Kaca Film Mobil Yang Bagus &Tepat Untuk Dipasang
Kaca Film Mobil

Kaca Film Mobil Yang Bagus &Tepat Untuk Dipasang

Diposting pada

Goozir.com – Kaca film menjadi salah satu part aksesiris yang wajib dipasang bagi pemilik mobil. Fungsinya sendiri melindungi bagian dalam mobil agar aman, tidak terlalu panas dan menangkal sinar UV. Cara memilih Kaca film mobil yang tepat dan bagus tidak boleh asal agar manfaat dari Kaca film bisa maksimal.

Kaca Film Mobil Yang Bagus dan Tepat

Fungsi Kaca film menjaga keamanan mobil dengan melindungi bagian dalam terlihat dari luar. Sehingga barang-barang berharga yang mungkin tertinggal di mobil tidak terlihat dari luar sehingga bisa mencegah dari tindak kejahatan.

Fungsi menangkal panas dan sinar UV menjadi fungsi utama memasang kaca film pada mobil. Suasana kabin yang panas dan masuknya sinar UV akan membuat suasana kabin tidak nyaman serta membuat kulit bisa terbakar serta efek buruk lainnya.

Sumber panas dan UV utama adalah sinar matahari. Sinar matahari memiliki 3 sinar yang dibawa masuk ke dalam kabin yaitu :

Sinar tampak, merupakan sinar yang kita lihat siang hari. Inilah yang dimanfaatkan manusia untuk penerangan disiang hari sehingga semua tampak.

Sinar UV, merupakan sinar yang memiliki potensi menyebabkan penyakit katarak, kanker kulit, penuaan dini dan lainnya.

Sinar inframerah, merupakan perantara utama masuknya panas ke bumi dan tentunya masuk ke dalam kabin.

Oleh karena itu cara memilih kaca film mobil yang bagus dan tepat harus memenuhi kriteria tertentu. Kriteria kaca film untuk mobil yang bagus dan tepat diantaranya adalah sebagai berikut :

Kaca film yang bagus dan tepat dipasang di mobil mampu mengurangi spektrum sinar infra merah yang maksimal. sehingga suhu kabin bisa terjaga pada suhu yang rendah.

Kaca film yang tepat dan bagus dipilih adalah yang mampu mengurangi spektrum sinar UV. Sehingga mampu mengurangi potensi kanker, penuaan dini pada manusia dan pemudaran warna interior pada mobil.

Kaca film mobil yang bagus dan tepat untuk dipilih harus mampu memberikan visibilitas yang baik pada lingkungan sekitar baik siang hari maupun malam hari. Sehingga pengemudi maupun penumpang bisa waspada dengan lingkungan sekitarnya.

Dengan memasang kaca film pada mobil maka 43 persen spektrum cahaya akan dipantulkan. 35 persen spektrum cahaya di serap dan hanya 22 persen spektrum cahaya yang masuk ke dalam kabin.

Cara Memilih Kaca Film

Kaca mobil dipasang pada bagian depan samping kanan kiri dan bagian belakang. Tingkat kegelapan kaca film berbeda untuk masing masing bagian kaca. Sehingga memilih kaca film bagian depan samping dan belakang tidaklah sama.

Memilih Kaca Film Untuk Bagian Depan

Kaca bagian depan mobil merupakan bagian yang harus memiliki visibilitas tinggi. karena pengemudi lebih banyak melihat ke depan dibandingkan melihat ke samping apa lagi ke belakang.

Ukuran tingkat kegelapan kaca film pada bagian depan maksimal 40 persen sesuai dengan surat keputusan menteri perhubungan nomor KM.439/U/Phb-76 tentang penggunaan kaca pada kendaraan bermotor.

Namun jika nyaman dnegan tingkat gelap 20 persen maka bisa memasang kaca film tersebut.

Memilih Kaca Film Bagian Jendela Depan

Kaca jendela bgain depan yaitu yang berada di pintu depan kanan dan kiri, disarankan memiliki tingkat kegelapan maksimal 40 persen. Alasannya agar pengemudi bisa jelas melihat spion dengan jelas dan mudah bereaksi jika terjadi sesuatu.

Bayangkan jika kaca bagian jendela ini diberi kaca film berukuran gelap 80 persen, supir akan susah melihat spion sehingga konsetrasi bisa terganggu.

Memilih Kaca Film Bagian Samping

Untuk kaca mobil bagian samping maksimal bisa di pasang kaca film dengan ukuran 80 persen. Atau jika mengikuti aturan dari menteri perhubungan di atas hanya 70 persen saja.

Hal tersebut agar penumpang dibagian belakang supir bisa lebih nyaman dan terhindar dari panasnya sinar matahri yang masuk ke kabin.

Memilih Kaca Film Bagian Belakang

Kaca bagian belakang mobil juga harus memiliki visibilitas yang baik bagi sopir. Untuk itu mobil yang spion tengahnya memiliki mode Rayben maka bisa menggunakan kaca film dengan ukuran kegelapan 20 atau 40 persen.

Sedangkan jika spion tengah tidak memiliki mode Rayben maka  bisa memasang kaca film dengan ukuran 60 persen. Fungsi kaca film belakang Untuk mengurangi pantulan sinar lampu mobil dari arah belakang.

Tidak disarankan memasang kaca film ukuran 80 persen karena akan menyusahkan saat parkir mundur.

Sealain kriteria kaca film yang bagus dan referensi memilih kaca film yang tepat untuk dipasang pada bagian depan samping dan belakang kita juga harus mengetahui fitur kaca film yang bagus seperti apa.

Fitur Kaca Film yang Bagus

Kaca film yang bagus juga harus memiliki beberapa fitur sehingga mampu bekerja secara maksimal. fitur – fitur kaca mobil yang bagus diantaranya adalah sebagai berikut

1. Nigh Vision

Fitur Nigh Vision kaca  film pada mobil mampu memberikan penglihatan yang jelas dari dalam keluar walaupun dari luar terlihat gelap. Tujuan utama Nigh Vision adalah untuk menjaga privasi .

2. UV 400

Teknologi UV 400 mampu memberikan perlindungan terhadap sinar UV bahkan diklaim bisa menolak hingga 99 persen.

Hal tersebut penting mengingat tujuan utama memasang kaca film adalah untuk melindungi bagian dalam kabin dan isinya dari panas dan hal berbahaya dari sinar matahari.

3. Nano Ceramic

Komponen kaca film nano keramik menjadi bagian penting. Nano Ceramic mecegah terhalangnya signal handphone maupun GPS dan lainnya.

4. Penolak Blue Light

Blue light menyebabkan kantuk, lelah dan sakit kepala. Sehingga sebisa mungkin untuk memilih kaca film yang memiliki fitur penolak blue light walaupun fitur ini biasanya ada pada kaca film grade premium.

5. Garansi Purna Jual

Garansi purna jual penting sebagai bentuk jaminan produsen terhadap produk yang dijualnya. Semakin berkualitas biasanya memiliki jaminan garansi lebih lama.

Nah itulah info singkat seputar kaca film yang biasa dipasang pada mobil. Sudah dibahas kirteria kaca film yang bagus, pemilihan kaca film yang tepat, dan fitur kaca film yang bisa digunakan untuk menentukan kualitas sebuah kaca film mobil. Semoga berguna

Baca juga info pilihan di bawah ini

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"