Bengkel Motor Resmi Honda : Main Ganti & Penyakit Kecil Digedein
Pebedaan bengkel umum dengan bengkal resmi

Beda Bengkel Motor Resmi Dengan Bengkel Umum

Diposting pada

Goozir.com – Ada yang tahu bedanya bengkel motor resmi dan umum? Konsumen tidak jarang memilih bengkel motor umum dibanding dengan bengkel motor resmi. Alasannya pun beragam dan kepuasan pelanggan juga berbeda.

Bengkel motor resmi adalah bengkel motor yang berafiliasi dengan APM. Biasanya usaha yang dilakukan juga meliputi penjualan dan juga spare part. Di Indonesia sendiri ada banyak merek motor yang yang memiliki bengkel sendiri yang diakui sebagai bengkel resmi.

Sedangkan bengkel motor umum adalah bengkel motor yang dimiliki oleh seseorang namun tidak berafiliasi dengan salah satu merek. Bengkel umum biasanya menerima seluruh merek untuk perbaikan, perawatan dan sebagainya.

Beda Bengkel Motor Umum Dan Resmi

Selain perbedaan di atas masih ada perbedaan lain yang bisa digali dari bengkel motor umum dan bengkel motor resmi.

Kepemilikan bengkel resmi bisa juga dimiliki oleh orang pribadi namun tentunya dengan modal yang besar. Tak jarang aturan bengkel resmi berbeda antara satu bengkel dengan bengkel resmi lainnya.

Layanan Bengkel Motor

Layanan bengkel resmi menjadikan jaminan dan nilai garansi menjadi nilai jual. Ditambah lagi dengan skala bisnis yang besar bengkel resmi menyediakan fasilitas lebih dengan ruang tunggu nyaman, minuman gratis dan sebagainya.

Bicara dilapangan memang demikian adanya. goozir.com sendiri kalau ke bengkel resmi Yamaha mendapatkan fasilitas tersebut. Ruang tunggu dengan tivi, minumn gratis dan kadang ada wifi gratis.

Belum lagi dengan jumlah bengkel yang dimiliki lebih dari satu. Satu PT sebagai penjual dan bengkel resmi yang bekerja sama dengan APM biasanya memiliki lebih dari datu dealer/bengkel. Misal DAM yang mengusai Jawa Barat, Mataram sakti yang menguasai Jawa Tengah dan sebagainya.

Bengkel resmi memiliki modal kuat dan didukung oleh sumber dana yang besar. Bukan hanya dari pemilik namun juga dari jualan spare part secara “Cerdik”.

Cerdik di sini bukan dalam arti yang sebenarnya namun bengkel resmi terkesan memaksa konsumen untuk mengganti suku cadang walaupun suku cadang tersebut masih memiliki usia pakai lebih lama.

Goozir.com sendiri pernah hampir mengalami hal tersebut, ceritanya waktu itu motor mengalami bunyi berdecit di bagian CVT, dari pihak mekanik bengkel opsinya ganti kampas ganda dan kawan-kawannya.

Padahal saat dilihat kampas ganda masih tebal dan akhirnya goozir.com tidak mau ganti biarlah bersihin aja. Akhirnya dibiarin saja dan tidak ganti. Sampai sekarang kampas ganda masih bekerja denga baik bahkan suara decitnya hilang dengan sendirinya.

Kabarnyanya jika ada part motor yang diganti mekanik mendapat fee atau bagian dari duit pembelian part teresebut. Entah benar atau tidak yang goozir.com ketahui demikian.

Cara Kerja

Cara kerja bengkel motor umum dengan bengkel motor resmi ada perbedaan terutama dalam mengatasi masalah keluhan konsumen. Bengkel resmi lebih cenderung mengganti part dibanding mengakali masalah yang timbul.

Namun bukan itu saja, bengkel motor resmi terkesan membesar-besarkan masalah untuk persoalan penyakit motor yang kecil.

Pengakuan salah satu mantan pegawai begkel resmi Honda, Pak Iwan S dikutip dari detik.com berujar

“yang jelas bengkel resmi main ganti. Poin utama main ganti kedua penyakit kecil digede-gedein. Yang saya alami waktu saya di Honda begitu”

Itu pengakuan salah satu mantan mekanik Honda loh bro…

Sistem kerja di bengkel motor resmi memang tidak mau pusing dan ngakal-ngakalin walaupun part masih layak pakai. Memang tidak semua seperti itu namun yang dirasakan Pak Iwan S seperti itu dulunya.

Bengkel umum memiliki kelebihan di cara kerja ini. Bengkel umum bertindak berdasarkan keinginan konsumen, membetulkan penyakit yang di keluhkan konsumen dan memberikan opsi yang lebih manusiawi.

Bengkel umum biasanya memberikan pelayan perbaikan dan mau mengakali part yang berpenyakit jika memang masih layak pakai. Ini jelas berbeda dengan bengkel resmi yang kesannya dilarang ngakali dan maunya ganti part baru.

Pemilik bengkel umum biasanya sadar bahwa pelayanan yang bagus akan membuat konsumen setia dengan bengkel mereka. Jadi cara kerja dan layanan menjadi nilai jual mereka.

Tidak jarang bengkel umum memiliki pelanggan tetap karena konsumen merasa puas dengan cara kerja mereka. Memberikan opsi-opsi perbaikan menjadi nilai lebih mereka.

Keahlian mekanik bengkel motor umum biasanya berani diadu dengan mekanik bengkel resmi. Bahkan mantan mekanik bengkel resmi berani adu keahlian dengan mekanik bengkel resmi. Bengkel umum paling kalah dalam segi teknologi alat perbaiakn saja.

Pengalaman perbaikan jelas lebih banyak bengkel umum karena menangani berbagai merek motor dan bengkel resmi hanya menangani satu merek saja. Mekanik bengkel resmi tak jarang adalah mekanik baru yang minim pengalaman dan digaji kecil pula.

Biaya Perbaikan

Biaya perbaikan atau pun perawatan di bengkel motor resmi sudah ada nilainya sendiri. Misal perawatan sekian, bersihin cvt sekian dan sebagainya.

Ada daftar harga dari setiap perbaikan, perawatan dan part pengganti yang digunakan. Belum lagi biaya jasa dan lainnya bila ada.

Untuk bengkel umum tidak seperti di bengkel resmi. Soal biaya perawatan, perbaikan dan spare part serta biaya lainnya bisa nego. Bahkan jika kenal dekat pemilik bisa mendapatkan harga spesial.

Sistem kerja di bengkel motor resmi cenderung kaku dan kurnag fleksibel dengan protap dan aturan yang ada. Bengkel motor umum lebih fleksibel, santai dan informatif.

Demikian perbedaan bengkel umum dan bengkel resmi motor. Soal keahlian secar umum lebih jago bengkel umum. Secara jaminan dan spare part lebih unggul bengkel resmi.

Baca juga info pilihan di bawah ini

Follow goozir.com

IG : GOOZIRBLOG

FB Page : Goozircom

Twitter : Goozircom

Telegram : Goozircom

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"