Cara Jumper Aki Mobil Yang Aman & Benar
Jumper Aki untuk solusi darurat saat aki tekor

Cara Jumper Aki Mobil Yang Aman & Benar

Diposting pada

Goozir.com – Jumper aki mobil menjadi cara jitu menghidupkan mesin dalam keadaan darurat. sumber utama kelistrikan mobil adalah aki. Jadi untuk menghidupkan mobil butuh listrik yang di suplai oleh aki. Saat aki drop dan tidak memungkinkan untuk isi ulang maka cara jumper aki mobil yang aman dan benar bisa menjadi solusi yang cepat.

Aki yang tekor daya listriknya sebenarnya masih bisa diisi ulang selama aki masih dalam keadaan baik. Pada mobil sendiri terjadi pengisian listrik ke aki secara otomatis melalui altenator.

Bisa karena altenator rusak atau banyaknya aksesoris mobil yang butuh daya listrik mengakibatkan aki tekor. Sebaiknya aki di copot dan diisi ulang jika aki tekor. Namun kalau darurat anda bisa melakukan jumper aki mobil untuk menghidupkan mesin.

Cara Jumper Aki Mobil

Mengertahui cara jumper aki mobil yang benar dan aman itu penting agar tidak terjadi korslet. Kalau sudah korslet bisa bahaya, mobil bisa kebakar. Berikut goozir kasih tips melakukan jumper aki pada mobil.

Pertama sediakan selalu kabel khusus untuk jumper aki. Anda bisa beli online atau offline bahkan bisa membuat sendiri.

Kedua harus ada aki sumber yang normal dan tentunya dekat dengan aki di mobil Anda yang mau di jumper.

Ketiga perhatikan cara sambung kabel jumper aki di mobil Anda.

Sambungkan kutub positif dengan kutub positif pada aki normal dengan aki tekor, biasanya ada tanda + (plus) pada kutub positif. Untuk bagian ini tidak perlu diperhatikan mana dulu yang mau disambung kabel.

Setelah kutub positif saling terhubung selanjutnya hubungkan kutub negatif. Sambungkan dulu kabel dengan kutub negatif ke aki yang normal, baru hubungkan ujung lainnya ke ground Di mobil yang akinya tekor (bisa ke sasis mobil yang tidak di lapis cat).

Agar beban listrik tidak berat pada kendaraan yang dijadikan aki jumper Anda bisa menghidupkan mobil dan menaikan rpm pada mobil aki normal. Setelah itu Anda bisa starter mobil yang akinya tekor tadi yang sudah di jumper.

Ke empat perhatikan juga cara mencabut/mencopot kabel yang tadi sudah tersambung sebelumnya. Untuk mecopot kabel, lakukan kebalikan dari saat pasang tadi.

Selanjutnya tinggal copot kabel pada kutub positif. Biasanya kabel khusus untuk jumper memiliki warna hitam dan merah. Hitam biasanya untuk disambung ke kutub negatif merah biasanya untuk dihubungkan ke kutub positif.

Jumper Aki Dengan Power Bank

Selain menggunakan aki dari kendaraan lain, Anda juga bisa menggunakan alat yang dirancang khusus untuk jumper aki. Alat tersebut menggunakan baterai khusus dengan kapasitas besar atau kita sebut saja power bank.

Jadi dengan alat khusus ini anda bisa membawanya kemana mana sebagai alat portable. Alat ini langsung dihubungkan dengan aki yang akan di jumper dengan kabel yang sudah tersambung ke baterai.

Tinggal menyesuaikan saja warna kabel seperti pada jumpar aki dengan aki kendaraan lain seperti di atas. Dengan alat khusus ini bakal lebih praktis dan lebih mudah.

Itulah tips singkat cara jumper aki mobil yang aman dan benar. Semoga berguna.

Jangan lupa baca juga info pilihan di bawah ini

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"