Kapan waktunya Ganti Sabuk Pengaman (Seatbelt) Goozir.com - Sabuk pengaman atau Seatbelt merupakan piranti wajib pada kendaraan mobil. Seiring usia mobil yang makin tua, Sabuk pengamnan juga perlu diganti. Kapan waktu yang tepat untuk ganti sabuk pengaman? Seatbelt menjadi salah satu fitur keselamatan wajib pada kendaraan mobil. Sabuk pengamnan berperan penting dalam menjaga keselamatan penumpang maupun pengemudi saat terjadi kecelakaan. Kondisi sabuk pengaman juga harus diperhatikan agar seatbelt tetap berfungsi dengan baik. Ciri - Ciri Sabuk Pengaman Perlu Diganti Seatbelt memiliki fungsi mengurangi risiko cidera saat terjadi benturan. Ada suatu kondisi dimana sabuk pengaman sudah tidak berfungsi maksimal ataupun sudah tidak layak lagi digunakan. Hal tersebut bisa dilihat dari ciri-ciri yang ada, seperti: Sabuk pengaman getas Seatbelt mudah putus atau sobek berarti Seatbelt sudah getas. Jika sudah getas berarti sudah kehilangan kemampuan untuk menahan goncangan tubuh penumpang atau pengemudi jika terjadi benturan. Sabuk pengaman yang getas bisa putus saat mobil bermanuver dan tidak mampu lagi menahan beban tubuh penumpang atau pengemudi. Buckle Sabuk karatan Karat adalah musuh alami logam. Sabuk pengaman juga memiliki bagian logam yang bisa saja karatan. Buckle sabuk pengaman yang karatan akan menyusahkan saat setabelt digunakan maupun saat dilepas akibat karat yyg timbul. Berubah Warna Sabuk pengaman yang sudah berubah warna biasanya sudah menjadi pertanda bahwa perganttian seatbelt semakin dekat. Jika Anda menemukan ciri-ciri di atas maka Anda harus menggantinya dengan yang baru. Akibat buruk seatbelt yang tidak diganti pas sudah waktunya diganti bisa berpengaruh buruk pada pengguna sabuk maupun penumpang lain. Jika tidak mengunakan sabuk pengaman karena rusak atau malas pakai, jika teradi benturan, yang tidak pakai seatbelt bisa melayang dan melukai penumpang lain. Jadi kapan harus ganti sabuk pengaman / seatbelt? Jika sudah memiliki salah satu ciri diatas maka sudah saatnya Anda mengganti sabuk pengamnan. Baca juga info pilihan berikut ini Sabuk pengaman, seatbelt, kapan ganti sabuk pengaman, kapan ganti seatbelt?

3 Ciri Kapan waktunya Ganti Sabuk Pengaman (Seatbelt) Terbaru

Diposting pada

Goozir.com – Sabuk pengaman atau Seatbelt merupakan piranti wajib pada kendaraan mobil. Seiring usia mobil yang makin tua, Sabuk pengamnan juga perlu diganti. Kapan waktu yang tepat untuk ganti sabuk pengaman?

Seatbelt menjadi salah satu fitur keselamatan wajib pada kendaraan mobil.

Sabuk pengamnan berperan penting dalam menjaga keselamatan penumpang maupun pengemudi saat terjadi kecelakaan.

Kondisi sabuk pengaman juga harus diperhatikan agar seatbelt tetap berfungsi dengan baik.

Kapan Ganti Sabuk Pengaman

ganti sabuk pengaman
sabuk pengaman masih bagus

Seatbelt memiliki fungsi mengurangi risiko cidera saat terjadi benturan.

Ada suatu kondisi dimana sabuk pengaman sudah tidak berfungsi maksimal ataupun sudah tidak layak lagi digunakan.

Hal tersebut bisa dilihat dari ciri-ciri yang ada, seperti:

Sabuk pengaman getas

Seatbelt mudah putus atau sobek berarti Seatbelt sudah getas.

Jika sudah getas berarti sudah kehilangan kemampuan untuk menahan goncangan tubuh penumpang atau pengemudi jika terjadi benturan.

Sabuk pengaman yang getas bisa putus saat mobil bermanuver dan tidak mampu lagi menahan beban tubuh penumpang atau pengemudi.

Buckle Sabuk karatan

Karat adalah musuh alami logam. Sabuk pengaman juga memiliki bagian logam yang bisa saja karatan.

Buckle sabuk pengaman yang karatan akan menyusahkan saat setabelt digunakan maupun saat dilepas akibat karat yyg timbul.

Berubah Warna

Sabuk pengaman yang sudah berubah warna biasanya sudah menjadi pertanda bahwa perganttian seatbelt semakin dekat.

Jika Anda menemukan ciri-ciri di atas maka Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Akibat buruk seatbelt yang tidak diganti pas sudah waktunya diganti bisa berpengaruh buruk pada pengguna sabuk maupun penumpang lain.

Jika tidak mengunakan sabuk pengaman karena rusak atau malas pakai, jika teradi benturan, yang tidak pakai seatbelt bisa melayang dan melukai penumpang lain.

Jadi kapan harus ganti sabuk pengaman / seatbelt?

Jika sudah memiliki salah satu ciri diatas maka sudah saatnya Anda mengganti sabuk pengamnan.

Baca juga info pilihan berikut ini

Follow us

Instagram : Goozirblog

FB Page : Goozircom

Twitter : Goozircom

Telegram : Goozircom

Youtube : Goozirblog