Cara Ngecek Kendaraan Kena Tilang Elektronik Atau Tidak

Cara Ngecek Kendaraan Kena Tilang Elektronik ETLE Atau Tidak

Diposting pada

Goozir.com – Berlakunya tilang elektronik ETLE di 12 Polda secara nasional membuat plat kendaraan luar daerah pun bisa kena tilang. Dari pada Anda ragu kendaraan kena tilang atau tidak secara elektronik Anda bisa mengeceknya secara online. Cara ngecek kendaraan kena tilang elektronik ETLE atau tidak pun sangat mudah.

Mengetahui kendaraan kena tilang atau tidak juga berguna saat Anda akan menyewa kendaraan. Hal tersebut sebagai langkah antisipasi untuk mengetahui pelanggaran yang dilakukan oleh kendaraan yang akan Anda sewa.

Dasar pemberlakuan tilang elektronik (ETLE) juga cukup jelas yaitu untuk transparasi dan mengurangi penyalahgunaan wewenang oleh oknum Polisi.

Per 23 Maret 2021 ada 244 kamera yag terpasang di 12 propinsi untuk mengintai pengguna kendaraan yang melanggar aturan lalu lintas.

10 Pelanggaran Tilang Elektronik

Setidaknya ada 10 pelanggaran lalu lintas yang menjadi sasaran tilang elektronik yaitu

  1. Melanggar rambu lalu lintas dan marka jalan
  2. Tidak menggunakan sabuk pengaman
  3. Mengemudi sambil menggunakan handphone
  4. Melanggar batas kecepatan
  5. Menggunakan plat nomor palsu
  6. Berkendara melawan arus
  7. Menerobos lampu lalu lintas
  8. Pemotor dan pembonceng tidak menggunakan helm
  9. Berboncengan lebih dari 3 orang
  10. Motor tidak menyalakan lampu pada siang hari

Jika Anda melakukan salah satu pelanggaran tersebut maka Anda akan kena denda mulai dari Rp250.000 hingga Rp750.000

Lebih parah jika melanggar dan terekam tilang elektronik namun namun Anda tidak tahu dan tidak mengurusnya. Kemudian saat Anda mau bayar pajak, ternyata STNK anda terblokir, Maka Anda harus buka blokir tersebut.

Itulah akibat jika Anda melanggar dan terekam ETLE namun lupa mengurusnya. Untuk itu sebagai pencegahan maka tidak ada salahnya jika Anda mengecek kemungkinan pelanggaran yang Anda lakukan.

Cara Ngecek Tilang Elektronik ETLE Kendaraan Online

Terkadang pengendara sadar atau tidak sadar melakukan pelanggaran lalu lintas. Apalagi dengan adanya ETLE yang penindakannya secara jarak jauh tanpa kehadiran Polisi secara langsung.

Namun Anda jUga perlu waspada kerena tilang elektronik ETLE juga bisa direkam oleh kamera yang mobile.

Kamera mobile ini biasanya berada dalam mobil Polisi yang sedang patroli atau pun kamera yang digunakan oleh Polisi yang sedang bertugas mengatur lalulintas.

Cara paling aman Anda kena tilang elektronik atau tidak adalah dengan cara mengeceknya secara langsung.

Secara online cara ngecek kendaraan kena tilang elektronik atau tidak adalah dengan mengakses alamat https://etle-pmj.info/id/check-data kemudian masukn data nomor plat kendaraan, nomor rangka dan nomor mesin.

Jika Anda melanggar lalu lintas dan terekam kamera ETLE maka akan tampil data waktu pelanggaran, lokasi pelanggaran, jenis pelanggaran dan tipe kendaraan yang melanggar.

Kalau Anda ternyata kena tilang elektronik ETLE maka Anda harus segera mengurusnya, caranya bisa baca pada artikel berikut ini.

Baca: Cara Mengurus Tilang Elektronik ETLE

Jika tidak melakukan pelanggaran maka data tidak ditemukan (no data available)

Ternyata sangat mudah untuk mengetahui kendaraan Anda terkena tilang elektronik atau tidak dengan cara di atas.

Semoga cara ngecek kedaraan kena tilang elektronik (ETLE) atau tidak sangat mudah dilakukan. Semoga informasi di atas berguna untuk Anda, terima kasih. Silahkan dishare jika informasi ini beguna buat Anda.


Baca juga info pilihan berikut ini

Follow goozir.com

IG : GOOZIRBLOG

FB Page : Goozircom

Twitter : Goozircom

Telegram : Goozircom