Memilih Subwoofer Mobil yang Tepat Terbaru

7 Memilih Subwoofer Mobil yang Tepat Terbaru

Diposting pada

Memilih subwoofer mobil bisa jadi rumit, terutama jika mobil Anda miliki tidak tersedia banyak ruang untuk meletakan rumah dari subwoofer. Sebaliknya bagi Anda yang memiliki mobil yang tersedia banyak tempat kosong maka semakin mudah meletakan subwoofer yang dimiliki.

Kriteria terpenting yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih subwoofer mobil adalah ukuran bagasi. Juga, penting untuk mengetahui apakah subwoofer akan pasif atau aktif dan berapa banyak daya yang dibutuhkan.

Anda bisa mengidentifikasi kebutuhan Anda dengan menjawab pertayaan berikut.

  1. Ukuran mobil Anda dan seberapa besar subwoofer yang dapat ditampungnya?
  2. Jenis jenis musik apa yang Anda dengarkan?
  3. Jenis efek bass apa yang ingin Anda capai?

Dari informasi yang kami sajikan semoga Anda akan menemukan informasi lebih lanjut tentang berbagai jenis subwoofer.

Seberapa Besar ukuran Subwoofer Mobil Saya?

Ukuran subwoofer tidak hanya bergantung pada ukuran ruang akustik tetapi juga pada amplifier, kabel, dan tentu saja, efek bass yang ingin Anda capai.

Woofer 15″ (inci) terkadang lambat dan membutuhkan amplifier yang kuat. Selain itu, penutup untuk speaker 15″, dalam banyak kasus, berukuran besar, tetapi keunggulannya adalah bass yang kuat dan sangat dalam.

Ketika Anda memiliki semua peralatan yang tepat dengan pengaturan yang benar, Anda tidak memerlukan lebih dari satu subwoofer, cukup dengan Subwoofer ukuran 15″.

Di sisi lain, speaker 10″ bisa sangat cepat, yang berarti mampu memainkan bass yang bersih dan dalam, tetapi sulit untuk mencapai tekanan udara yang besar dari satu woofer 10″.

Namun, woofer yang lebih kecil memberi Anda lebih banyak kebebasan dalam memilih tempat yang tepat. woofer 10 inci dalam banyak kasus lebih murah, dan tidak memerlukan “pembangkit listrik” untuk bermain secara efisien.

Rata-rata emas dapat berupa subwoofer 12″. Namun, bagian yang sulit adalah bahwa subwoofer 12″ adalah yang paling populer di pasaran, yang berarti Anda mungkin dapat memilih setiap jenis speaker yang dapat Anda pikirkan.

Subwoofer 12″ memiliki satu keunggulan besar dibandingkan semua ukuran lainnya woofer 12 inci merupakan peraduan kecepatan woofer 10″ dan pada saat yang sama dapat menghasilkan bass yang dalam dan kuat seperti 15″. Subwoofer tersebut juga dapat menciptakan tekanan udara suara yang fantastis.

Untuk mencapai apa yang benar-benar Anda inginkan, dan tidak mengecewakan ketika memilih subwoofer mobil, Anda harus memiliki penutup yang tepat , amplifier berkualitas baik, kabel berkualitas tinggi, dan semua itu perlu disetel dengan cara yang benar.

Beberapa poin penting lainnya yang perlu dipertimbangkan ketika memilih subwoofer adalah desain, spesifikasi teknis, dan kinerjanya, dan lebih banyak lagi tentang aspek-aspek lainnya.

Memilih Enklosur untuk Subwoofer Mobil

Jenis enklosur tergantung pada parameter speaker, desain mobil, dan preferensi karena setiap jenis menghasilkan suara yang sedikit berbeda.

Saat memilih subwoofer mobil, Anda akan menemukan tiga jenis kotak bass yang populer, tetapi apa perbedaan sebenarnya di antara mereka?

Enklosur Subwoofer Tertutup

Kotak penutup subwoofer tertutup sangat bagus untuk ruangan kecil, dan mampu menghasilkan bass berkualitas tinggi yang presisi dengan desainnya yang ringkas.

Berkat konstruksi yang membuat suara lebih keras, Anda tidak akan mendengar suara “ekstra” yang tidak diinginkan seperti refleks bass.

Satu-satunya cara untuk “menyetel” kotak bass adalah dengan mengubah ukurannya untuk speaker yang sama, yang berarti Anda benar-benar dapat memanipulasi respons dari speaker yang sama setelah menempatkannya di kotak yang berbeda.

