Memilih Velg Aftermarket Modifikasi Mobil MPV

Memilih Velg Aftermarket Modifikasi Mobil MPV

Diposting pada

Goozir.com – Memilih velg aftermarket mobil MPV yang pas digunakan untuk modifikasi velg bawaan pabrik harus benar-benar diperhatikan. Mobil MPV seperti Avnza, Ertiga dan Xpander bisa dipasangi velg aftermarket dengan ukuran lebih besar.

Namun tidak bisa sembarangan dalam penggantian Velg bawaan pabrik dengan velg aftermarket.

Hal tersebut berkaitan dengan faktor kenyamanan dan juga keamanan. Bagaimana memilih velg mobil MPV yang pas untuk menggantikan velg bawaan?

Modifikasi Velg Mobil MPV

Untuk melakukan perubahan velg bawaan mobil bisa dilakukan dengan modifikasi velg. Modifikasi bisa dengan mengunakan velg ukuran sama atau pun denga ukuran berbeda.

Mengganti dengan ukuran yang sama bisanya untuk beralih dari velg bawaan menjadi velg yang lebih bermerek. Mengganti ukuran velg dengan ukuran lebih besar juga bisa menjadi salah satu yang bisa Anda lakukan.

Untuk menggunakan velg aftermarket yang lebih lebar maksimal Anda bisa menaikannya hingga 2 inci. Misal dari velg ukuran 14 menjadi ukuran 16.

Naik 2 inci masih bisa dikompromikan dengan kenyamanan dan keamanan selama berkendara.

Tidak heran jika para pengguna Avanza lebih banyak menggunakan velg 16 inci untuk menaikan ukuran velg. Ukuran tersebut terbilang masih nyaman untuk membawa keluarga.

Pada dasarnya ukuran velg masih bisa dinaikan mejadi 17 atau 18 inci namun faktor keamanan dan kenyamanan jadi faktor yang harus hilang.

Makin tinggi ukuran velg ban yang digunakan makin tipis. Itu jelas karena bagian kolong roda ukurannya tidak berubah.

Penggunaan velg yang terlalu tinggijuga membuat konsumsi bahan bakar makin boros sebab mesin harus kerja lebih ekstra muterin roda.

Memilih Bahan Velg

Memilih Velg Aftermarket yang cocok untuk mobil MPV juga harus memperhatikan bahan velg.

Di Indonesia sendiri bahan velg yang umum digunakan adalah alloy dan juga kaleng. Untuk upgrade ukuran velg menggunakan bahan aluminium alloy sudah lebih dari cukup. Disamping masih aman digunakan untuk harian juga masih nyaman untuk digunakan harian.

Berbeda jika Anda mengganti velg dengan performa lebih bagus dengan ukruan yang sama. Velg dari bahn yang ringan dan kuat bisa menjadi pilihan. Makin ringan velg maka makin bisa lari lebih kencang sebab bobot kendaraan secara keseluruhan berkurang.

Ganti Ukuran Ban

Poin ketiga memilih velg Aftermarket untuk mobil MPV adalah ganti ukuran ban. Apakah perlu ganti ukuran ban?

Jika Anda mengganti velg dengan ukuran yang sama maka Anda tidak perlu mengganti ban. Misal cuma mengganti velg dengan merek yang lebih mahal. Namun Anda juga bisa mengganti ban dengan kualitas lebih baik.

Lain cerita jika Anda mengganti velg dengan ukuran yang lebih besar, mengganti ukuran ban yang sesuai mutlak harus dilakukan.

Jadi itulah 3 point yang musti diperhatikan saat melakukan modifikasi dengan memilih velg aftermarket yang sesuai.

Baca juga info pilihan di bawah ini bro and sis

Follow Us

IG: GOOZIRBLOG

FB Page : Goozircom

Twitter : Goozircom

Telegram : Goozircom

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"