Alasan Bus Kursi 2-3, 1-2, Lebih Banyak Kursi Di Kanan
Bus 2-3 ekonomi (karyajasa.co.id)

Bus Kursi 2-3, 1-2, Kenapa Lebih Banyak Kursi Di Kanan

Diposting pada

Goozir.com – Pernah naik bus ekonomi atau bisnis dengan kursi 2-3 atau super excecutive 1-2. Bila diperhatikan konfigursi tempat duduk bus 2-3 lebih banyak kursinya di sebelah kanan (3) dibanding sebelah kiri (2). Penasaran alasan bus kursi 2-3 atau 1-2 lebih banyak kursinya disebelah kanan? Berikut penjelasannya.

Secara umum bus sudah didesain sedemikian rupa dengan titik bobotnya berada di tengah untuk meminimalisir efek puntir (twist) dan menjaga keseimbangan bus selama perjalanan dan bermanuver.

Sehingga walaupun konfigurasi bus 2-3 tetap aman untuk dinaiki dengan tetap mempertahankan titik bobot yang tetap berada di tengah.

Efek kursi bus 2-3 dengan banyak kursi disisi kanan juga tidak mempengaruhi keseimbangan bis sehingga bus berat sebelah.

Semua sudah di hitung dan konfigurasi jok 2-3 tetap membuat bus aman. Namun apa sebenarnya alasan kursi bus 2-3 lebih banyak kursinya di sisi kanan?

Alasan Bus Kursi 2-3 Lebih Banyak Di Kanan

Menurut Export managaer Laksana, Bpk. Werry Yulianto via kompas menjelaskan bahwa, kofigurasi jok 2-3 pada bus dengan jumlah kursi lebih banyak disebelah kanan adalah agar penumpang lebih mudah saat masuk bus.

Hal tersebut berkaitan dengan pintu masuk bus yang berada di sebelah kiri bus.

baca : Daftar Agen Resmi STJ (Sudiro Tungga Jaya) Terlengkap Terbaru 2020

Jadi saat penumpang masuk bus dan belok kanan maka langsung bisa jalan menelusuri lorong bus dan menuju no kursi yang sudah dibeli.

Memberikan kursi lebih banyak di sisi kanan ternyata untuk kemudahan penumpang dalam bermanuver didalam bus saat naik dan dengan posisi tersebut bus juga tetap aman.

Hal tersebut juga sekaligus menjawab kenapa kursi bus tidak dibuat konfigurasi 1-2-1 dengan 2 kursi berada di tengah.

Jika kursi bus dibuat 1-2-1 maka akan menyusahkan penumpang yang berada di sebelah kanan.

Jika pun dipermudah dengan memberikan space dipaling depan atau paling belakang juga akan membuat jumlah kursi berkurang dan ujung-ujungnya jumlah penumpang berkurang.

Demikian alasan dibalik konfigurasi kursi bus 2-3 lebih banyak kursinya disebelah kanan. semoga berguna…

info lainnya :

Follow Us

IG: GOOZIRBLOG

FB Page : Goozircom

Twitter : Goozircom

Telegram : Goozircom

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"