Aturan dasar untuk memilih ukuran enklosur adalah bahwa speaker bass di kotak yang lebih kecil akan bermain lebih tinggi, sedangkan speaker yang sama di kotak yang lebih besar akan memainkan frekuensi yang sedikit lebih rendah.

Kotak bass tertutup juga lebih aman untuk speaker dan terutama untuk kumparan suaranya. Gerakan kerucut ekstrem lebih dapat dikontrol dan dibatasi oleh udara terkompresi di dalam kotak yang bekerja seperti pegas.

Udara di selungkup tertutup lebih tahan, yang berarti kerucut tidak memiliki banyak gerakan bebas. Agar sepenuhnya efisien, kotak tertutup membutuhkan lebih banyak daya daripada konstruksi terbuka. Sayangnya, tidak semua amplifier dapat memenuhi persyaratan ini.

Keuntungan lain dari kotak tertutup adalah desainnya yang sederhana dan biaya yang relatif rendah

Untuk penutup tertutup, disarankan untuk mengisinya dengan busa akustik, tetapi Anda akan menemukan bahwa tidak semua produsen membuat kotak mereka kedap suara.

Anda mungkin bertanya apakah kedap suara dari selungkup tertutup diperlukan?

Secara teknis memang dibutuhkan, penutup tertutup harus diisi dengan busa akustik karena gelombang akustik tidak suka memantul dari permukaan datar. Karena itu, di banyak selungkup tanpa kedap suara, Anda akan menemukan dinding belakang yang miring, tetapi ini tidak cukup.

Bass terbaik, cepat, dan presisi yang akan Anda dapatkan saat kotak tertutup memiliki busa akustik di dalamnya. Jika Anda ingin mendengar suara dengan kualitas terbaik daripada hanya memiliki suara mobil yang keras, ada baiknya mempertimbangkan untuk mengisi subwoofer Anda dengan busa akustik.

Enklosur Subwoofer Porting

Penutup porting (baik berventilasi atau refleks bass) memiliki karakteristik yang sama sekali berbeda dari kotak tertutup.

Mereka menghasilkan bass yang lebih keras tetapi kurang akurat, jadi jika Anda ingin menjadi sangat keras dan melihat pintu di mobil atau atap Anda bergetar, Anda harus memilih kandang bass porting.

Keuntungan dari kotak bass porting adalah masa pakai driver yang lebih lama karena ventilasi yang lebih baik.

Udara segar yang bolak-balik melalui saluran mendinginkan magnet, yang cenderung tidak terlalu panas daripada di dalam kotak tertutup, di mana tekanan yang dihasilkan speaker lebih tinggi, dan itu meningkatkan suhu udara.

Enklosur bass porting juga lebih besar, dan karena gelombang suara bergerak di dalam kotak, mereka juga lebih dalam.

Karena ukurannya, mereka mungkin bukan pilihan terbaik untuk bagasi yang lebih kecil dengan tidak cukup ruang di depan speaker. Dalam kasus mobil sport kecil, kotak bass porting mungkin tidak muat di dalamnya.

Menempatkan subwoofer mobil yang terlalu besar untuk bagasi tidak diajurkan

Itu dipasang ke mobil dengan benar, tetapi ruang antara kerucut dan tutup bagasi hampir tiga inci, jadi Anda bisa membayangkan apa yang terjadi ketika saya menaikkan volume. Kamu benar; yang seluruh mobil gemeretak .

Butuh banyak waktu dan usaha bagi saya untuk mengisolasi seluruh bagian belakang mobil dengan busa anti-getaran, dan tetap saja, saya tidak dapat menggunakan kekuatan penuhnya. Nah, pelajaran…

Jenis penutup porting mudah untuk disetel, ketika dirancang dengan tepat, mereka lebih efisien, yang berarti Anda akan membutuhkan amplifier yang kurang kuat untuk mencapai volume yang sama jika dibandingkan dengan kotak tertutup.

Penyetelan port sangat penting untuk memaksimalkan kemampuan output subwoofer. Port memungkinkan subwoofer untuk mereproduksi frekuensi rendah yang biasa digunakan dalam Rap dan Hip Hop.

Tapi apa sebenarnya penyetelan port itu?

Penyetelan port tidak lain adalah mendesain port (saluran) di dalam enklosur yang memungkinkan subwoofer Anda untuk memperkuat frekuensi tertentu.

