https://goozir.com/tips-memilih-bensin-sesuai-kompresi-mesin/
Piston pasa sepeda motor

5 Masalah Piston Paling Sering Terjadi Dan Solusinya

Diposting pada

Goozir.com – Masalah piston menjadi salah satu momok bagi biker apa lagi pada musim hujan saat ini. Piston memiliki peran penting pada sepeda motor untuk memampatkan campuran udara dan bahan bakar sehingga mesin bisa bekerja. Ada 4 tugas utama piston yaitu hisap, tekan, kerja dan buang.

Kerja piston akan menggerakan conrod dan canksahft melalui stang piston menjadi gerakan memutar. Putaran tersebut akan tersambung dengan bagian komponen mesin lainnya hingga sampai pada rantai dan roda belakang.

Kerja piston naik turun didalam blok silinder seiring dengan kecepatan motor. Makin kencang motor maka makin cepat pula gerakan naik turun piston.

Ukuran piston dan silinder menentukan kompresi mesin. Untuk itulah memilih bahan bakar yang sesuai dengan kompresi mesin itu penting.

Baca : Memilih Bahan Bakar yang Benar Sesuai Kompresi mesin

Peran vital piston akan sangat terganaggu dengan masalah-masalah yang berkaitan dengan piston. Piston yang bermasalah akan membuat kerja motor terganggu bahkan motor tidak bisa jalan.

Masalah-Masalah Piston

goozir.com merangkaum ada 5 masalah piston yang sering terjadi. Dari masalah tersebut goozir.com akan mencoba memberikan solusi yang bisa dilakukan sebagai obatnya.

1. Piston Ngejim/Gancet

Piston ngejim/gancet merupakan posisi piston yang gancet/terkunci di liang liner. Piston tidak dapat bergerak dan tampak nempel pada dinding silinder.

Penyebabnya paling tidak ada 2 yaitu kehabisan oli dan overheat.

Kehabisan oli jelas akan membuat piston bergesekan dengan dinding silinder akibat tidak ada pelumasan. Lama kelamaan piston akan tidak bisa bergerak karena gaya gesek yang makin besar dan akhirnya berhenti bergerak alias gancet.

Pelumas memang memiliki peran penting pada pelumasan bagian piston dengan silinder. Keringnya pelumas maka akan menyebabkan mesin rusak.

Overheat mesin bisa juga disebabkan habisnya pelumas. Namun bukan itu saja, mesin yanga da pelumasnnya juga bisa terkena overheat. Hal tersbeut bisa terjadi akibat kerja motor yang terus digeber pada putaran tinggi dalam jangka waktu lama.

Ditambah lagi dengan cuaca panas. Karena faktor panas dari dalam dan luar maka kinerja pendinginan radiator menjadi tidak optimal. Akibatnya ring piston bisa memuai dan gesekan dengan dinding silinder makin besar. Bila dibiarkan maka piston bisa terkunci dan tidak bisa beregerak lagi.

Solusi Piston Ngejim/Gancet

Solusi satu satunya adalah membongkar mesin dan menganti piston, ring piston dan silinder jika sudah tidak bisa digunakan lagi. Selain itu ganti oli dengan yang baru.

Jadi waspada selalu dan perhatiakn oli. Selain itu jangan biarkan motor bekerja terus menerus pada RPM tinggi. Jika perjalanan jauh istirahatlah 2 jam sekali untuk menjaga stamina dan mendinginkan mesin.

2. Oli Cepat Habis/Vampir Oli

Oli cepat habis ternyata bisa disebabkan oleh piston bro and sis. Jadi begini penjelasannya bro and sis. Blok silinder memiliki cekungan yang diberi nama oil lock. Oil Lock yang terlalu dalam berakibat oli banyak yang terjebak disana dan akhirnya terbakar.

Ciri oli mesin terbakar dengan keluarnaya asap pada knalpot. Terbakarnya oli yang berada di dalam oil lock apalagi terjadi terus menerus berakibat pada berkurangnya oli mesin secara cepat.

