Honda CRF1100 Africa Twin 2022 Spesifikasi & Warna Baru

Honda CRF1100L Africa Twin 2022 Spesifikasi & Warna Baru

Diposting pada

Goozir.com – Honda CRF1100L Africa Twin model terbaru 2022 resmi dirilis dengan warn baru. Pertama dilucuncurkan berlabel CRF1000L Africa Twin pada 2016. Kemudian pada 2018 Africa Twin hadir dengan transmisi manual dan Dual Clutch Transmission (DCT), menggunakan kontrol Throttle By Wire (TBW) ditambah dengan 4 mode berkendara, memperluas opsi Honda Selectable Torque Control (HSTC), serta pengembangan intake dan knalpot untuk meningkatkan respons dan suara mesin.

Pada tahun 2020 Affrica Twin hadir dengan kapasitas yang lebih besar, mesin 1084cc, stroke yang lebih panjang menandai lahirnya evolusi Africa Twin.

CRF1100L Africa Twin hadir secara komprehensif dengan gaya reli yang agresif dan kompak dengan fokus off-road yang lebih tajam.

Kenyamanan, teknologi dan kemampuan Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports juga semakin ditingkatkan – termasuk opsi suspensi Showa Electronically Equipped Ride Adjustment (Showa EERA ™) mutakhir.

Untuk suspensi, kini lebih optimal meredam kejutan baik bagian depan maupun belakang.

Afrika Twin Adventure Sports juga tersedia dengan Showa EERA ™ sebagai pilihan. Empat mode default – SOFT, MID, HARD dan OFF-ROAD yang mencakup setiap jenis situasi berkendara, dan ada mode PENGGUNA untuk penyetelan lebih lanjut. Preload pegas belakang juga dapat disesuaikan saat stasioner.

Spesfikasi Honda CRF1100L Africa Twin 2022

Untuk model 2022, Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sport memiliki pengaturan Dual Clutch Transmission (DCT) yang disempurnakan untuk penanganan yang lebih halus di roda gigi 1 dan 2, layar baru yang dapat disesuaikan, dan grafis ‘Cracked Terrain’ baru yang mencolok.

Dirancang untuk jangka panjang, Africa Twin Adventure Sports memiliki fairing depan yang luas, memiliki wind screen bisa diatur 5 dengan ukuran lebih pendek namun tetap memiliki visibilitas baik untuk perlindungan angin dan cuaca.

Memiliki ketinggian jok 850-870mm dan ketinggian ke setang 1182mm memberikan posisi berkendara yang tegak, visibilitas tinggi dan kontrol yang nyaman, baik berdiri atau duduk.

Bagian belakang terlihat sangat ramping dan kursi menyempit berkontur yang memungkinkan gerakan bolak-balik yang mudah serta jangkauan tanah yang baik.

Berbekal tangki kapasitas 24.8L menawarkan jangkauan potensial lebih dari 500km, berkat kosnusmsi bahan bakar 4.9L / 100km (20,4km / L) MT dan 4.8L / 100km (20,8km / L) DCT (mode WMTC).

Lampu depan LED ganda diatur tinggi, memberikan sinar penetrasi dan juga fitur Daytime Running Lights (DRL) yang secara otomatis menyesuaikan diri dengan intensitas cahaya ambient untuk meningkatkan keamanan pada berbagai kondisi.

Untuk keamanan tambahan, CRF1100L Africa Twin Adventure Sports memiliki tiga tahap kanan / kiri Cornering Lights yang menggunakan kecepatan dan sudut kemiringa (dikendalikan oleh IMU) untuk secara otomatis menyesuaikan area yang diterangi saat menikung.

Layar sentuh TFT Multi Information Display (MID) berukuran 6,5 inci mempermudah pengendara untuk mengendalikan semua sistem Africa Twin, dengan masing-masing mode berkendara dapat dipilih melalui sebelah kiri atas layar.

