Masalah Engine Cek NMAX 2020 (P0335) : Penyebab dan Solusinya
Masalah Engine Cek Yamaha NMAX 2020 (foto: kumparan)

Masalah Engine Cek NMAX 2020 (P0335) : Penyebab Dan Solusinya

Diposting pada

Goozir.com – Masalah engine cek NMAX 2020 (Kode P0335) sempat viral sebab salah satu Youtuber yang membeli NMAX model 2020 mengalamai masalah tersebut. Masalah ini kemudian selesai terus muncul lagi. Ditambah lagi salah satu blogger terkenal mengangkat masalah ini dan akhirnya makin ramai.

Sebenarnya apas si penyebab masalah Engine Cek pada Yamaha NMAX 2020? Goozir.com akan mencoba menjelaskan semudah mungkin agar mudah di pahami.

Penyebab Masalah Engine Cek NMAX 2020

Setelah browsing sana sini dan mengumpulkan sedikit demi sedikit informasi kemudian diolah maka ada beberapa point yang bisa dicatat.

Masalah engine cek pada NMAX 2020 ditandai dengan menyalanya lampu indikator mesin (Indicator Mil) terus menerus. Normalnya indikator lampu mesin mati setelah beberapa saat kunci kontak pada posisi on.

Saat dilakukan pengecekan dengan Yamaha Diagnostic Tool (YDT) di bengkel resmi Yamaha, muncul notifikasi Kode P0335.

Arti kode P0335 mengindikasikan adanya proses mematikan motor yang tidak sesuai prosedur, dalam hal ini mematikan NMAX 2020 dengan standar samping.

Kode P0335
Masalah Engine Cek Yamaha NMAX 2020 dengan kode P0335 (Foto: kumparan)

Mematikan motor seharunya melalui kunci kontak yang di off-kan baru motornya distandar, entah dengan standar tengah maupun standar samping.

Salah prosedur mematikan motor dengan standar samping dibaca oleh Crankshaft Position Sensor (CPS) sebagai sebuah error dan di indikasikan dengan nyalannya lampu engine cek (Indicator mil) dan Kode P0335 jika di cek dengan YDT.

Mengapa indikator mil bisa menyala?

Jadi beberapa unit NMAX 2020 batch awal default pembacaan CPS P0335 adalah ON. Sehingga pada saat pemilik mematikan mesin NMAX 2020 dengan standar samping maka dibaca oleh sistem sebagai error(ditandai dengan hidupnya indikator mil/engine cek terus menerus).

Solusi Masalah Engine Cek NMAX 2020 (P0335)

Untuk solusi bagi konsumen yang mendapatkan masalah engine cek pada NMAX 2020, maka konsumen harus mematikan pembacaan default CPS P0335 dari ON menjadi OFF.

Mematikan pembacaan default ON jadi OFF dilakukan di dealer resmi Yamaha dengan menggunakan Yamaha Diagnostic Tool (YDT).

Dengan mematikan pembacaan default dari ON menjadi OFF maka masalah engine cek nyala terus harusnya tidak terjadi lagi.

Untuk mencegah masalah serupa kembali terulang, saat ini Yamaha melakukan setup default pembacaan dari CPS P0335 menjadi OFF untuk setiap unit New NMAX 2020 yang keluar dari pabrik.

Dengan settinga OFF pada sitem untuk pembacaan CPS P0355 maka Yamaha mengklaim masalah engine cek NMAX 2020 tidak terjadi lagi.

Yamaha Indonesia juga memberikan SOP baru kepada teknisi agar Yamaha NMAX 2020 batch awal untuk dilakukan setup default pembacaan CPS P0335 menjadi OFF saat service perdana (service gratis).

Apakah lampu engine cek menyala mempengaruhi fungsi motor secara keseluruhan?

Jawabannya adalah TIDAK.

Jadi walaupun indikator Mil/engine cek nyala terus sebagai akibat pembacaan CPS P0335 maka tidak akan mempengaruhi kinerja motor.

NMAX 2020 tetap bisa digunakan ribuan kilometer semau Anda bahkan buat turing pun tidak masalah.

Fungsi-fungsi penting lainnya juga tidak akan terganggu. Jadi tidak perlu khawatir, jika Anda mengalami masalah serupa tinggal ikuti prosedur yang ada.

Baca : New Yamaha NMAX 155 (ABS) 2020, Harga,Warna dan Spesifikasi

Bagaimana jika setelah di reset dan di OFF kan pembacaan CPS P0335 tapi Engine Cek hidup lagi?

Jika engine cek nyala lagi setelah di lakukan perbaikan di diler Yamaha dengan YDT dan masalah muncul lagi ternyata Yamaha belum memiliki solusi permanen dari BUG tersebut. Yamaha masih mencari solusi untuk bug tersebut.

Demikian penjelasan yang bisa goozir.com sampaikan berkaitan dengan Masalah Engine Cek NMAX 2020 (P0335). Semoga tercerahkan.

Baca juga info pilihan di bawah ini

Follow us

IG : GOOZIRBLOG

FB Page : Goozircom

Twitter : Goozircom

Telegram : Goozircom

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"