Itulah mengapa oli mesin cepat habis. Sebagai contoh kasus adalah pada Yamaha V-Ixion dengan kode 1Pa yang terkenal vampir oli.

Jadi oil lock pada Vixion 1Pa lebih dalam dari Vixion 3C1. Efeknya jelas oli akan cepat habis karena ikut terbakar.

Solusinya adalah dengan mengganti blok silinder 1Pa dengan blok Silinser 3C1.

Solusi Oli Cepat Habis/vampir Oli

Selain dengan mengganti blok silinder dengan blok silinder lain yang PnP namun dengan oil Lock yang tidak terlalu dalam, Anda juga bisa melakukan Coating keramik atau ganti ring Piston.

3. Piston Overrev

Piston overrev terjadi karena tidak sinkronnya gerak naik turun piston dengan gerak naik turunnya klep. Dalam hal ini piston bergerak lebih cepat dibanding gerakan klep. Efeknya terjadi benturan antara piston dengan klep.

Akibat lebih parahnya lagi bisa membuat klep jadi bengkok, piston bolong dan bisa menyebabkan conrod bengkok. Tanda tanda terjadinya piston Overrev adalah keluarnya asap putih yang pekat dari knalpot.

Solusi piston Overrev

Ada 2 tindakan yang bisa Anda lakukan untuk Piston Overrev yaitu pencegahan dan perbaikan. Untuk pencegahan dengan memberikan limiter yang aman.

Untuk perbaikan maka Anda perlu melakukan pembongkaran mesin secara total.

4. Water Hammer

Kejadian water hammer memang jarang terjadi. Water Hammer sendiri merupakan kejadian dimana air masuk ke dalam ruang bakar melalui intake atau knalpot pada mesin yang sedang bekerja. Biasanya terjadi pada motor yang nekad menerobos banjir yang melebihi tinggi knalpot.

Air menjadi zat yang tidak mudah dimampatkan didalam runga bakar. Akibat yang ditimbulkan karena air tidak bisa dimampatkan maka bisa menyebabkan piston pecah, conrod begkok dan Crankcase jebol.

Solusi Water Hammer

Mengeluarkan air dari ruang bakar dengan membuka busi, kemudian mengengkol kick starter. Jika skalar starter masih fungsi Anda bisa menggunakan elekrik starter.

Setelah di kuras maka Anda bisa mengganti oli dengan oli yang baru. Pastikan sudah tidak ada air yang masuk ke ruang bakar. Jika lengan piston bengkok maka harus diganti.

baca: Memperbaiki Motor Matic Kena Banjir

5. Kerak Piston

Menumpuknya kerak piston biasanya disebabkan kerena pembakaran yang tidak sempurna sehingga sisa pembakaran akan menempel pada permukaan piston. Pembakaran tidak sempurna bisa terjadi akibat salah pilih jenis BBM yang tidak sesuai dengan kompresi mesin.

Solusi Kerak Piston

Menghilangkan keraka piston bisa dengan melakukan gurah menggunakan karbon cleaner. Jika dengan gurah carbon cleaner tidak optimal, Solusi yang lebih baik lagi adalah dengan membersihakn bagian kepala silinder.

Ternyata masalah piston sebegitu kompleks dan bisa merusak mesin secara total. Untuk informasi masalah piston yang bisa terjadi dan solusinya goozir.com cukupkan sampai disini saja. Bila ada tambahan bisa mengisi komen di bawah ini.

Baca juga info pilihan menarik lainnya

Follow Us

IG: GOOZIRBLOG

FB Page : Goozircom

Twitter : Goozircom

Telegram : Goozircom

sumber: motogokil

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"

23 thoughts on “5 Masalah Piston Paling Sering Terjadi Dan Solusinya

    1. Kalau cuma endapan tifis tifis mungkin bisa kalau sudah tebal ya susah, lagian kalau paka carbon cleaner bisa jadi rontokan kotoran bsia ganggu kerja mesin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *