Cara Mudah Menaikan Top Speed Sepeda Motor Manual & Matic

Cara Mudah Menaikan Top Speed Sepeda Motor Manual & Matic

Posted on

Goozir.com – Ingin sepeda motor bro and sis tanbah kencang dengan top speed tinggi? sepeda motor standar dari pabrik sudah disetting sesuai dengan standar tertentu. Untuk memperoleh top speed yang berbeda maka harus diubah sendiri oleh konsumen. Berikut cara mudah menaikan top speed sepeda motor baik motor bertansmisi manual maupun motor matic.

Tips Cara Mudah Menaikan Top Speed Sepeda Motor

Motor manual dalam hal ini adalah motor dengan gear dan rantai. Bisa motor bebek maupun motor sport. Gear sepeda motor ada 2, gear depan dan gear belakang. 2 gear ini umum di sebut sprocket dengan adanya penghubung rantai. Namanya sprocket adalah 2 gear  bergerigi yang tidak saling bersentuhan langsung. Melainkan ada penghubung. Pada sepeda motor transmisi manual, rantai menjadi penghubungnya.

Untuk untuk menaikan top speed sepeda motor manual kita membutuhkan rasio gear yang lebih tinggi. cara paling simple menambah top speed sepeda motor manual adalah dengan mengganti gear. Goozir lebih merekomendasikan gear belakang menggunkan gear dengan mata gigi lebih banyak di bandingkan dengan versi standar. 2 gigi lebih banyak lebih direkomendasaikan. Mengecilkan gear depan tidak direkomendasaikan.

Perubahan gear belakang dengan jumlah gigi lebih banyak harus di barengi dengan perubahan rantai yang lebih panjang. Solusinya bisa dengan menambah mata rantai atau beli rantai baru dan sesuaikan panjang dengan kebutuhan. Jika menggunakan rantai lama tanpa tambahan mata rantai maka rantai tidak bisa di gunakan.

Nah itu untuk seped motor manual dengan mengunakan gear. Bagaiamana untuk sepeda motor matic?

Untuk cara udah menaikan top speed sepeda motor matic kita juga beramin di area yang sama. Kan motor matic tidak pakai gear? Ya memang benar motor matic tidak menggunakan gear untuk berjalan seperti halnya pada motor bertransmisi manual. Namun mengunakan sebuah belt. Bertransmisi otomatis berarti kita tidak perlu menaikan rasio gear saat menginginkan kecepatan lebih. Nah disinilah Roller berperan mengnggantikan gear untuk mengubah kecepatan.

Untuk menaikan top speed sepeda  motor matic kita perlu mengubah rooller yang digunakan. Apa yang diubah?

Roller yang digunakan pada sepeda motor matic memiliki bobot tertentu. Jika pada sepeda motor manual dengan mengganti gear belakang menggunakan gear dengan jumlah gigi lebih banyak maka pada motor matic kita menggunakan roller dengan bobot lebih berat. Milsa bobot roller standar bobotnya 9 gra per biji maka kita bisa memakai roller dengan bobot 10 gra per biji untuk mendapatkan topseed lebih tinggi.

Dengan menggunakan roller yang lebih berat maka top speed yang diraih bakal lebih tinggi. namun ada kelemahannya yaitu kita bakal mengorbankan akselerasi. Akselerasi akan berkurang dengan menaikan top speed sepeda motor. Akselerasi disini adalah tarikan awal. Untuk mendapatkan top speed tinggi maka akselerasi awal bakal berkurang.

Dengan akselerasi yang berkurang untuk mendapatka kecepatan 60 km/jam misalnya, akan butuh lebih banyak waktu. Taoi urusan top speed bakal meraih angka lebih tinggi.

Ok bro and sis itulah cara mudah menaikan top speed sepeda motor baik untuk motor bertransmisi manual maupun otomatis. Semoga berguna.

Baca juga info pilihan goozir di bawah ini bro and sis

 

 

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"