Beli pcx 150 per bengkok, UU perlindungan konsumen, per bengkok pcx,

Beli PCX 150 per bengkok, hak konsumen Berdasarkan UU Perlindungan Konsumen

Posted on

Goozir.com – Bro dan sis, apakah anda termasuk beli PCX 150 per bengkok? Nah anda punya hak yang dijamin oleh UU No. 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Goozir tidak mau membahas alasan kenapa bengkok pernya, namun goozir mau kasih info apa si hak konsumen dengan barang yang di belinya.

Hak konsumen saat beli PCX 150 per bengkok

Setiap apa yang dibeli oleh konsumen, berhak atas perlindungan yang di jamin oleh Pemerintah dengan adanya UU No. 8 Tahun 1999.

Jika produsen menyalahi aturan atas jaminan perlindungan konsumen, konsumen bisa menuntut.

Berkaitan dengan undang – undang perlindungan konsumen berikut hak Konsumen yang di jamin oleh UU No. 8 Th 1999 Bab III pasal 4 dimana konsumen memiliki hak sebagai berikut.

  1. Hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang dan/atau jasa.
  2. Hak untuk memilih barang dan/atau jasa serta mendapatkan barang dan/atau jasa tersebut sesuai dengan nilai tukar dan kondisi serta jaminan yang dijanjikan.
  3. Hak atas informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa.
  4. Hak untuk didengan pendapat dan keluhannya atas barang dan/atau jasa yang digunakan
  5. Hak untuk mendapatkan advokasi, perlindungan, dan upaya penyelesaian sengketa perlindungan konsumen secara patut
  6. Hak untuk mendapat pembinaan dan pendidikan konsumen
  7. Hak untuk diperlakukan atau dilayani secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif
  8. Hak untuk mendapatkan kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian, apabila barang dan/atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya.
  9. Hak-hak yang diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan lainnya

Kemudian pada pasal 7 di terangkan kewajiban pelaku usaha sebagai berikut

  1. Beritikad baik dalam melakukan kegiatan usahanya
  2. Memberikan informasi yang benar, jelas dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa serta memberi penjelasan penggunaan, perbaikan dan pemeliharaan
  3. Memperlakukan atau melayani konsumen secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif.
  4. Menjamin mutu barang dan/atau jasa yang diproduksi dan atau diperdagangkan berdasarkan ketentuan standar mutu barang dan/atau jasa yang berlaku.
  5. Memberi kesempatan kepada konsumen untuk menguji, dan/atau mencoba barang dan/atau jasa tertentu serta memberi jaminan dan/atau garansi atas barang yang dibuat dan/atau yang diperdagangkan.
  6. Memberi kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian atas kerugian akibat penggunaan, pemakaian dan pemanfaatan barang dan/atau jasa yang diperdagangkan
  7. Memberi kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian apabila barang dan/atau jasa yang diterima atau dimanfaatkan tidak sesuai dengan perjanjian.

Itulah bro hak dari konsumen dan kewajiban dari sisi pengusaha. Maka jika beli PCX 150 per bengkok maka konsumen berhak atas penjelasan apa yang sebenarnya terjadi dan pengusaha juga wajib memberikan apa yang jadi hak konsumen.

Untuk mempelajari UU No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen sobat bisa search di google kemudian dibaca dan ketahui apa hak serta kewajiban anda serta hak dan kewajiban pengusaha.

Baca juga info pilihan goozir.com di bawah ini bro and sis

Itulah bro hak kita jika kita beli PCX 150 per bengkok. Jadi pemerintah memang memberikan jaminan kepada konsumen sebagaimana tertuang dalam UU No.8 Th 1999.

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"