Cara Membuat SIM Terbaru Dengan Metode E-Drives
Picture : Antara Foto /Rivan Awal Lingga

Cara Membuat SIM Terbaru Dengan Metode E-Drives

Diposting pada

Goozir.com – Cara membuat SIM terbaru sudah menggunakan metode ujian E-Drives. Metode baru ujian SIM E-Drives sudah diterpkan di Satpas Daan Mogot. Metode E-Drives melibatkan teknologi terkini dalam ujian SIM.

Untuk proses pembuatannya sendiri tidak jauh berbeda dengan cara pembuatan SIM yang selama ini berlaku. Namun ada pembaharuan yaitu dengan penggunaan perangkat elektronik.

Langkah – Langkah Membuat SIM Terbaru Dengan E-Drives

1. Siapkan Syarat-Syarat

Yang pertama harus dilakukan adalah mempersiapkan data diri berupa E-KTP sebagai syarat pembuatan SIM. Tanpa E-KTP maka Anda tidak bisa membuat SIM apalagi Anda beda daerah dengan KTP dengan tempat pembuatan SIM.

Dengan E-KTP Anda bisa membuat SIM online, yaitu membuat SIM tidak harus di daerah Asal sesuai KTP. Anda yang beralamat KTP Bandung bisa membaut SIM di Jakarta.


2. Tes Kesehatan dan membayar PNBP

Setelah siap syarat – syaratnya kemudian datang ke Satpas. Melakukan Tes Kesehatan dan membayar PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) di Loket BRI. Tes kesehatan biasanya berkaitan dengan kesehatan mata

baca : Biaya Pembuatan dan Perpanjang Smart SIM

3. Isi form dan identifikasi

Setelah membayar PNBP di loket BRI Anda akan mendapat form isian dari petugas. Isi form sesuai data diri yang benar.

Kemudian melakukan identifikasi diri, berupa pengambilan foto, sidik jari, tanda tangan dan konfirmasi data sesuai data KTP.

Ujian teori

Ujian teori menjadi ujian pertama yang harus Anda lalui, gagal pada ujian teori, Anda harus ulang lagi di lain hari sampai Anda lulus. Selama belum lulus maka bisa terus ulang.

Ujian teori di Satpas Daan Mogot sudah komputer jadi tinggal klik-klik saja pilihan jawaban yang benar dan hasilnya langsung muncul saat test selesai.

Kalau sudah lulus akan di bawa ke ruang pencerahan untuk pengarahan ujian praktek E-Drives.

4. Ujian praktek E-Drives

Disinilah yang baru dari pembuatan SIM dengan E-Drives. Jika dulu hanya test ujian praktek biasa kini sudah lebih canggih dengan hadirnya E-Drives.

Di ruang pencerahan sebelumnya dilakukan pendaftraan E-Drives sesuai dengan data pendaftar. Setelah pendaftaran E-Drives peserta mendapatkan kartu E-Drives untuk ujian praktek.

Peserta membawa kartu E-Drives ke tempat ujian praktek dan diletakan di penyangga (holder) yang tersedia di kendaraan uji praktek.

Kartu E-Drives akan terbaca oleh RFID. Kendaraan harus berhenti di garis start dan finish yang terhubung dnegan peer. Peer ini untuk membaca kendaraan sudah mulai start dan finish.

Saat RFID terbaca maka lampu akan berwarna hijau dan ujian praktik pun dimulai. Peserta harus melewati beberapa rintangan dan hanya diperbolehkan menyentuh patok hanya 2x. Patok dilengkapi dengan sensor getar.

Saat ada yang menyentuh patok maka data akan dikirim ke control box dan dikirim lagi ke control room.

Rintangan tes praktik disesuaikan dengan jenis SIM yang akan di buat.

Baca : Trik Rahasia Lulus Ujian Praktek SIM C

5. Cetak SIM dan penyerahan

Bagi Anda yang lulus ujian Praktik maka Anda akan dipersilahkan menunggu di rungan tunggu untuk menunggu giliran SIM dicetak.

Setalah dipanggil dan menerima SIM cek lagi apakah semua data sudah benar. Jika sudah benar maka Anda sudah selesai membuat SIM terbaru dengan metode E-Drives.

Biaya pembuatan SIM C dan A resmi dibawah Rp 200 ribu.

Demikian cara terbaru pembuatan SIM dengan metode E-Drive yang mulai diterpkan di Satpas Daan Mogot. Semoga berguna..

Baca juga info pilihan di bawah ini

Follow us

IG : GOOZIRBLOG

FB Page : Goozircom

Twitter : Goozircom

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"