MID juga dapat disesuaikan untuk menunjukkan berbagai tingkat informasi termasuk mode berkendara yang dipilih dan mudah digunakan bahkan saat mengenakan sarung tangan.

MID juga bisa terhubung dengan smartphone menggunakan Apple CarPlay (r) dan Android Auto (r). Aplikasi navigasi juga dapat diakses dan ditampilkan di MID.

Anda juga bisa menerima dan melakukan panggilan melalui headset helm Bluetooth. Smartphone itu sendiri dihubungkan ke port pengisian USB di sebelah kanan MID.

Konektivitas Bluetooth nirkabel hands-free juga tersedia dan semua input kontrol diinput dari switchgear kiri.

Honda CRF1100l Africa Twin memiliki fungsi Emergency Stop Signal. Ketika mengerem tiba-tiba lebih dari 50kph lampu bahaya berkedip untuk memperingatkan pengguna jalan lain.

Memiliki mesin paralel-kembar SOHC 8-katup 1.084cc mempu menghasilkan tenaga puncak 75kW pada 7.500rpm dan torsi puncak 105Nm pada 6.250rpm.

Spesifikasi Honda CRF1100L Africa twin
spesifikasi Honda Africa Twin

Ukuran bore 92mm dan stroke 81,5mm menghasilkan kompresi mesin 10.1:1.

Garpu depan terbalik tipe kartrid 45mm dengan Rebound dan kompresi damping sepenuhnya dapat disesuaikan. Suspensi belakang Showa memberikan travel 220mm dan memiliki silinder 46mm serta reservoir jarak jauh untuk kontrol redaman yang stabil di bawah kondisi berkendara off-road yang ekstrem.

Mesin

  • Tipe mesin : SOHC liquid-cooled 4-stroke 8-valve parallel twin with 270° crank and Uni-cam
  • Kubikasi mesin : 1084cc
  • Bore & Stroke : 92mm x 81.5mm
  • Kompresi mesin : 10.1:1
  • Max. Power Output : 75kW at 7500rpm
  • Max. Torque : 105Nm at 6250rpm
  • Sistem bahan bakar : PGM-FI
  • Kapasitas tangki BBM : 24.8L
  • Konsumsi bahan bakar : 4.9L/100km (20.4km/L) MT, 4.8L/100km (20.8km/L) DCT
  • Clutch Type : Wet, multiplate with coil springs, aluminium cam assist and slipper clutch
  • DCT – 2 wet multiplate clutches with coil springs

    Transmisi : 6 speed manual (6 speed DCT)

Kelistrikan

  • Starter : Electric
  • Kapasitas baterai : 12V-6Ah Li-ion battery (20hr)
  • ACG Output :  0.49kW/5000rpm

Frame

  • Type : Semi double cradle
  • Dimensions (P x L x T) : 2330mm x 960mm x 1490mm (1545mm with screen in uppermost position)
  • Wheelbase : 1575mm
  • Trail : 113mm
  • Tinggi Jok : 850/870mm (low seat option 825mm, high seat option 895mm)
  • Ground Clearance : 250mm
  • Kerb Weight : 238kg (DCT 248kg), With Showa EERATM 240kg MT (DCT 250kg)
  • Suspensi depan : Showa 45mm cartridge-type inverted telescopic fork with dial-style preload adjuster and damping adjustment, 230mm stroke
  • Suspensi belakang : Monoblock aluminium swing arm with Pro-Link with Showa gas-charged damper, hydraulic dial-style preload adjuster and rebound damping adjustments, 220 mm rear wheel travel.
  • Velg depan : 21M/C x MT2.15 wire spoke with aluminium rim
  • Velg belakang : 18M/C x MT4.00 wire spoke with aluminium rim
  • Ban depan : 90/90-21M/C 54H (tubeless type), Bridgestone Battlax Adventurecross Tourer AX41T
    Metzler Karoo Street
  • Ban belakang : 150/70R18M/C 70H (tubeless type), Bridgestone Battlax Adventurecross Tourer AX41T
    Metzler Karoo Street

  • Tipe pengereman : 2 channel with IMU, Selectable ABS MODE with on-road and off-road setting
  • Rem depan : 310mm dual wave floating hydraulic disc with aluminium hub and radial fit 4-piston calipers and sintered metal pads
  • Rem belakang : 256mm wave hydraulic disc with single piston caliper and sintered metal pads. 2-Channel with rear ABS off mode.


