Cara Menghidupkan Motor MotoGP Tanpa Starter

Cara Menghidupkan Motor MotoGP Tanpa Starter

Diposting pada

Goozir.com – Bagaimana cara menghidupkan motor MotoGP? Sedangkan motor MotoGP tidak dibekali dengan elektrik maupun kick starter. Motor MotoGP merupakan motor prototip yang memiiliki regulasi yang ketat. Jadi pabrikan mensiasati dengan segala cara yang legal agar memenuhi aturan yang telah ditetapkan.

Motor MotoGP tidak dilengkapi starter elektrik maupun starter bejek. Hal tersebut ternyata berkaitan dengan bobot motor.

Jika dilakukan penambahan perangkat starter termsuk baterai maka akan menambah bobot motor mencapai 3 kiloan.

Angka tersebut jelas besar dimana regulas bobot motor hanya 157kg.

Karena bobot perangkat starter yang bakal meningkatkan bobot motor secara keseluruhan makanya perangkat starter ditiadakan.

Terus bagaimana cara menghidupkan motor MotoGP? Ternyata ada 3 cara yang bisa dilakukan untuk menstarter motor MotoGP.

baca juga : Rem, Bagian Terkuat Motor MotoGP

Cara Starter Motor MotoGP

Ada 3 cara yang ditempuh untuk menghidupkan motor MotoGP. Apa saja berikut penjelasannya.

Roller Start / Paddock Starter

Paddock starter

Roda belakang motor cukup dinaikan ke roller starter, kemudian roller starter dihidupkan dan akan memutar road belakang.

Masukan gigi persneling kemudian kopling dilepas menggunakan tuas tangan. Setelah roller starter mulai memutar roda belakang, tuas kopling dilepas untuk menghidupkan mesin.

Putaran roda akan memutar mesin dan menghidupkan mesin.

Crankshaft Starter Machines

Crankshaft Starter Machines

Crankshaft Starter Machines dihubungkan langsung ke kruk as mesin kemudian memutarnya dengan torsi tinggi.

Batang shaft starter akan menempel langsung pada sistem Crankshaft. Saat Crankshaft sudah bisa berputar dan kemudian mesin akan menghisap campuran udara dan bahan bakar.

Setelah dimampatkan canpuran udara dan BBM, kemudian mendapat percikan api dari busi maka terjadilah pembakaran dan piston bergerak naik turun.
Setelah siklus knalpot kemudian motor pun bisa hidup.

Dorong Manual

Menghidupkan motor mptpgp

Cara menghidupkan motor MotoGP yang ketiga adalah dengan mendoronganya secara manual. Cara ini biasanya dilakukan pada saat motor crash.

Untuk mendorong motor butuh beberapa orang. Saat motor mulai bergerak dengan kencang maka dimasukan gigi satu, sembari melepas kopling bisanya pembalap menjatuhkan diri(duduk dengan kencang) ke jok, untuk mendapatkan gaya ke bawah yang besar.

Untuk model dorong ini tidak mudah, jadi jangan heran jika ada pembalap yang gagal starter pada percobaan pertama dengan cara ini dan harus diulang lagi.

Demikianlah 3 cara menghidupkan motor MotoGP yang biasa dilakukan. Ketiga cara masih digunakan dalam race MotoGP saat ini (2020). Semoga berguna…

Info menarik lainnya

Follow Us

IG: GOOZIRBLOG

FB Page : Goozircom

Twitter : Goozircom

Telegram : Goozircom

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"