Ciri – Ciri Membedakan Busi Palsu dan Asli NGK

Ciri – Ciri Membedakan Busi Palsu dan Asli NGK

Posted on

Goozir.com – Bro dan sis, berikut  Ciri – Ciri Membedakan Busi Palsu dan Asli NGK. Busi adalah sumber pembakaran pada mesin sepeda motor. Tanpa busi pembakaran tidak dapat terjadi. Saat motor dihidupkan, percikan api dari busi membakar campuran bensin dan udara yang sudah dimampatkan dan lahirlah ledakan yang menggerakan piston. Kejadian tersebut terus berulang sampai motor di matikan. Fungsi busi sangat penting, permintaan juga banyak. Jadi jangan heran jika beredar busi palsu di pasaran. Sebagai konsumen kita harus pintar dan tahu apa Ciri – Ciri Untuk Membedakan Busi Palsu.

NGK adalah salah satu merek busi yang terkenal. Bukan hanya di Indonesia tapi sudah masuk pasar ekspor. Penggunaan busi pada sepeda motor juga harus tahu jangan menggunakan busi sembarangan terutama untuk motor injeksi.

Baca : Tips memilih busi untuk motor injeksi

Sebagai salah satu pabrikan terkenal dan banyak digunakan di berabagai produk motor, NGK menjadi salah satu merek busi target pemalsuan. Untuk itu kita harus tahu ciri – ciri busi palsu dan asli NGK. Goozir sudah merangkum beberapa ciri – ciri busi asli atau palsu khusus merek NGK. Seperti apa kita bahas bareng-bareng bro…

6  Ciri – Ciri  Membedakan Busi Palsu dan Asli NGK

Pertama kita bisa melihat dari secara kasat mata bentuk ulir atau nut dari busi. Busi NGK asli memiliki bentuk nut yang rapi dan halus jika dibandingkan dengan busi NGK Palsu.

Kedua melihat nomor lot produksi. Nomor lot produksi busi NGK ada pada bagian hexagonal. Pada busi NGK Palsu tidak memiliki nomor lot produksi.

Ketiga penulisan part number. Pada busi NGK palsu penulisan Part number terlihat lebih tebal, lebih hitam, dan posisinya tidak rapi. Sedangkan untuk busi NGK asli memiliki  tulisan part number yang rapi dan teratur.

Beda : Busi NGK MR8K-9, Khusus untuk Honda PCX 150

Keempat material shell. Busi asli NGK dibuat dari baja kuat tahan panas dan tahan korosi karena dibuat dengan proses plating Cr3. Warna juga terlihat lebih cerah. Sedangkan busi palsu NGK warna cepat pudar, metal shell mudah berkarat dan buram.

Kelima gasket busi. NGK busi memiliki gasket/ring yang sulit di lepas. Jika bisa di lepas memasangnya lagi akan sulit. Berbeda dengan bisa NGK palsu yang mudah dilepas dan dipasang gasketnya (Ring)

Baca : Busi racing NGK khusus balap

Keenam Ciri – Ciri Untuk Membedakan Busi Palsu dan Asli NGK adalah dengan melihat ujung elektroda. Pada gap dan penyambungan busi asli NGK memiliki bentuk sambungan yang sangat rapi. Sedangkan untuk busi palsu NGK bentuknya tidak rapi.

Tips membeli busi NGK asli

Bagaimana bro dan sis semoga info yang goozir berikan dapat dimengerti dan tidak membuat bingung. Jadi setelah kita tahu Ciri – Ciri Untuk Membedakan Busi Palsu dan Asli NGK kita bisa lebih selektif saat melakukan penggantian busi.

Minimal kita membeli busi pada toko yang sudah terbukti menjual busi asli dan bukan KW apalagi palsu.

Cara paling mudah kita melakukan penggantian busi saat service rutin sepeda motor kita. Dibuku petunjuk service sudah disebutkan kapan harus ganti busi dan sebagian besar ATPM juga sudah menggunakan busi NGK.

Baca juga info pilihan di bawah ini

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"