Fitur Honda CRF1100L Africa Twin

Sistem elektronik menawarkan 4 tingkat daya dan 3 tingkat pengereman mesin. Ada tujuh tingkat HSTC dengan jumlah intervensi masing-masing tingkat yang dioptimalkan untuk bekerja dengan input real-time (yaw / roll angle and rate) dari IMU.

Jarak level telah dioptimalkan untuk memungkinkan pengendara melakukan pemilihan yang lebih baik dari jumlah slide ban belakang untuk berkendara off-road. HSTC juga dapat dimatikan sepenuhnya.

Wheelie Control adalah fitur lain yang diperkenalkan pada tahun 2020. Sekali lagi, dengan IMU mengukur sudut dan laju pitch, dan mengendalikan torsi mesin melalui TBW, pengendara dapat memilih antara 3 tingkat input.

Level 1 memungkinkan untuk mengangkat roda yang dimaksudkan tetapi menekan gerakan tiba-tiba. Level 3 menghentikan elevasi roda depan dan level 2 berada di tengah jalan antara keduanya. Wheelie Control juga dapat dimatikan sepenuhnya.

Honda CRF1100l Africa Twin memiliki empat pengaturan mode berkendara default yaitu TOUR, URBAN, GRAVEL dan OFF-ROAD untuk mencakup sebagian besar kondisi dan situasi berkendara, ditambah dua pengaturan PENGGUNA yang dapat disesuaikan. Bahkan dalam mode naik default, dimungkinkan untuk mengubah beberapa parameter – HSTC antara level 1-7 (plus off), Wheelie Control antara level 1-3 (plus off) dan dct S mode shift pattern level 1-3.

Mode TOUR menggunakan tingkat Daya tertinggi (1), untuk tur yang sarat dengan pillion dan bagasi ditambah Mid-range Engine Braking (2) dengan ABS Cornering on-road aktif.

Mode URBAN sesuai dengan persyaratan berkendara yang luas dan menggunakan Mid-level Power (2) dan Engine Braking (2) dengan ABS Cornering on-road aktif.

Mode GRAVEL memberikan tingkat daya terendah (4) dan Engine Braking (3). Cornering ABS aktif dengan pengaturan off-road; Dalam pengaturan ini, ABS rem belakang tidak dapat dimatikan.

Mode OFF-ROAD menggunakan Daya tingkat menengah ke bawah (3) dan jumlah Pengereman Mesin terendah (3). Cornering ABS aktif, dengan pengaturan off-road, ABS rem belakang dapat dimatikan.

Mode USER 1 & 2 menawarkan pengendara pilihan dua pengaturan pribadi yang berbeda – memilih antara tingkat Daya 1-4 dan Engine Braking 1-3, ditambah parameter HSTC, Wheelie Control dan ABS (on-road / off-road). USER 1 dimulai dengan level 2 Power and Engine Braking, USER 2 menggunakan level 4 Power dan 3 Engine Braking.

Warna Honda CRF1100L Africa Twin

Honda CRF1100L Africa Twin 2022 ‘Adventure Sports’ akan tersedia dalam warna-warna berikut:

  1. Pearl Glare White Tricolour
  2. Matte Ballistic Black Metallic

Sementara untuk versi standar ada warna putih ‘Tri color’, merah dan hitam

Demikian bro informasi singkat Honda CRF1100L Africa Twin model 2022, semoga berguna dan jangan lupa baca info menarik lainnya dibawah ini.

Follow us…

Instagram : GOOZIRBLOG

Facebook : Goozircom

Twitter : Goozircom

Youtube : Goozirblog