GP007 Ubah Limbah Plastik Jadi Bahan Bakar
Dimas pakai Vespa bahan bakar minyak dari limbah plastik (Dimas Bagus Widjanarko)

GP007 Ubah Limbah Plastik Jadi Bahan Bakar

Posted on

Goozir.com –  Bro dan Sis pecinta motor, masalah lingkungan menjadi masalah kita bersama. Apa lagi berbicara sampah. Sampah yang organik tidak jadi masalah namun sampah non organik jadi masalah besar. bagaimana jika plastik bisa jadi bahan bakar kendaraan? Itulah GP007. Seperti apa infonya?

Memang saat ini ada plastik yang sudah bisa terurai namun tetap saja butuh waktu lama untuk terurai. Tidak seperti sampah organik yang cepat bisa terurai.

Bagaimana sampah plastik bisa menjadi bahan bakar? Adalah Dimas Bagus Widjanarko yang sukses melakukan perjalanan dari Jakarta hingga Lumajang dengan jarak tempuh kurang lebih 800 km.

Teknologi GP007 Ubah Sampah Plastik Jadi Minyak

Bung Dimas menggunakan Vespa  Bajaj Super 1977 dalam perjalanannya dan yang bikin terkejut adalah bahan bakar yang di pakai ternyata hasil pengolahan limbah plastik.

Kecintaan Dimas terhadap Lingkunagn memberikan ide buat dirinya untuk merubah limbah plasik jadi bahan bakar.

Plastik sendiri bahan dasarnya adalah minyak bumi mungkin inilah teori dasar yang digunakan oleh bung dimas. Melalui proses panjang minyak bumi mentah menghasilkan bahan residu yang bisa diolah sedemikian rupa hingga bisa menjadi bahan plastik.

Dimas sendiri sudah riset tekonolgi GP007 sejak 2014 lalu. Dan kali ini sudah alat ke-7 yang di buatnya. Untuk merubah limbah plastik jadi tetesan minyak pertama hanya butuh waktu 5 menit.

Untuk mendapatkan 1 liter minyak mentah dibutuhkan 1 kg plastik bekas. Tidak dijelaskan jenis plastik apa yang bisa di buat minyak kembali. Apakah jenis plastik kresek atau plastik bening.

RON yang terkandung dari minyak yang dihasilkan adalah 84. Untuk RON 84 bisa digunkan untuk mesin 2 tak. Untuk 4 tak bisa di pakai namun menurut Dimas tidak ada tenaganya.

Masih menurut Dimas, dirinya bisa membuat minyak dari bahan sampah plastik dengan RON 88 jika alatnya lebih canggih.

Semoga ini bisa menjadi solusi baik buat sampah plastik  di Indonesia bahkan di Dunia. Good luck Dimas…  dengan GP007

Baca juga info pilihan goozir.com di bawah ini bro and sis

Canggih ya bro… semoga proyek Dimas bisa berkembang dengan menciptakan alat yang lebih sempurna sekarang GP007 kedepannya mungkin ada GP008 dan seterusnya.

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"