Misalnya, saat Anda membuat enklosur dan ingin mencapai bass terkuat pada 54Hz, Anda harus menghitung lokasi dan ukuran port yang tepat. Port dapat memiliki bentuk yang berbeda, dari plastik bundar khas yang dikenal sebagai refleks bass hingga segitiga atau persegi, dan tidak dapat ditempatkan di mana pun di dalam kotak.

Enklosur Subwoofer Bandpass

Saat memilih subwoofer mobil, desain paling rumit yang akan Anda temukan adalah pada penutup bandpass. Dengan kata sederhana, saya dapat mengatakan bahwa enklosur jenis ini adalah kombinasi dari penutup bass yang disegel dan porting.

Enklosur bandpass adalah pilihan yang sangat baik untuk mobil dengan area bagasi tertutup seperti sedan, di manaAnda membutuhkan banyak energi untuk mentransfer bass berkualitas ke kabin, jadi jika Anda mengendarai VW Passat atau BMW seri 5, ini adalah tipe enklosur yang cocok untuk mobil Anda .

Bass dari kotak bandpass secara signifikan mengungguli jenis enklosur lainnya, dan berfokus pada frekuensi yang lebih sempit.

Puncak frekuensi biasanya diatur sekitar 60Hz, yang dapat sempurna untuk musik Rap, tetapi jenis musik lain seperti Pop atau Rock tidak akan mendapat manfaat dari konstruksi ini.

Meskipun 60Hz paling umum, puncak frekuensi dapat sepenuhnya disesuaikan, dan ketika Anda memesan kotak khusus, terserah Anda di area mana Anda ingin membuat “tendangan bass.”

Namun, Anda harus ingat bahwa enklosur bandpass harus dirancang sebagai bagian dari sistem audio mobil yang lengkap, bukan hanya satu kotak yang ditambahkan ke speaker di mobil Anda.

Ada dua jenis Enklosur bandpass:

Refleks tunggal, dengan speaker ditempatkan di kotak tertutup, tetapi dengan area depan tampak seperti kotak berventilasi.

Refleks ganda, dengan satu speaker, dipasang di tengah kotak besar dengan dua port. Satu di depan speaker dan satu lagi di belakang speaker.

Perbedaan kedua jenis ini bukan hanya pada jumlah port yang dimiliki, tetapi juga ukuran dan jenis bass yang dapat dihasilkan.

Ingat, tidak ada yang namanya kotak bandpass universal.

Kotak bandpass harus disesuaikan untuk setiap jenis speaker dan mobil tempat Anda akan menggunakannya. Desain kotak yang paling rumit ini harus sempurna, dan itu berarti Anda harus mempertimbangkan jenis speaker, ukuran bagasi, dan akustik di dalam mobil.

Jika tidak, bahkan dengan speaker kualitas tertinggi, Anda tidak akan mendapatkan lebih dari pengalaman bass yang buruk di dalam kendaraan. Nah, kecuali satu-satunya prioritas Anda adalah membuat guntur di dalam mobil, sama sekali mengabaikan kualitas musik.

Tabung Bass

Tabung bass dikenal karena respons frekuensinya yang sempit, yang berarti mereka bisa sangat besar tetapi tidak begitu efisien pada saat yang bersamaan.

Mereka bisa menghasilkan bass “boomy” yang keras, tapi sayangnya kualitasnya rendah. Jika Anda mencari solusi yang akan memberi Anda bass jernih berkualitas tinggi, tabung bass bukanlah pilihan terbaik.

Tabung lebih murah daripada penutup bass biasa, dan dalam kebanyakan kasus, mereka aktif, yang berarti Anda tidak memerlukan amplifier.

Mereka mudah dipasang dan dapat digunakan dengan sistem suara mobil sederhana untuk meningkatkan dinamika keseluruhan, tetapi ada sesuatu yang hilang, dan bagian yang hilang ini adalah kualitas bass.

Subwoofer Mobil Udara Bebas

Memilih subwoofer mobil

Bila mobil Anda memiliki bagasi kecil, atau Anda tidak ingin menggunakan seluruh ruang untuk enklosur, Anda dapat memilih subwoofer udara bebas. Subwoofer udara bebas adalah speaker yang tidak perlu dipasang di enklosur. Biasanya, subwoofer udara bebas dipasang di kursi belakang atau dek belakang.

Subwoofer udara bebas bekerja paling baik di mobil sedan, dan merupakan pilihan yang lebih murah daripada subwoofer di enklosur.

Namun demikian, Anda perlu menambahkan penyekat ke dek belakang atau kursi belakang, tergantung pada tempat yang akan Anda pilih untuk subwoofer.

Memasang baffle yang akan menahan subwoofer Anda adalah wajib karena konstruksinya harus stabil. Anda tidak bisa begitu saja memasang speaker kuat 10″ ke dek plastik. Ini tidak akan berhasil.

Ketika berbicara tentang speaker, ada ratusan model yang berbeda untuk dipilih, dan bagian tersulit adalah bagaimana memilih subwoofer yang tepat?

Saat memilih subwoofer udara bebas, Anda akan membutuhkan speaker yang kuat dengan suspensi yang kokoh.

Ingat juga, saat Anda memasang subwoofer mobil udara bebas, seluruh bagasi harus disegel dengan benar karena akan menjadi penutup yang besar, dan jika Anda ingin mendapatkan kualitas bass yang jernih, mobil Anda tidak boleh memiliki pergerakan udara bebas di antara bagasi dan kabin.

Subwoofer Mobil Aktif atau Pasif?

Subwoofer aktif (juga dikenal sebagai subwoofer bertenaga) memiliki amplifier built-in yang relatif sederhana. Subwoofer aktif biasanya kurang bertenaga dan bekerja dalam rentang frekuensi yang lebih sempit.

Namun, mereka lebih kecil dan lebih murah daripada subwoofer pasif, di mana Anda perlu membeli amplifier dan membuat kabel yang lebih rumit.

Dua jenis utama subwoofer aktif:

Subwoofer bawah kursi , yang merupakan kotak datar dengan speaker yang dapat dimasukkan ke dalam ruang kecil di bawah kursi Anda.

Jenis subwoofer aktif lainnya adalah subwoofer roda cadangan yang dirancang agar sesuai dengan ruang roda cadangan di mobil Anda.

Kedua tipe ini memiliki instalasi yang mudah dan tidak memerlukan peralatan tambahan. Namun, mereka biasanya tidak menghasilkan bass rendah yang kuat. Subwoofer aktif dapat menjadi pilihan yang baik sebagai tambahan untuk sistem audio pabrik Anda, tanpa modifikasi lain di mobil Anda.

Subwoofer pasif (subwoofer tanpa daya) adalah speaker yang dipasang di enklosur atau subwoofer udara bebas yang tidak memiliki amplifier.

Mereka menawarkan suara yang jauh lebih baik, dan Anda memiliki pilihan untuk menggabungkan banyak ampli yang berbeda dengan lebih banyak speaker untuk mencapai efek bass yang Anda inginkan.

Jumlah Subwoofer Dalam 1 Mobil

Banyaknya subwoofer mobil, tidak selalu lebih berarti lebih baik. Anda dapat mencapai efek yang sama saat memilih subwoofer yang tepat, seperti yang Anda lakukan dengan dua driver.

Jika Anda akan memutuskan untuk memasang dua subwoofer , ingatlah bahwa keduanya harus sama. Jika tidak, mereka dapat bertarung satu sama lain, dan ini adalah hal terakhir yang ingin Anda alami.

Banyak mobil tidak memiliki bagasi yang cukup besar untuk dua subwoofer. Kadang-kadang bahkan penutup ganda terlalu besar dan tidak akan diputar secara efisien.

Tidak masuk akal untuk menghabiskan jutaan rupiah untuk dua subwoofer dan, pada saat yang sama, tidak menggunakan daya mereka.

Pilihan terbaik addalah buatlah subwoofer yang dihitung dengan sempurna dan nyalakan dengan amplifier berkualitas tinggi. Ini akan membawa Anda pada kepuasan nyata.

Cara Memilih Subwoofer Mobil

Memilih subwoofer yang tepat untuk mobil Anda tergantung pada semua faktor di bawah ini:

Jenis mobil Anda dan berapa banyak ruang yang tersedia untuk woofer
Di mana di dalam kendaraan sebuah subwoofer akan ditempatkan
Jenis musik apa yang Anda dengarkan
Jenis efek bass apa yang ingin Anda capai
Apakah Anda membutuhkan bass berkualitas atau hanya “booming” yang keras.

Jawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dan saya yakin Anda akan membuat pilihan yang tepat.

Demikian artikel ini tentang Subwoofer Mobil, semoga berguna.

Semoga sukses dengan subwoofer Anda.

Baca juga info pilihan berikut ini

Foolow Us

Instagram : Goozirblog

Facebook : Goozircom

Twitter : Goozircom

Telegram : Goozircom

Youtube : Goozirblog