bunyi berisik pada mesin new cb150r
CB150R Streetfire

Bunyi berisik pada mesin New CB150R dan solusinya

Diposting pada

bunyi berisik pada mesin new cb150rBunyi berisik pada mesin New CB150R mungkin sama seperti yang dialami teman otoborn di sana. Bunyi mengganggu di area mesin Honda yang near square ini sangat menganggu penggunanya. Bahkan lebih menggnggu lagi untuk permasalahan yang sama teman otoborn harus bayar service karena sudah 4 kali dilakukan. Padahal motor seharusnya masih dapat service gratis dan permasalahan juga sama karena belum terselesaikan.

Masalah bunyi berisik pada mesin New CB150R New CB150R dan Sonic 150R

Fungsi tensioner lifter adalah mendorong cam chain guide / batang pemandu keteng sehingga keteng tetap tegang dan tidak loncat dari gear.jika rantai keteng loncat maka waktu buka tutup klep menjadi kacau efeknya tenaga ngedrop dan yang terburuk klep bisa benturan dengan piston.

Permasalahan nyang mungkin adalah tensioner keteng yang lemah sehingga fungsinya tidak optimal dan timbul suara tidak enak di blok mesin. Suara tersebut berasal benturan keteng ke gigi dan kem atau di batang krik as.

Cara memperbaiki suara berisik pada mesin New CB150R dan Sonic

Cara paling mudah bagi yang awam adalh bawa ke beres Honda terdekat. Menurut GM Technical Service Division PT AHM, Wedijanto Widarso, sebagaimana dilansir dari otomotifnet ”bawa aja ke AHASS terdekat biar dianalisa penyebab part permasalahannya. Kan ada garansi 3 tahun, selama rutin service di AHASS pasti dicover garansi dan gratis”

Klaim garansi tensioner lifter kalau tidak ready maka akan inden selama 14 hari kerja. Namun kalau ready hanya butuh 30 menit untuk memperbaikinya .

Menurut mekasnik nero speed yang berlokasi di jalan Jatisari purwokerto, cukp dengan membongkar Tensioner lifter kemudian memotong sedikit pada plt penegangnya lalau di bentuk ulang seperti semula dana gulung lagi. Berikut gambar step stepnya..

 

  1. Buka tensioner lifter dari blok mesin lokasi disebelah kiri mesin.
  2. Bongkar tensioner lifter dengan membuka kuncinya pakai obeng min
  3. Hasil bongkar, tampak plat pita pipih yang lemah penyebab suara berisik pada mesin CB150R
  4. Potong plat pita tersebut sedikit aja kemudian bentuk kembali seperti semula.
  5. Rangkai kembali tensioner lifter dan pasang kembali ke blok mesin.

Itulah cara memperbaiki bunyi berisik pada mesin new CB150R san Sonic 150R.

Sumber: otomotifnet

Baca juga:

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"