Cara Mengecek Oli Transmisi Mobil
picture: gearstar.com

Cara Mengecek Oli Transmisi Mobil Matic dan Manual

Diposting pada

Goozir.com – Cara mengecek oli transmisi mobil. Bukan hanya mesin saja yang membutuhkan oli untuk melumasi komponen yang berbeda dan melindunginya dari keausan dan korosi, transmisi juga dilumasi oleh cairan khusus yang disebut cairan transmisi.

Menjaga tingkat kebutuhan cairan transmisi yang tepat sangat penting untuk menjaga transmisi tetap bergeser dengan baik dan mobil Anda berjalan lancar.

Bagaimana cara memeriksa oli transmisi mobil?

Baca Juga :

Langkah-langkah Mengecek Oli Transmisi Mobil

Memeriksa oli transmisi pada dasarnya bisa dilakukan sendiri tanpa harus ke bengkel. Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk memeriksa oli transmisi.

Langkah 1: Periksa buku manual kendearaan milik Anda. Apakah mobil Anda memiliki transmisi manual atau otomatis? Transmisi manual biasanya tidak memiliki dipstick dan tidak perlu isi ulang. Cairan hanya harus ganti atau ditambah jika terjadi perbaikan.

Langkah 2: Temukan dipstick jika Anda memiliki transmisi otomatis. Cairan transmisi pada dipstick biasanya berwarna merah (kuning atau putih untuk dipstick oli mesin). Di buku manual pemilik akan disebutkan lokasi dipstick. Jika Anda beruntung, itu akan diberi label.

Namun secara umum, Anda bisa melihat posisi dipstick berdasarkan roda pengerak kendaraan.

  • Pada kendaraan penggerak roda belakang, dipstick biasanya berada di sisi penumpang depan, dekat bagian belakang mesin.
  • Pada kendaraan penggerak roda depan, dipstick biasanya berada di sisi pengemudi, di satu sisi transmisi.

Banyak mobil tidak memiliki transmisi dipstick. Ketinggian oli dapat diperiksa menggunakan perangkat elektronik atau dengan melepas sekrup di rumah transmisi.

Memeriksa tingkat cairan dalam transmisi tertutup adalah proses yang jauh lebih rumit. Rata-rata pemilik mobil tidak memiliki keterampilan yang diperlukan untuk memeriksa tingkat cairan transmisi.

Jika mobil Anda tidak memiliki dipstick, periksa oli transmisi bisa di dealer langgangan Anda. Waktu yang tepat untuk melakukan tersebut adalah saat Anda melakukan service rutin.

Jika mobil Anda memiliki transmisi dipstick, Anda harus memeriksa tingkat cairan transmisi secara teratur.

Langkah 3: Cara memeriksa oli transmisi

Lepaskan dipstick, bersihkan dengan kain bersih, masukkan kembali, biarkan selama 5 detik, lalu tarik kembali dan periksa. Tambahkan oli transmisi jika perlu. Selalu gunakan cairan yang direkomendasikan oleh produsen.

Tambahkan sedikit demi sedikit sembari periksa level dengan dipstick setiap kali ditambahkan. Sangat mudah untuk menambahkan cairan transmisi, tetapi cukup sulit untuk menguranginya jika Anda menambahkan terlalu banyak.

Cara Mengecek Oli Transmisi Otomatis?

Apa itu cairan transmisi otomatis?

Automatic transmission fluid (ATF) adalah cairan yang digunakan pada kendaraan dengan transmisi otomatis. Biasanya merah atau hijau.

Mengapa memeriksa tingkat cairan transmisi otomatis?

Cairan transmisi otomatis adalah urat nadi transmisi. Cairan menghasilkan tekanan hidrolik yang diperlukan untuk mengoperasikan transmisi. Ini juga mendinginkan dan melumasi transmisi. Ketika tingkat cairan rendah, pompa dapat menarik udara ke dalam sistem. Udara dalam sistem hidrolik mengganggu aliran cairan transmisi otomatis yang tepat. Kerusakan dapat terjadi sangat cepat ketika cairan transmisi rendah.

Bagaimana cara memeriksa tingkat cairan transmisi otomatis?

Tidak semua mobil transmisi otomatis memiliki dipstick untuk mengecek oli transmisi.

seperti Fords, Toyota, RUPST dan kendaraan lain tidak lagi memiliki dipstick transmisi otomatis untuk memeriksa tingkat cairan sehingga butuh prosedur khusus untuk memeriksa tingkat cairan transmisi otomatis pada model-model tersebut.

Transmisi yang lebih baru jauh lebih kompleks daripada model yang lebih lama dan tingkat cairan transmisi jauh lebih penting.

Lebih baik Anda membawa mobil ke bengkel resmi untuk pengecekan oli transmisi.

Kapan Ganti Oli Transmisi?

Anda juga dapat memeriksa warna dan bau sebagai pertanda kapan harus Anda ganti oli tansmisi.

Warna sangat penting untuk oli transmisi. Warna oli transmisi tidak boleh berubah, jika sudah berubah misal dari warna merah menjadi warna gelap atau coklat, Anda harus mengganti cairan Anda.

Jika baunya terbakar atau memiliki partikel di dalamnya, Anda juga harus melakukan service transmisi kendaraan Anda.

Demikian cara mengecek oli transmisi untuk kendaraan. semoga berguna

Baca juga info pilihan berikut ini

Follow us

IG : Goozirblog

Facebook : Goozircom

Twitter : Goozircom

Telegram : Goozircom