Cara Mudah Ubah AC jadi DC Xeon GT125 Modal Kabel
Yamaha Xeon GT125 dengan arus listrik DC

Cara Ubah AC jadi DC Xeon GT125 Modal Kabel

Diposting pada

Goozir.com – Tips kali ini goozir mau bagikan cara mudah ubah AC jadi DC Xeon GT125. Merubah arus AC menjadi DC pada motor memiliki kelebihan. Kita bisa memasang lampu LED. Selain itu juga arus lebih stabil sehingga cahaya lampu yang dihasilkan lebih terang. Goozir belum lama ini merubah arus AC jadi DC pada motor tunggangan goozir yaitu Yamaha Xeon GT125, modalnya murah hanya butuh kabel saja.

Kelistrikan Yamaha Xeon GT125 pada dasarnya masih AC namun kita bisa memasang lampu LED sebagai lampu utama asal lampunya bisa AC/DC. Namun secara cahaya yang dihasilkan kurang terang, dan sudah goozir buktikan sendiri.

Selain kurang terang arus yang belum stabil juga membuat cahaya yang dihasilkan kadang redup saat gas tidak di putar dan tambah terang saat di gas, sama seperti lampu bohlam biasa pada listrik AC.

Setelah goozir mengubah arus AC pada GT125 Eagle Eyes menjadi DC dengan bantuan sebuah kabel akhirnya cahaya lampu utama menjadi lebih terang dan stabil.

Stelah berhasil merubah menjadi arus DC goozir juga memasang lampu LED untuk lampu sein dan stop lamp (lampu belakang). Untuk lampu sein goozir menggunakan lampu LED model jagung.

Berikut cara merubah Arus AC jadi DC pada Xeon GT125 dengan mudah modal kabel.

Cara Ubah AC jadi DC Xeon GT125

Buka bodi depan dan tengah sehingga kita bisa mengakses Kiprok  dan pengkabelan pada bagain tengah bodi.

Cek kabel terlebih dahulu siapa tahu ada yang mau putus seperti yang goozir temukan. Perbaiki isolasi ulang. Atau jika tidak memungkinkan di putus saja sekalian terus disambung lagi.

Lihat kabel pada bagian kiprok jika masih dibungkus coba buka bungkusnya sampai Anda bisa melihat kabel yang menuju kiprok.

Setelah kabel terlihat coba di copot kabel kuning strip merah (pada motor goozir) dari socket atau jika tidak bisa nyopotnya maka bisa di potong. Namun sisa potongan di kiprok harus di isolasi untuk menghindari hal yang tidak di inginkan.

Setelah itu sambung kabel kuning dari kiprok dengan kabel tambahan (gunakan kabel berkualitas baik, tembaga tebal). Isolasi hingga kuat dan tidak bocor atau aman dari air.

Setelah disambung ujungnya kita sambungkan ujung lainnya ke bagian kabel yang menuju kontak (kunci) cari kabel warna coklat, biasanya ada di dekat dengan frame tengah, disitu ad soket sambungan pertigaan. Sambung saja pada bagian socket dengan kabel tunggal tersebut. copot socket, sambung kabel pasang ke socket lagi.

Selannjutnya tinggal di coba di on kan kunci dan lihat apakah lampu belakang langsung menyala? Jika yaa maka kerjaan anda merubah arus AC jadi DC pada Xeon GT125 sudah berhasil.

Untuk video banyak di youtube. Goozir sendiri tidak sempot memfoto atau memvideokan yang goozir lakukan. Namun goozir berhasil dan kini Xeon GT125 yang goozir gunakan sudah DC.

Semoga awet.

Baca juga info pilihan di bawah ini

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"