Isuzu Panther Euro4, Ini Ubahan Mesinnya

Isuzu Panther Euro4, Ini Ubahan Mesinnya

Diposting pada

Goozir.com – Sempat beredar info bahwa Isuzu Panther bakal stop produksi. Namun pihak Isuzu membantah hal tersebut. Bahkan ada kabar lagi bahwa Isuzu Panther Euro4 bisa saaja dibuat.

Saat ini Isuzu Panther memang menjadi mobil diesel yang masih populer. Sayangnya mesin yang digunakan masih berstandar Euro2. Hal tesebut bakal berbenturan dengan aturan pemerintah.

Tahun depan pemerintah akan menerapkan aturan Euro4. Otomatis semua kendaraan yang dijual di Indonesia harus berstandar Euro4 pada hasil gas buangnya.

Untuk mendapatkan gas buang berstandar Euro4 maka ada bagian mesin atau perangkat lain yang harus dirubah. Isuzu Panther pun bisa memiliki mesin dengan standar Euro4.

Dengan pemilihan tidak akan menyetop produksi Isuzu Panther, tentunya pihak Isuzu punya solusi untuk membuat Isuzu Panther berstandar Euro4.

Isuzu Panther Euro4

Jika Isuzu mau merubah mesin Panther berstandar Euro4 maka butuh biaya yang tidak sedikit. Namun jika Isuzu mau tetap memproduksi Panther maka harus dilakukan.

Secara teknis merubah mesin Panther berstandar Euro4 perlu perubahan dan penambahan pada mekanikal pompa menjadi Common Rail, dan hal tersebut termasuk mayor change.

Kemudian dari ECR harus ditambah dengan ECR Cooler dan Oksidasi Katalis. Tidak hanya pada sisi engine masih ada treatment lain yang harus dilakukan diluar engine untuk mendapatkan Mesin Panther berstandar Euro4.

Intinya jika Panther nantinya berstandar Euro4 maka harga jual bakalan naik.

Opsi menggunakan mesin Traga

Sebagai informasi saat ini Isuzu Traga menggunakan mesin Panther yang sudah berstandar Euro4. Namun perlu dicatat ada perbedaan layout pada mesin traga dibanding dengan mesin Panther saat ini.

Jadi tidak 100 persen plug and play jika Isuzu Panther menggunakan mesin Traga. Konstruksi juga berbeda, dimana Isuzu Traga mesinnya ada di kolong.

Pengembangan Isuzu Panther jika tidak di stop produksi memang harus mengaplikasikan mesin Euro4. Opsi mana yang akan digunakan oleh Isuzu apakah akan menggunakan mesin Traga atau membuat mesin baru yang berstandar Euro4 untuk Panther masih menjadi misteri dan hanya Isuzu yang tahu.

Isuzu Panther di launching pada 2004 dengan varian Grand Touring, Touring, LS Turbo, LS LV Adventures, LV, Smart dan LM.

Secara exterior menggabungkan gaya minivan dan SUV. Nuansa mewah dengan desain yang bersih dan aerodinamis.

Pemakaian headlamp besar menambah sporty di gabungkan dengan desain grille dan bumper serta fender.

Interior memberikan kenyamanan sebuah mobil penumpang yang sesungguhnya.

Dai segi mesin Panther di bekali mesin berkode 4JA1L berkubikasi 2499cc direct injection diesel dengan kombinasi power dan konsumsi bahan bakar yang baik.

Demikianlah info singkat Isuzu Panther Euro4 yang masih belum jelas nasibnya. semoga ada penerus dari Panther dengan Euro4.

Baca juga info pilihan di bawah ini

Follow goozir.com

IG : GOOZIRBLOG

FB Page : Goozircom

Twitter : Goozircom

Telegram : Goozircom

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *