Cara Membuat SIM Internasional : Jenis, Syarat & Biaya

Cara Membuat SIM Internasional : Jenis, Syarat & Biaya

Diposting pada

Goozir.com – Bagaimana cara membuat SIM Internasional? Surat Ijin Mengemudi (SIM) Internasional atau IDP (International Driving Permit) memiliki bentuk yang berbeda dibanding SIM di Indonesia saat ini memiliki julukan SMART SIM. Bagaimana alur pembuatan SIM Internasional? Apa saja syarat pembuatan SIM Internasional? Dan berapa biaya Pembuatan SIM Internasional?

Untuk diketahui, cara pembuatan SIM International berbeda jika dibandingkan dengan SIM yang berlaku di Indonesia. Bentuk SIM Internasional berupa kertas lipatan yang menyerupai buku.

Cara Membuat SIM Internasional

Jika Anda berencana untuk mengemudikan kendaraan di luar negeri baik motor atau mobil maka Anda butuh SIM International. SIM International berlaku di seluruh dunia yang menggunakan SIM International.

Untuk pembuatan SIM Internasional Anda bisa membuatnya di Satpas (Satuan Penyelenggara Administrasi SIM) Korlantas atau Polda Setempat berdasarkan peraturan Kapolri No 9 tahun 2012.

Untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya bisa di Korps Lalu Lintas Polri Bid Redigent Subdid Pengemudi bagian SIM Internasional. Alamat Jl. Letjen MT Haryono Kav. 37-38, Jakarta.

Syarat Membuat SIM Internasional

  1. KTP asli
  2. SIM asli Indonesia (Domestik) yang masih berlaku
  3. Paspor asli
  4. Materai 6000
  5. Untuk WNA, Siapkan KITAP (Stay Permit Card) Asli

Alur Pembuatan SIM Internasional

Setelah semua syarat sim internasional terpenuhi, buat Anda yang ada di Jakarta bisa langsung datang ke JL. MT Haryono kAV 37-38 Jakarta.

  1. Ambil nomor antrian
  2. Isi Formulir yang dibutuhkan untuk pengesahan
  3. Serahkan formulir dan persyaratan ke petugas saat nomor antrian di sebut
  4. Penerbitan SIM Internasional bisa dilakukan dalam satu hari kerja setelah pendaftaraan, identifikasi, Verifikasi, sidik jari dan foto.

Pendaftaran SIM Internasional juga bisa dilakukan secara online pada alamat sim.korlanatas.polri.go.id/sim-internasional

Masa berlaku SIM Internasional dari Indonesia berlaku selama 3 tahun.

Ternyata sangat mudah ya bro and sis, untuk membuat SIM Internasional, penasaran berapa biaya pembuatan SIM International?

Biaya Pembuatan SIM Internasional

Berdasarkan Peraturan Pemerinatah (PP) No 60 tahun 2016, tentang Jenis dan Tarif atas Jenis penerimaan negara bukan pajak, Biaya pembuatan SIM Internasional baru sebesar Rp 250.000 dan Rp 225.000 untuk biaya perpanjangan

Cara pembuatan SIM Internasional sudah, biaya juga sudah. Selanjutnya goozir.com akan menginformasikan jenis jenis golongan SIM Internasional.

Jenis Golongan SIM Internasional

Ada 5 jenis golongan SIM Internasional yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan Anda di luar negeri nantinya. berikut daftar golongan SIM Internasional.

Golongan A

SIM Internasional golongan A digunakan untuk mengemudikan kendaraan bermotor roda 2 dengan atau tanpa gandengan, Kendaraan khusus untuk orang cacat dan kendaraan roda 3 dengan bobot kosong dibawah 400kg.

Golongan B

SIM Internasional golongan B digunakan untuk mengemudikan kendaraan bermotor selain pada golongan A dengan bobot maksimal 3500kg dan memiliki jumlah kursi maksimal 8 pnumpang selain kursi pengemudi.

Golongan C

SIM Internasional golongan C digunakan untuk mengemudikan kendaraan bermotor pengangkut barang dengan bobot maksimal lebih dari 3500kg dan kendaraan ini bisa menarik trailer ringan.

Golongan D

SIM Internasional golongan D digunakan untuk mengemudikan kendaraan bermotor pengangkut penumpang dengan jumlah kursi tidak lebih dari 8 penumpang diluar kursi pengemudi.

Golongan E

SIM Internasional golongan E digunakan untuk mengemudikan kendaraan bermotor yang ada di golongan B dan atau C dan atau D diluar kategori kendaraan yang telah di tentunakan.

Bagaiamana bro dan sis setelah belajar bersama tentang cara pembuatan SIM Internasional beserta jenis – jenisnya? Untuk Anda yang ingin mengemudikan kendaraan bermotor di luar negeri jangan lupa untuk membuat SIM Internasional agar nyaman dan aman selama berkendara.

Untuk yang mau melakukan turing ke luar negeri, selain membuat SIM Internasional, Anda juga harus membuat Carnet.

baca : Cara Membuat Carnet


Demikian info singkat bagaimana cara pembuatan SIM internasional, semoga berguna.

Baca juga info pilihan di bawah ini

Follow us

IG : GOOZIRBLOG

FB Page : Goozircom

Twitter : Goozircom

Telegram : Goozircom

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"

32 komentar.

    1. kan untuk bikin sim internasional harus punya sim lokal dulu… gimana si om ini kalau punya sim internasional otomatis punya sim lokal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *