Cara Kerja Smart Key Ninja 250 2019 dan Fakta Menariknya

Cara Kerja Smart Key Ninja 250 2019 dan Fakta Menariknya

Diposting pada

Goozir.com –  New Ninja 250 Special Edition 2019 sudah di bekali dengan kunci pintar (Smart key). Kawasaki sendiri menyebut Smart key / Keyless mereka dengan  sebutan Kawasaki Intelligent Proximity Activation Start System (KIPASS). Ada fakta menarik dari KIPASS yang digunakan oleh Kawasaki Ninja 250 SE model 2019 ini dan tentunya mengetahui cara kerja Smart  Key Ninja 250. Smart key KIPASS Ninja 250 hanya hadir pada tipe special edition saja untuk versi regular masih pakai anak kunci biasa. selain itu Smart key Ninja 250 bekerja layaknya immobilizer. Berikut sistem kerja Smart key Ninja 250 2019.

Fakta dan Cara Kerja Smart Key Ninja 250

Sebelum membahas cara kerja atau sistem kerja Keyless pada Ninja 250 model 2019 kita lihat dulu beberapa fakta menarik dari sistem keylesss Ninja 250 ini.

  • KIPASS Sudah di pakai motor lain

Fakta pertama yang menarik adalah Sistem KIPASS ninja 250 sudah dipakai motor lain yaitu Kawasaki Concours 1400 GTR sejak tahun 2008. Dengan kata lain  Ninja 250 mewarisi sistem keamanan motor gede Kawasaki. Teknologi moge nih bro.

  • Key FOB / Remote

Sperti Smart key motor pada umumnya, KIPASS Ninja 250 juga memiliki remote atau di sebutnya key FOB. Bentuknya mungil dan memiliki tempat rahasia untuk menyimpan anak kunci pembuka tangki bahan bakar dan jok belakang. Selain itu juga ada pengait yang bisa untuk memasang gantungan kunci atau penanda lainnya. Key FOB termasuk vital tanpa Key FOB ini maka anda tidak bisa menghidupkan motor.

  • ECU Tambahan

Smart Key Ninja 250 memiliki ECU sendiri dan terpisah dari dari ECU mesin. ECU KIPASS Ninja 250 memiliki 6 sinyal signature yang bisa membedakan remote sehingga remote tidak akan tertukar. Dengan memiliki ECU sendiri maka jika Knob rusak dan posisi pada posisi on motor tidak akan bisa menyala.

Itulah fakta menarik dari Smart key Ninja 250 model 2019.  Selanjutnya kita lihat bagaimana cara kerja Smart key Ninja 250.

 Cara Kerja Smart Key Ninja 250 2019 dan Fakta Menariknya

Untuk dapat menghidupkan motor Ninja 250 2019 dengan fitur smart key sobat harus memiliki Key FOB atau remote yang sesuai. Untuk dapat bekerja remote maksimal berjarak 2 meter dari motor. KIPASS ecu secara konstan / terus menerus memancarkan gelombang radio walaupun motor mati. Gelombang radio ECU KIPASS inilah yang akan di respon oleh Key FOB. Sinyal balasan dari remote akan di anlisa oleh ECU KIPASS dan jika cocok maka Knob bisa di putar dan motor pun bisa di hidupkan.

Sinyal sinyal yang dipancarkan memiliki 6 variabel signatur yang unik dan susah untuk didecode. So secara keamanan bakal lebih susah di tembus hacker.

Sebagai tips buat penggunaa Nninja 250 Smart key sebaiknya key FOB atau remote yang aktif jangan terus-terusan disimpan dekat dengan ECU KIPASS. Sebab akan membuat baterai remote lebih boros.

Ok bro dan sis itulah cara kerja Smart Key Ninja 250 SE 2019 dan fakta menarik yang menyertainya.

Baca juga info pilihan di bawah ini

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"