Ciri Ciri Injektor Rusak Pada Sepeda Motor Injeksi
Injektor (thoughtco.com)

Ciri Ciri Injektor Rusak Pada Sepeda Motor Injeksi

Diposting pada

Goozir.com ciri – ciri injektor rusak untuk penguna sepeda motor injeksi harus kita ketahui agar gejala – gejala yang timbul bisa segera di atasi. Inejektor merupakan bagian vital dari sepeda motor Injeksi. Kerja injektor tidak maksimal bahkan bisa rusak total jika penyebab injektor yang rusak tidak ditangani dengan benar. Akibat dari injektor motor yang rusak mengakibatkan motor tidak bisa di hidupkan.

Cara yang paling mudah untuk mengatasi  agar Injektor pada motor injeksi tidak cepat rusak adalah dengan perawatan yang terukur.

Baca : Kapan Service Injektor Motor Honda Yamaha dan Suzuki

Ciri Ciri Injektor Rusak Pada Motor Injeksi

Injektor pada motor injeksi berfungsi untuk menyuplai bahan bakar ke ruang pembakaran. Bensin bisa mengalir ke ruang bakar karena adanya tekanan. Tekanan ini merupakan hasil kerja dari fuel pump atau pompa bahan bakar.

sebelum memutuskan bahwa ada kerusakan apda injektor kita harus mengetes dulu ada tidaknya tekanan bahan bakar. Cara mengetesnya dengan menggunakan Gasoline fuel tester. Jika hasilnya bagus baru bisa mencurigai kalau bagian injektorlah yang mengalami kerusakan. Berikut gejala injektor rusak.

Motor Susah distarter

Motor susah di starter bisa juga diakibatkan oleh kondisi busi yang sudah tidak bagus. Namun jiak busi masih bagus maka bisa di curigai Injektornya bermasalah. Kurangnya asupan bensin yang disuplai oleh injektor ke ruang bakar bisa menjadi sebab sepeda motor susah untuk distarter terutama pada keadaan dingin.

Mesin mudah mbrebet

Mesin mbrebet biasanya terjadi saat motor sedang digeber pada rpm tinggi. hal tersebut bisa terjadi akibat kurangnay suplai bahan bakar akibat injektor yang bermasalah. Mesin mbrebet bisa jadi gejala lanjutan dari motor yang susah di starter.

Sepeda Motor Mati Mendadak

Motor bisa juga mati secara mendadak akibat rusaknya injektor. Akibat kerusakan injektor yang makin parah atau mendekati ajal, selenoid yang membauka dan menutup menjadi tidak berfungsi normal. Akibatnya saat selenoid menutup aliran bensin ke ruang bakar menjadi tidak ada dan motor bisa mati mendadak.

Asap knalpot lebih pekat

Adanya asap pada knalpot menandakan bensin yang dibakar tidak terbakar dengan sempurna. Pembakaran yang tidak sempurna diakibatkan oleh suplai bahan bakar dari injektor yang terlalu banyak. Suplai bensin yang terus menerus inilah yang meyebabkan pembakaran jadi tidak sempurna karena kebanyakan bensin. Hasilnya asap knalpot jadi pekat yang seharusnya tidak ada asap jika semua dalam keadaan normal.

Mesin mati dan tidak bisa hidup lagi

Keadaan mesin mati dan tidak bisa dihidupkan lagi bisa terjadi karena injektor benar benar rusak sehingga sudah tidak mampu lagi menyuplai bensin ke ruang bakar. Namun harus dipastikan bahwa mesin tidak bisa hidup karena injektor rusak dengan cara :

Membuka busi motor, jika busi tetap kering memang injektor sudah rusak, namun jika elektroda busi basah maka masalah ada pada busi bukan pada injektor yang rusak.

Itulah bro dan sis beberpa ciri  ciri injektor rusak pada motor injeksi yang bisa membuat motor menjadi tidak bisa hidup, kalau injektor sudah tidak bisa diperbaikai maka jalan satu satunya harus diganti baru.

Jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan injeksi pada motor injeksi anda secara berkala.

Baca juga info pilihan di bawah ini

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"