Kiprok Rusak,Tanda Ciri Dan Cara Perbaikan

Kiprok Rusak Tanda, Ciri Dan Cara Perbaikan

Diposting pada

Ttanda / ciri kiprok rusak dan cara perbaikannya. Kiprok rusak menjadi masalah serius bagi pemilik sepeda motor. Ditambah motor sudah injeksi. Dipastikan lengkap sudah penderitaan Anda

kiprok atau bahasa kerennya Regulator Rectifier berfungsi untuk menahan dan menstabilkan arus listrik yang berasal dari spul sebelum menuju ke aki. Untuk model kiprok jaman sekarang kebanyakan sudah DC. Makanya banyak motor yang memakai lampu LED.

Ciri – Ciri Kiprok Rusak

Kiprok berperan penting pada sepeda motor apa lagi motor injeksi yang bergantung penuh pada suplay listrik. Komponen motor injeksi semuanya bekerja dengan adanya aliran listrik.

Sebagai contoh injektor, pompa bahan bakar, lampu dan lain sebagainya. Tanpa listrik motor injeksi  tidak bakal bisa jalan. Disinilah peran kiprok sangat penting. Kita sebagai biker harus tahu ciri-ciri kiprok rusak atau sudah tanda-tanda kiprok mau wasalam.

A. Motor brebet

Motor menjadi mbrebet atau terkadang mati sendiri di jalan. Ini sudah salah satu tanda ada sistem kelistrikan yang tidak beres. Kiprok bisa menjadi salah satu part yang bisa di curigai. Jika kiprok rusak atau mulai rusak, tegangan yang dihasilkan mulai tidak stabil. Alhasil pengisian aki tidak sempurna efeknya ya bisa motor mbrebet.

B. Motor susah di starter

Motor susah di starter juga bisa menjadi indikasi kiprok rusak walaupun aki soak juga mungkin. Goozir.com sendiri mengalami aki soak dan motor tidak bisa di starter.

Dalam kasus goozir.com kiprok masih bagus. Lagi-lagi berhubungan dengan asupan listrik ke aki. Kiprok yang sudah mau kadaluarsa memang membuat pengisian aki tidak sempurna. Akhirnya motor pun susah di starter.

C. Lampu sepeda motor mudah putus

Lampu motor sering putus  pada rentang rpm 3000 keatas. Ini jelas karena tidak adanya penahan dan penstabil arus listrik yang di hasilkan spul. Sehingga arus dari spul akan langsung ke lampu. Lampu tidak kuat dan putus.

D. Suhu kiprok tinggi atau bahkan dingin

Saat sepeda motor menyala kiprok akan berasa hangat jika kita sentuh dengan kulit tubuh kita. Namun untuk kiprok yang rusak atau mau rusak tejadi suhu yang tinggi pada kiprok atau kiprok tetap dingin aja padahal motor nyala. Jika hal tersebut terjadi maka itu jadi ciri atau tanda kiprok tewas.

Khusus untuk motor dengan kelistrikan masih AC jika motor di geber maka lampu utama depan akan menyala makin terang. namun jika sebalikanya yang terjadi, digeber tapi lampu masih redup saja artinya kiprok sudah soak.

Perbaikan Kiprok rusak

Cara terbaik untuk perbaikan kiprok adalah dengan mengganti kiprok yang rusak dengan kiprok baru. Atau mensubtitusinya dengan kiprok sepeda motor  lain dengan syarat dan kondisi tertentu. Terkadang kiprok asli lebih mahal dari pada kiprok subtitusi dari motor lain

Baca : Kiprok Xabre rusak ganti dengan kiprok NMAX

Cara terbaik untuk mengetahui kiprok rusak atau tidak adalah dengan mngukur tegangan  aki  menggunakan pocket tester saat motor dalam keadan langsam. Jika tegangan aki malah menurun berarti indikasi dari kiprok perlu di ganti.

Baca : 

Kiprok rusak tanda dan ciri serta  cara perbaikan

Baca juga info info pilihan di bawah ini

Follow us

IG : Goozirblog

Facebook : Goozircom

Twitter : Goozircom

Telegram : Goozircom

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"

33 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *