Baterai IBM Baru Tanpa Nikel dan Kobalt

Baterai IBM Baru Tanpa Nikel dan Kobalt Tahan Lama

Diposting pada

Goozir.com – International Business Machine (IBM) berhasil menemukan baterai jenis baru tanpa Nikel dan Kobalt. Baterai IBM Baru tersebut diklaim lebih stabil, lebih aman dan lebih tahan lama.

Akhir-akhir ini kendaraan listrik makin banyak diperbincangkan bahkan pabrikan mobil, motor sudah mulai menjual produk kendaraan listrik mereka. Ada yang masih semi listrik dan ada yang sudah full listrik.

Namun kendaraan Listrik sekarang masih banyak yang diterpa isu mudah tebrbakar. Hal tersebut didasarkan pada potensi baterai yang bisa menimbulkan kebakaran. Baterai kendaraan yang saat ini digunakan masih berjenis Lithium ION.

Hadirnya baterai baru buatan IBM bisa jadi solusi baterai kendaraan listrk dimasa yang akan datang.

Baterai IBM Baru

Nikel dan Kobalt termasuk golongan logam berat. Sedangkan temuan baru baterai IBM tidak mengandung Nikel dan Kobalt, lalu apa bahan yang digunakan?

Tim research IBM menemukan kimia baru tanpa kandungan logam berat yang dihasilkan dari ektrak air laut. Komposisi baru IBM Baterry hadir dengan kemampuan yang lebih dibanding baterai Lithium ion.

Kelebihan baterai IBM diklaim lebih berbiaya murah, waktu isi ulang lebih cepat, daya yang lebih tinggi dan padat, efisien dan tidak mudah terbakar.

Dari pengujian yang dilakukan oleh tim research IBM cukup 5 menit isi ulang, baterai bisa terisi hingga 80 persen. Dengan bahan lebih murah dan pengisian cepat maka baterai kendaraan listrik impian bisa jadi kenyataan.

Baterai IBM bisa didesain dengan kapsitas yang melebihi daya baterai Lithium tertinggi saat ini.

Kedepannya baterai pengembangan dari IBM bisa diapliaksikan pada kendaraan, pesawat bahkan pembangkit listrik cerdas dimana stabilitas dan tahan lama jadi kuncinya.

Kelebihan Baterai IBM Baru

Baterai IBM

Biaya Rendah, Katoda yang digunakan bebas dri logam berat seperti Nikel, Kobalt dan material logam berat lainnya.

  1. Pengisian Daya Cepat, untuk mengisi 80 persen daya hanya butuh waktu sekitar 5 menit saja.
  2. Kapitas Daya Tinggi, Kapasitasnya bisa lebih dari 10.000W/L (Lebih tinggi dari kapasitas baterai Lithium Ion saat ini)
  3. Kepadatan energy tinggi,lebih dari 800Wh/L dibanding baterai Li-ION
  4. Efisiensi energy tinggi, lebih efisien hingga 90 persen dihitung dari rasio energi yang terlepas saat pengisian baterai.
  5. Elektrolit yang tidak mudah terbakar.

Untuk penggunaan secara komersil IBM telah bekerjasama dengan Mercedes-Benz dan Development North America, Central Glass sebagai salah satu penyuplai baterai terbesar di dunia.

Baterai akan terus dikembangakan sampai terbentuk ekosistem yang mampu mendukung dan bisa dijual secara komersil.

Demikian info teknologi baterai terkini yang dihasilkan oleh IBM, semoga berguna.

baca juga info pilihan di bawah ini

Follow us

IG : Goozirblog

Facebook : Goozircom

Twitter : Goozircom

Telegram : Goozircom

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"