak perlu dipompa karena tidak perlu isi udara.
  2. Tahan terhadap peluru (tidak bocor).
  3. Lebih mudah menyesuaikan dengan medan (dibuat dengan 3D Printing).
  4. Lebih Efisien (tidak perlu ganti ban saat kena peluru)
  5. Ramah lingkungan (bisa didaur ulang.

Itulah kelebihan dari Airless tire

Kita patut bangga dan mengapresiasi perjuangan TNI AD. Bukan hanya dalam perang namun dalam berinovasi. Bravo TNI AD dan selamat menggunakan ban tanpa udara / AIRLESS TIRE.

Baca juga info pilihan dibawah ini

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"