Beda Honda ADV 150 ABS ISS Dengan CBS ISS
Honda ADV 150 ABS putih

Beda Honda ADV 150 ABS ISS Dengan CBS ISS

Diposting pada

Goozir.com – PT Astra Honda Motor (AHM) secara resmi meluncurkan Honda ADV 150 dalam 2 tipe yaitu Honda ADV 150 ABS ISS dan Honda ADV 150 CBS ISS. Beda Honda  ADV 150 ABS dengan CBS  memiliki beberapa perbedaan walapun dari segi mesin tidak ada bedanya.

Fitur Honda ADV ABS CBS ISS memiliki sumber pencahayaan all LED, baik lampu depan sein maupun lampu belakang. Bagian depan juga sudah menggunkana Daytime Running Light (DRL)

Bagian panel instrument sudah menggunakan model full digital yang menyajikan informasi secara lengkap. Ada indikator aki, suhu luar, konsumsi bahan bakar rata-rata, konsumsi bahan bakar instant, indikator ganti oli, jam, tagggal trip A dan trip B.

Fitur lain yang tak kalah keren adalah hadirnya Windshield yang adjustable. Kaca penangkal angin bisa di rubah kedudukan tingginya walaupun masih secara manual, belum elektrik seperti Forza.

Berbekal tangki BBM 8 liter ADV 150 bisa nembus 373 km dalam sekali isi fultank berdasarkan penegtesan internel AHM dengan ISS hidup metoda ECE R40 EURO 3.

Bagasi bawah jok di berikan volum 28 liter cukup luas untuk masuk sebuah helm walaupun tidak semua helm bisa masuk di dalamnya.

Beda Honda ADV 150 ABS ISS Dengan CBS ISS

Goozir sendiri mendapati pertanyaan disebuah grup di FB yang mempertanyakan perbedaan antara ADV 150 ABS dengan ADV 150 CBS. Dari pada ngetik kepanjangan di grup mending dibuat artikel.

Sebagai dasar kita harus tahu terlebih dahulu apa itu ABS dan CBS. Keduanya merupakan sistem pengereman yang sudah biasa digunakan pada sepeda motor.

Fitur Honda ADV 150 ABS ISS – CBS ISS

Sistem ABS

ABS (Anti-lock Braking System ) merupakan sistem pengereman dengan menggunakan sistem yang dikontrol oleh sebuah program yang mencegah kaliper nge-lock saat terjadi pengereman secara mendadak. Dalam satu detik terjadi sekitar 40 kali gerakan kaliper membuka dan menjepit piringan cakram.

Dengan ABS pengereman mendadak menjadi lebih aman  dan menjauhkan dari kecelakaan. Bayangkan saat ngeremn mendadak tanpa ABS bisa – bisa rem ngunci, motor bisa salto. Ngeri…

Sistem CBS

System CBS merupakan sistem pengereman yang memberikan tekanan pada kaliper depan maupun belakang secara bersamaan. Jadi saat menarik tuas rem belakang rem depan juga ikut ngerem.

Kalau sistem pengereman CBS yang sesungguhnya ada sensor yang ada di rem depan sehingga pengereman menjadi tetap aman. Namun pada motor Honda CBS yang beredar di Indonesia bukan CBS yang sesungguhnya jadi masih ada kemungkinan sistem ini bisa membuat celaka.

Sudah ada beberapa kasus yang pernah goozir baca gara gara rem CBS malahan celaka. Hal tersebut terjadi karena setting CBS kurang tepat dan tidak adanya sensor yang bekerja pada rem depan.

Honda ADV 150 ABS ISS

Honda ADV 150 ABS ISS memiliki fitur Emergency Stop Signal (ESS) yaitu fitur yang secara otomatis akan mengaktifkan lampu hazard saat melakukan pengereman mendadak. Sehingga dapat memberikan peringatan kepada pengendara lain disekitarnya terutama bagian belakang.

Fitur lainnya adalah Idling Stop System (ISS) yaitu sistem yang membuat mesin mati sementara dan bisa hidup lagi hanya dnegan memutar gas. Fitur ini perlu diaktifkan dan butuh syarat tertentu untuk berfungsi

Honda ADV 150 CBS ISS

Honda ADV 150 CBS ISS memiliki fitur Idling Stop System (ISS) dan CBS namun tidak memiliki Fitur Emergency Stop Signal (ESS).

Pilihan Warna Honda ADV 150 ABS ISS – CBS ISS

Beda Honda ADV 150 ABS ISS  dengan CBS ISS selanjutnya adalah pada pilihan warna yang disediakan oleh AHM untuk masing – masing tipe.

Honda ADV 150 ABS ISS memiliki 2 pilihan warna yaitu :  Advance Red dan Advance White

Sementara itu Honda ADV 150 CBS ISS memiliki 4 pilihan warna yaitu : Tough Matte Brown, Tough Silver, Tough Matte Black dan Tough Red.

Harga Honda ADV 150 ABS ISS – CBS ISS

Honda ADV 150 ABS dan CBS memiliki banderol harga yang berbeda. Honda ADV 150 ABS ISS memiliki banderol harga Rp 36.500.000 On the Road Jakarta dan Harga Honda ADV 150 CBS ISS dibanderol Rp 33.500.000.

Itulah bro and sis beda Honda ADV 150 ABS ISS dengan CBS ISS. Kedua tipe Honda ADV 150 tersebut memiliki perbedaan pada fitur pengereman, ESS, pilihan  warna dan banderol harga .

Semoga dengan penjabaran di atas dapat memberi jawaban perbedaan antara Honda ADV 150 tipe ABS dengan Honda ADV 150 tipe CBS.

Baca juga info pilihan di bawah ini

Follow us

IG : Goozirblog

Facebook : Goozircom

Twitter : Goozircom

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"