Biaya Pembuatan dan Perpanjang Smart SIM

Biaya Pembuatan dan Perpanjang Smart SIM

Diposting pada

Goozir.com – Smart SIM resmi berlaku di Indonesia. Per 22 September 2019 setiap yang membuat SIM baru dan perpanjang akan mendapatkan SIM model baru Smart SIM. Smart SIM mampu menyimpan data pribadi pemilik, data pelanggaran lalu lintas dan kedepannya bisa untuk transaksi non tunai.

Namun saat ini untuk transaksi non tunai belum bisa dilakukan. Smart SIM mulai didisitribusikan ke ibukota propinsi dan selanjutnya akan didistribusikan ke masing-masing polres.

Metode pembuatan dan perpanjang SIM setelah berlakunya SMART SIM masih sama jadi tidak ada perbedaan. Selain itu biaya untuk perpanjang maupun pembuatan Smart SIM masih berlaku peraturan yang sama.

Biaya Pembuatan Smart SIM Baru

Peraturan pembuatan SIM baru tertuang dalam Peraturan Pemerintah no 60 tahun 2016. Jadi dengan peraturan tersebut tidak ada kenaikan biaya pembuatan baru Smart SIM.

Biaya pembuatan Smart SIM baru dikenakan biaya Rp 120.000 untuk pembuatan Smart SIM A, Rp 100.000 untuk pembuatan Smart SIM C dan Rp 120.000 untuk pembuatan smart SIM B.

Biaya Perpanjang Smart SIM

Sama dengan biaya pembuatan Smart SIM yang tidak mengalami perubahan sesuai PP no 60 tahun 2016. Untuk biaya perpanjangan Smart SIM nantinya juga dikenakan tarif yang sama dengan tarif perpanjangan SIM sebelumnya.

Biaya perpanjang Smart SIM A Rp 80.000, biaya perpanjang Smart SIM B Rp 80.000 dan biaya perpanjang Smart SIM C Rp 75.000.

Nasib SIM lama setelah hadirnya Smart SIM

Dengan berlakunya Smart SIM secara nasional per 22 September 2019, pembuatan SIM baru dan perpanjangan akan mendapatkan Smart SIM bukan SIM model lama lagi. Terus bagaimana dengan SIM lama yang masa berlaku masih panjang?

baca : Smart SIM Bisa Untuk E-money, Ini Wujudnya

Untuk SIM model lama yang masa berlakunya masih lama, masih tetap sah digunakan. Hingga saatnya nanti perpanjangan akan diganti dengan Smart SIM. Jadi tidak usah khawatir dan buru-buru ganti Smart SIM. Tunggu saja saatnya perpenjangan untuk mendapatkan smart SIM.

Itulah bro and sis informasi biaya pembuatan dan perpanjangan Smart SIM yang belaku secara resmi. Biaya masih sama dengan biaya yang berlaku saat ini. Jika ada perubahan tentunya akan ada aturan baru yang mengaturnya.

Semoga berguna

Baca juga info piliha di bawah ini

Follow goozir.com

IG : GOOZIRBLOG

FB Page : Goozircom

Twitter : Goozircom

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"