6 motor bebek terlaris september 2016

Bikin ngacir Yamaha Jupiter Z siap balap

Diposting pada

Bikin ngacir Yamaha Jupiter Z siap balapBikin ngacir Yamaha Jupiter  Z bisa sobat goozir lakukan dengan beberapa gubahan pada sektor mesin. Belum lama ini Yamaha Jupiter Z berjaya dalam  balap Road Race. Salah satunya adalah tunggangan Rio Adrian yang menang di balap Road race di Karawang, Jawa barat di kelas Bebek tune up 125cc pemula. Selain itu juga pada event Road Race di Brigif Cimahi dan bukit Peusar Tasikmalaya juga menjadi saksi keperkasaan Jupiter Z , Rio juga menjadi juara di kelas MP3.

Bikin ngacir Yamaha Jupiter Z ala 549 Fast Performance Arya 117

Rio Adrian sendiri bernaung di klub  549 Fast Performance Arya 117 asal Cikeas bogor. 549 Fast Performance Arya 117 melakukan beberapa gubahan pada mesin Jupiter Z lansiran 2008 yang dipakai buat balap road race. Berikut gubahan yang di lakukan oleh Syafaruddin sebagai mekanik di 549 Fast Performance Arya 117 sebagaimana di lansir dari motorplus online..

  • Silinder

Cara termudah menaikan kubikasi mesin tentu dengan merubah ukuran silinder, hal itu pula yang di lakukan oleh 549 Fast Performance Arya 117 dengan mengganti piston asli jupiter Z dengan piston after market dari KAWAHARA. Piston Kawahara yang dipakai ukuran  55,25 mm yang sudah mengadopsi teknologi Forging dan memiliki Dome yang tinggi (jendol). Untuk mengimbangi piston yang tinggi maka kompresi dinaikan menkadi 12,4 bar agar menghasilkan power dan torsi lebih besar.

  • Head

Untuk menyesuaikan dengan silinder,  549 Fast Performance Arya 117 menggunakan klep ukuran 26 mm  untuk in dan klep 23mm untuk ex dari Kawahara. Kemudian dilanjutkan dengan pengubahan  kem menjadi 273o untuk in dan  273o untuk ex. Untuk bukaan klep di set 37o sebelum TMA dan menutup di set pada 62o sebelum TMB. Lift kem juga di naikan menjadi 9,8 mm.

  • Karburator

Menaikan kubikasi mesin juga memerlukan asupan bahan bakar yang tidak sedikit untuk itu 549 Fast Performance Arya 117 juga melakukan penggantian pada spuyer untuk mengoptimalkan masukan bahan bakar. Untuk spuyer pilot jet pakai 38 dan main jet pakai 120. Karburator memakai UMA Racing 24 mm.

  • Rasio transmisi

Untuk membuat Yamaha Jupiter Z makinin ngacir rasio transmisi di set ulang. Gigi 1 diset 13/33, gigi 2 diset 18/31, gigi 3 masih asli pabrikan, gigi 4 diset 21/24. Selain pada mesin perubahan lain juga dilakukan diantaranya ban depan dan belakang pakai IRC, knalpot dan shock belakang  Kawahara serta untuk CDI pakai Rextor.

Baca: Cara bikin MX King makin ngacir siap balap ala BRT

Itulah rahasia cara bikin ngacir Yamaha Jupiter Z yang dilakukan oleh 549 Fast Performance Arya 117 dan terbukti sanggup menang di road race kelas bebek tune up 125 pemula. Ada yang mau mencobanya?

Baca juga :

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"